Nepal for 2013 ? why not?!


Demi apa Air Asia ada tujuan ke Kathmandu, NEPAL?

Kira2 reaksi awal  ketika gw melihat rute baru yang muncul di newsfeed email gw dari sebuah budget airlines yang sudah gw sebutkan blak2an..hahaha! Berawal dari kecintaan gw dengan travelling, dan sungguh dengan tempat – tempat yang anti – mainstream. Memang tadinya cumamih punya plan untuk travelling ke negeri sakura jepun haik haik disana, di karenakan memang dia anaknya manga banget dan jepang banget kan yah. Sebagai istri kan tugas gw hanya mengatur keuangan keluarga dan pun budgetnya  ya kan, jadi ya ngikut bae. Setelah kita berdua hitung dengan penuh ke merki-an yang ada, ternyata budget minimum ala koper dan ransel belum bisa masuk ke anggaran travelling keluarga. Jadi memang harus di postponed terlebih dahulu.

Mendapat berita bahwa  AA membuka rute KL-KAT (Kathmandu,Nepal) akhirnya kami memutuskan untuk travelling 2013 ke tempat super anti-mainstream ini. Lumayan gila sih kita berdua, sekalinya berencana pergi jauh, jauh se ada2nya, extreme pulak tujuannya. But trust me, kali ini sebelum gw memutuskan untuk mempunyai mini Tika atau mini prass, gw harus ke tempat2 yang sekiranya gak mungkin banget di jelajahi sebagai liburan keluarga. Dan, Nepal adalah tempat yang pas untuk gw dan cumamih meng-eksplor diri sebagai pasangan bolangers. Dan kali ini #tripnepal2013 personilnya gak hanya #theprasstyo , tapi akan ada 3 orang lagi yang ikut dalam trip ini. Karena kita tau bahwa, ke nepal berduan bukan hal yang sama seperti ke bali berduaan atau ke korea berduaan. It’s about an adventurous trip, so we decide to make a group hug trip in this vacation.

Why Nepal? ada apa sih di Nepal? kenapa harus Nepal? apa sih kok mau banget kesitu?

Hahahaha.. mungkin dari kalian banyak yang heran kenapa gw sebagai koper di keluarga ini kok jadi mau di bawa bolang sama suami sendiri kesana? Ingat perjalanan bolang gw ke Bali atau Singapore? walaupun memang budgetnya gak backpakers alias semi koper dan ransel , tapi gw sungguh menikmati perjalanan sebagai ransel, dengan pastinya penginapan ala koper. Dari situlah, gw berkeinginan untuk tiba – tiba pergi ke surganya para traveler  Dan of course, cumamih seneng sekaligus shock ketika gw bilang “Gw mau ke Nepal” *jaraaaanggg*. Di tambah sebelum gw tau AA buka rute ke Nepal ini, gw melihat instagram dari mbak chitra Subijakto yang sepertinya kemarin membolang keliling India dan sekitarnya nyempilpun foto2 beberapa tempat di Nepal, Huwaaaaa!!! pengen nangissss berlinang air mata. Makin bulatlah tekad gw untuk menginjakan kaki dan juga menulis “tika was here”  (hemm alay bener deh gueeeeh, gak sampe segitu lebainya sih) di kota Kathmandu dan sekitarnya.

Mungkin Nepal bukan negara yang ciamik untuk kalian yang suka berbelanja. Tujuan untuk pergi kesini adalah lebih kearah “sight seeing”, hem lebih kearah perjalanan spiritual (tapi bukan yang kaya ret2 atau pesantren gitu sih..hahaha). Spiritual lebih ke arah meng-adem-kan hati! nah!seperti  itu kira2 bahasa gw nya lah..hehehehe!

Lah, gimana gak adem kalau sekali di search di gugel keluarnya ini bowk?! 

courtesy from google

Yap, karena memang letak nya sungguh dekat (tapi gak sedeket rumah gw sama indomaret yang kalo kesana tinggal koprol juga sih) dengan penggunungan tertinggi di dunia yaitu Penggunungan Himalaya dengan puncak tertinggi bernama Everest,  menjadikan Nepal ini sebagai salah satu pintu gerbang para Hikers untuk pergi mendaki gunung lewati lembah. Letaknya yang berada di antara China dan India, membuat negri ini kaya dengan 2 kultur campuran tersebut. Bayangin, lucu banget kan muka orang2 disananya HITACI (hitam tapi cina) *i am not joking loh guys* this is literally makes me so interested to know about them. Junjungan tinggi antara kultur dan agamanya pun sungguh kuat. Jadi, kesini bener2 gak akan menyesal *kata beberapa traveller yang pernah bersandang ke Nepal*.

Setelah meniatkan untuk pergi ke tempat ini, saatnya mengatur kemana saja dan berapa lama kita di Nepal. Di karenakan bandara international ada di Kathmandu, maka kota tersebut memang wajib di datangi oleh tim Bolangers ini. Dari situ pertama kali yang kami cari adalah tempat menginap. Surpringly, tempat menginapnya superrrr mureeee cintss! Bayangin aja, harga paling mahal ada di angka USD 180 untuk hotel sekelas HILTON. Sisanya, dari yang USD 9 udah sama free wifi, sampai guest house per-malam nya USD 45/ person pun ada. Sadistik kan sis and bro..

