Re-Post : GA 222 – 223 SOLO – JKT

Okay next.. (halah, kenapa sok2an dibikin to be continued ya kalo emang mau update blognya hanya beberapa jam setelahnya..hahaha!)

We’re going to SOLO.. Tempat dimana cumamih dan gw berasal (i mean our great great great greaaaaaaaaaaattt grand parents were born). Kebetulan, garis keturunan dari keluarga mama adalah asli solo, dan garis keturunan bapak gw adalah dari Yogyakarta..So you know how jawir i am kan?!

Seriusss.. menurut gw SOLO surganya makanan (a.k.a surga nya kolesterol juga).Sekali lagi gw tetapkan, bahwa gw dan prass itu emang setukang makan itu anaknya..cuma beda cacing diperut aja, kalo prass mungkin cepet gembul kalo banyak ngemil, kalo gw banyak ngemil di grogotin naga (bukan cacing lagi yang ada di perut) jadi kalau beberapa sodara ataupun temen2 gw suruh gw gendutin badan..mungkin gw harus kaya sapi pak harto yang kerjaannya makan-tidur-makan-tidur-makan-tidur..

And the 1stplace yang kami datangi saat tiba di solo adalah .. TADAA!!! Bengawan solo.. (eh,emang di bengawan solo ada makam tiik?) Ihihihi..Keluarga gw itu beragam kebudayaan (kalo dilihat silsilah sih begitu,cuma kesin-sini ibu ratu ustadzah kekeuh kalo masalah jodoh itu harus satu iman) Eyang buyut gw dulu beragama budha, jadilah akhir hayat nya dia menggunakan tata cara agam budha yaitu di kremasi dan abunya di buang ke sungai bengawan solo ini .Jadi, gak heran ya kalau gw putih plus suka berbisnis,yes chinese in my blooddd..

Muka parno dengan rambut yang acak2an akibat angin super kenceng diatas jembatan bengawan solo yang setiap ada motor lewat goyang.. aslik takut banget gw jatoh.. 

Setelah itu gw dan prass di bawa napak tilas ke tempat dimana eyang kakung (dari nyokap gw) berasal.. The place was PEDAN, sebuah desa yang sekarang udah kaya kota (alfamart plus indomart merajalela) yang konon katanya dulu terkenal dengan luriknya..

Panasnya hari itu kaya ada lima matahari di atas gw..

Yeay selesai perkejaan nyekar-menyekar atau ziarah..akhirnyapun momen ditunggu2 oleh gw dan prass datang juga..MAKANNN dan belanja !!! Hah belanja?yes! karena (modus nyokap gw ke bokap) harga bahan untuk batik bawahan di Jakarta mahal (sebenernya 20 ribu aja) jadi nyokap gw (sekalian) membeli bahan di Solo dan gw pun (sekalian) beli kain bawahan untuk para bridesmaid gw disini..

OH SURGAAAA!! ternyata kain bawahan untuk motif sogan yang dii Jakarta harga nya 20 ribu , di Benteng pusat textile ini harga nya cuma 13ribu (busett,harga kain sama pertamax aja gak beda jauh ya cinn). Akhirnya ibunda ratu pun bergegas membeli 2 roll bahan batik sogan dan siap dijaitkan ke penjahit seragaman..

Gak mau kalah dengan mama, akhirnya gw pun cari seragaman bawahan untuk bridesmaid gw nanti. Dari dulu, gw udah naksir berat sama model jumputan dan ternyata kawinan tante gw dulu model kain wironnya adalah jumputan dan bahan ini hanya ada di pasar klewer dan pasar bringharjo.. Untuk 3 meternya di pasar klewer adalah IDR65k, di Pasar Beringharjo untuk 2meternya IDR 90k (Ya, effort dikit lah yah ke pasar klewer panas2an,dapet harganya juga murah)

And here’s the sneak peak for my bridesmaids dresses.Jadi, kalau menurut trend research gw..kalo motif bunga2 kutu baru itu hitz untuk saat ini, setelah kawinan gw jumputan akan lebih hitz daripada motif bunga2..hahaha.

Next, setelah panas2an di pasar klewer.. Ibu ratu, minta di cariin jamu plus lulur. Kata mbak gw(bisa di bilang asisten mama) jamu dan lulur yang bagus itu hanya ada di Pasar Gede.Akhirnya kita pun berangkat ke pasar Gede. Gw pikir, Pasar jelek itu ya pasar semacem Mayestik yah.. so i can stand for hours untuk berlama-lama cari ina itu.. TERNYATA,GW SALAH BESAR! I can’t imagine how smelly is the Pasar Gede.Pertama masuk muka gw langsung (beneran kaya anak kota yang masuk pasar bau).Tapi, untung banget ada pelipur hati gw yang lagi kebauan..

Dawet ibu …(gw lupa namanya) yang letaknya ditengah2 dan deket orang motong ayam..Uh, semua bau ayam/ikan/daging HILANGGG.. karena enaknya si rasa dawet ini..Aselik, es dawetnya enak banget..sampe sruputan terakhir pun gak ada ampas nya (kebanyak makan es dawet monalisa yang ala2 banyak pengawetnya..haha) 

Nah ini dia si ibu yang juaraaa banget bikin dawetnya luar biasa.. 

Nah,ini dia toko jamu mama gw yang khusus di borong sama ibu Ratu untuk beli jejamuan..bener2 toko jamuu yang punya satu kiosk khusus jamu ya cuma ada disini

Ke solo..gak ke serabi Notosuman (walaupun ada cabangnya di BSD) sama dengan makan soup gak pake garem. Rasa sih sering yah nyobain, jadi gak terlalu terkejut dengan enaknya..

Tapi foto ini yang buat gw langsung keluarin iphone plus pocket camera.Duh, keluarga ini stylenya hipster jawa banget.. apalagi gaya anaknya yang cowo sebelah kiri..ahaha super kool!

and here’s the famous Notosuman Family

In the making of Serabi Notosuman, Solo

Rasanya perut ini gak berhenti untuk diisi terus dan teruss.. Akhirnya selama beberapa jam istirahat (untuk tidak mengisi perut). Kami sekeluarga memutuskan untuk mampir ke pasar triwindu. Sebelumnya, ini adalah pasar favorit gw..Favorit untuk BM (banyak mau).Semenjak di renovasi si prass belom kesini lagi, dan gw memaksa dia untuk kesini dan mengajukan proposal kalau kita udah punya rumah nanti harus kesini bawa container, karena kelak gw akan mengisi beberapa barang furniture gw dari tempat ini.

Kalo bali bisa dibilang island of paradise, gw bilang tempat ini heaven for furniture shopping..Gimana gak, kalo tampilan masuknya aja begini ditambah harganya yang gak harga Jakarta banget..

Heaven..heaven..heaven.. 

Naksir banget sama kuda ini, tapi terlalu mistis bentukannya untuk di pajang di rumah gw (yang ntah dmana nantinya..hahaha) kelak.

Aduh, lampu2 ini minta dirampokk plus dicopotin banget.. Plus gw tanya yang model ala2 galactic gitu harga nya cuma 275ribu.Tapi baru nanya harga ke penjualnya, sama cumamih udah dipelototin sambil bilang “beli rumah dulu..beli rumahnya dulu” (yeeee..gak papa kali disimpen dulu, kan kl dijual lumayan..hahah)

Setelah belanja beberapa perintilan akhirnyapun kami membutuhkan sedikit cemilan sore.Beberapa minggu sebelum ke Solo, sempet gw melihat acara kuliner di Trans7 yang sedang membahas solo dan restaurannya. Kekeuh is my middle name, gw carilah restaurant yang sempat muncul di Trans7 itu..

TADAAA!!! super kool resto and lounge dan asik banget dibuat quality time sama keluarga..

Ini adalah SOGA resto and lounge yang letaknya ada di Jl.Slamet Riyadi (sebelah Batik Danar Hadi) 

Lagi2, suka banget sama tempatnya yang vintage campuran jawa dan belanda..dan pengen banget punya rumah kaya gini..