Ternyata, memang untuk di Nepal terutama Kathmandu harga itu masih sungguh harga backpacker. That’s why mengapa Nepal disebut surganya para traveler, mungkin salah satunya adalah ini yaitu Mureee..hahaha! Tapi memang biaya di pesawat yang sekiranya membuat budget sedikit bengkak, paling murah untuk saat ini ada di Harga 5 juta (Jkt-kl-kat-kl-jkt) untuk budget airlines seperti AA. Setelah kami hitung 7 hari bisa menghabiskan 10 juta untuk hotel yang affordable, makan , tiket pesawat , per- orang. Tapi harus di ketahui, bahwa harga ini di luar harga untuk treking ya guys! Karena treking ini yang memakan biaya lebih banyak lagi, karena kalian diharuskan untuk membawa tour leader dan juga registrasi, dan setiap daerah treking memiliki pedesaan dimana setiap pedesaan punya harga untuk penginapan dan range price untuk makan yang berbeda. Semakin kamu treking mendekati ke everest, semakin mahal pun harga makanan disana *konon dari sumber terpecaya : cumamih..hahaha* .

Untuk trip the Bolangers kali ini, memang di karenakan kecupuan sang istri yang ada. Kami skip untuk treking. Jadi, kalaupun treking (jalan2 di gunung) rute yang dipilih adalah rute beginners (rute beginners aja, gw udah ketar ketir..zzz!). Jadi rute berpergian kita adalah Kathmandu dan Pokhara. Dua daerah yang memang juga terkenal untuk para traveler nya ( i don’t wanna to be called as tourist, i am a traveler.Azeeek!). Daerah Pokhara ini memang lebih tinggi adanya daripada daerah Kathmandu, jadi lebih dingin (walaupun kathmandu pun juga dingin, ya iyalah di deket puncak everest menurut lau?!) siap2 aja gw bawa 5 lapis baju..brrr! Mana kami ini akan pergi sekitar bulan October 2013, dimana disana akan sedang musim Gugur alias Autumn , yang suhu udaranya sekitar 15 – 17 drajat (kalo di AC rumah, ini gw selalu berantem sama cumamih karena gw selalu bangun dengan posisi udang meringkuk kedinginan. Kalau disana i can’t complain lah ye. Mana bisa dipanasin kan suhunyaah?!). Musim itu menurut beberapa blogger adalah musim yang tepat, belom terlalu panas dan belom terlalu dingin. Dan juga banyak festives2 yang akan berlangsung di bulan itu,dan semoga aja pas sama kedatangan gw. Kalaupun gak , banyak hal yang bisa di explore disana.

Mau tau nepal kaya apa?

Let’s check this orgasm video..

Ohhh.. i can’t waittttt for this tripp. Masih lama ya tapi, eh tapi masih bisa nabung dulu kan *penuh dengan per-planning-an* .

Baru review tentang alasan kenapa gw ke Nepala aja segini banyak cingcongnya, apalagi udah kesana *pengsan*.

See you guys on another trippy 🙂

xoxo,

mrs. prasetyo

Advertisements

15 thoughts on “Nepal for 2013 ? why not?!

  1. Haloo mba swestika prasetyo, aku juga ada rencana mau ke nepal awal tahun 2014, gimana mba? Udah dapet tiketnya? Berapa? Pengen tau info2nya dong mbak hihi 🙂

  2. Hi Mbak, salam kenal ya 🙂 Aku juga pingin ke sana, tapi aku cek kok AA nggak ada yg ke Kathmandu ya? Kalo ada temen aku mau banget ke sana, cuma status belon beli tiket en belon ada temen hehehe…

    • hai halo,

      salam kenal juga..kamu cek dari KL apa dari JKT? karena kl dr jakarta memang tidak ada direct flight ke Kathmandu.Aku dapat dari KL-KAT untuk october 2013 dan flightnya memang tidak setiap hari ada.Happy browsing 🙂

      cheers 🙂
      mrs.prasetyo

  3. hihihiii… semangat ya mbak yang mau ke Nepal.. aku end up di blog ini karena lagi googling2 info juga soal Nepal. Akan berangkat sendirian kesana Agustus ini selama 10 hari.. Doain trip aku menyenangkan juga yaa 🙂

    • Hai! thank you for visiting #theprasstyo ,untuk mahal atau tidaknya tergantung tipe traveling kamu.Kalau treking ke basecamp himalaya tentu butuh biaya extra.Untuk tiket pesawat paling murah air asia di angka 4jt (itu saja saya pesan 6 bulan sebelumnya 🙂 ).Perlu persiapan yang cukup panjang kalau memang mau ke nepal tanpantour guide,persiapan yang saya lakukan hampir satu tahun,sekalian nabung uang nya hehehehe..good luck!

      • ow, thanks for informasinya mba, ehmm nampak emng gak bisa main2 kalo ke nepal, maksudnya sembarangan. harus persiapan, mengingat daerahnya juga gak biasa yah. hmmmm, enjoy Nepal 🙂

  4. alo mbak, klo dah pernah ke sana, share donk tempat2x yg kudu di jelajahi. rencananya saya akan ke nepal tgl 19-24 May 2014 ini. klo ga keberatan, bs share by email atau lgsung comment disini. thanks yah mbak.

  5. Pingback: Inilah Himalaya lewat Air Asia | www.theprasstyo.com

  6. Hai mbak, salam kenal ya sebelumnya. Aku ada planning ke nepal nih buat tahun 2015. Kalo boleh tau, sekali makan di sana kena berapa ya mbak?

    • Halo..Makan disana murah banget kok.Pinggiran warung tandori gitu cuma sekitar 20rb rupiah..Nah harus diketahui juga bahwa porsi makan disana banyak banget jadi bisa tambah irit kalo di share..Satu porsi berdua..Di post saya selanjutnya saya bahas tentang kuliner nepal..Silahkan di baca 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s