Menikmati secangkir capucinoo dengan apple struddle di sore hari.. super yummy!

Tenyom nemplok ke cumamih.. 

Setelah nya kita langsung kembali ke hotel untuk (lagi dan lagi) memberikan ruang untuk makan malam di Nasi liwet, wongso lemu, keprabon. Rasanya trip makan makan dan makan itu juga capek yah.. perut nya begahh alias full banget. Jangan salah setelah kami makan nasi liwet di keprabon, masih di lanjutkan lagi dengan kuliner susu shi-jack yang terkenal (karena kebetulan letaknya dekat dengan hotel dimana kami menginap)..Denger ceritanya aja udah mau muntah yah?! Tapi heran, trip makan-makan kuliner ini sama sekaliii.. (sekali lagi) SAMA SEKALI tidak mebuat berat badan gw naik..haaaah, ya sudahlah.. kalo udah kerdil ya kerdil aja..

The last day in Solo, we had a breakfast at Soto Triwindu (letak nya di belakang pasar triwindu, masih satu jalan dengan nasi liwet keprabon)

Kesitu HARUS coba babatnya yang super enakkk!!! 


Yes, i was so blessed.. bisa mendapatkan kesempatan untuk sedikitnya berlibur dan berkunjung ke tempat dimana saya berasal.Tujuan mama dan bapak buat trip ini sih sebenernya bagus, mereka mau meperlihatkan bahwa kesuksesan bapak dan mama gw itu berasal dari bawah.Jadi, untuk anak-anaknya yang sekarang (masih di support) oleh bapak-ibunya harusnya bisa lebihh suksesss daripada orang tuanya.. BRAVOOO MAMA DAN BAPAK! this is how my parents teach me about life.

Oh yes guys, kalau kalian mau honeymoon ke Solo – Jogja atau mungkin berlibur keluarga kaya gw, ada beberapa tempat yang sangat gw rekomendasikan:

Yogyakarta :

  1. Tempat penginapan Hotel Jambuluwuk Malioboro
  2. Atau kalau mau refreshing sedikit ala2 bule bisa coba di Manohara Hotel Borobudur.
  3. Makan ala raja di Bale Raos / Sekar Kedhaton .
  4. Melihat sendra tari Ramayana (ini juga kalo mau trip ala2 bule)
  5. Mampir ke the famous Bakpia Kurnia (yang jualannya suka2)
  6. Atau ke bakpia Djava (yang rame banget kaya pasar senin)

Solo :

  1. Pasar Triwindu (untuk memenuhi peralatan rumah) hahaha
  2. Pasar Gede (Nyobain dawet yang mantab dengan ditemenin bau2 ikan dan ayam)
  3. Soga restaurant
  4. Soto triwindu
  5. Nasi liwet keprabon
  6. Penginapan di Paragon Hotel
  7. Serabi Notosuman
  8. Jalan2 naik becak tanpa polusi mikrolet ataupun metromini.

Gimana gak mau balik, kalau ternyata kota Solo dan Yogya memang senyaman itu. Belum balik ke ibukota, udah dikasih proposal bisnis untuk the next 10 years kampung halaman bapak gw di Samigaluh, akan menjadi sebuah jalur penting.Karena, konon katanya bandara Adi Sucipto akan di pindahkan di sekitar daerah kulon progo (belum balik udah di kasih kerjaaan..DUH MALES DEH MAS!)

Cheers,

xoxo

 

Advertisements

2 thoughts on “Re-Post : GA 222 – 223 SOLO – JKT

  1. wah thanks yah! ini kebetulan banget pas mau mudik ke solo :))) udah lama ga ke solo dan postingan yg ini berguna bgt nih, apalagi ke pasar triwindu ya, soalnya kyk nya belum pernah deh.

    • hai mbak. salam kenal! hihihi.. iya pasar triwindu ini tadinya jelek banget, terus pas jaman gubernurnya si Pak Jokowi dirombak total jadinya super bagusss dan super comfy..walaupun harganya sedikit lebih mahal jadinya,but compare to Jl.Surabaya, Jakarta still cheaper 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s