The Adventurous Yogyakarta #roadtrip #part1

Halo apakabar dunia? tetep asyik..asyik aja atau asyik banget..

Yak, disela2 kerempongan dalam hidup gua..akhirnya waktu yang di tunggu2 akhirnya datang juga..horeyyy! The spiritual journey agogo. Dari libur natal perasaan gw itu pengen banget cepet2 menjalankan the spiritual journey,walaupun pada minggu2 itu gw selalu memantau jalanan cikampek (maklum rumah eike adalah rute para pemudik lewat) yang padat banget sepadat badan dugong. Bawaannya udah bete aja kalau liat macet di cikampek itu, dan perasaan gw pun juga deg2an takut mood udah nge drop duluan di tol cikampek sebelum tiba di kota tujuan. Dengan tekad yang bulat untuk menjalankan misi spiritual journey melalui jalur darat alias roadtrip ..hahahaha! Akhirnya gw dan cumamihpun mengatur strategy untuk memulai keberangkatan esyokk hari.

27 December 2012

Hari ini masih ngantor, dan masih siapin presentasi buat pitching tapi otak udah kemana2 berasa di gendong mbah surip (marii semuanya bernyanyi…tak gendong kemana-mana). Ya gimana mau konsen, kalau minggu natal aja gw dah pengen banget pergi, tapi demi pekerjaan yang tak kunjung hentinya *pencintraan* apa boleh buat lah..hahaha! Yes, akhirnya jam 15.00 itu datang! No matter how, kerjaan gw udah beres , gak peduli ada revisi apa gak akhirnya gw men-cabut-kan diri dari ruang kerja di kantor. Yes, we’re heading to….. *jeng jeng jeng* Grand lucky. EH LOH KOK? hahaha. Kebetulan pak bos cumamih masih ada kantor dan harus selesein beberapa kerjaan, untuk mempersingkat waktu penjemputan akhirnya ibu nyonya ini nyamperin pak bos cumamih di grend lekong alias grand lucky scbd. Setelah perjumpaan dua pasangan gila ini di gren lekong, we’re heading to….. *jeng jeng jeng* jemput personil the bolangers #prasstyo. Yes, seperti apa yang gw ceritakan on the previous blog, trip ini gak hanya gw dan cumamih yang pergi. Sahabat cumamih, dan juga sepupu cumamih yang notabennya adalah teman gw juga dan sekarang jadi sodara pun *perlu di jabarkan silsilahnya gak? ya kaleee* ikut dalam spiritual journey kali ini. We’re a fourth geng tika,prasstyo, adyasa and sasri , are ready for the spiritual journey. Tepat 17.00 kita berangkat dari rumah mbak sas di pejaten dengan membawa bekal micin2an alias ciki2an makanan manis2 *berasa anak sd mau study tour* , mineral water sebanyak banyaknya, dan yang paling DA BOMB adalah risol dan arem2 yang dibawain dari ibu ..hahahaha! and yes heloooo ke-hura-an ..we’re coming!

Perjalanan di cikampek ternyata tidak se – scary yang kami semua bayangkan (baca : ketakutan akan macet total yang nanti ujung2nya cuman sampe tangkuban perahu dan bandung.. yah drop shay) . Jalanan hari ini ramai lancar, tol purbalenyi pun padat tapi lancar, keluar cileunyi menuju nanggrek agak tersendat dikarenakan banyak genangan air jadi jalurnya yang kepake cuman satu. Oh, lupa belum bilang kalau pak bos cumamih ini memilih rute perjalanan lewat jalur selatan dikarenakan meminimalisasi perjumpaan dengan truk2 besar di pantura (jalur utara) dan juga memantau dari twitter bahwa arah pantura udah macet dari km cikampek, akhirnya jalur selatan adalah jalur yang kami semua pilih. Perjalanan selama 4 jam dimana arem2 dan risol menjadi makanan cemilan kami semua, sehingga pada suatu titik kami berada di entah berantah kami bertemu dengan macet total, alias berhenti ti ti ti dan gak ada restoran, we’re ini middle of jungle.. dududududu! Sekitar jam 12 malam, masih gak bergerak juga..beberapa mobil mesinnya udah di matiin, beberapa orang keluar dari mobil dan begitu juga dengan mobil team the fourth geng ini. Kepegelan badan sudah mulai melanda, bahkan kita belum sampai tasikmalaya, stress sih macetnya. Akhirnya dengan menjalani prinsip “yaudahlah ya” jalanin aja, jalan pelan2 sampai satu titik akhirnya lubang neraka itu berhasil kami semua lalui. Konon katanya macet itu terjadi karena ada kecelakaan truk terbalik, dengan kondisi jalan yang cuman dua jalur ditambah banyak truk2 yang harus effort untuk nanjak , jadi cetot alias macet total deh.. Lubang neraka pun sudah berhasil kami lalui, akhirnya perjalanan di lanjutkan. Dengan sistem setiap 3 jam sekali tukeran shift nyupir dan juga asisten supir. shift pertama jakarta – nagrek: Aca dan Sasri, shift ke dua Nagrek – Banjar : Cumamih dan saya sendiri, dan berikutnya banjar – jogjakarta kembali ke shift pertama..hahaha! Berasa main amazing race gak seeehh?! *berkhayal* hahahaha..

28 December 2012

Sekitar jam 4.30 cumamih, udah gak kuat lagi untuk nyetir akhirnya gantian oleh shift ke 2 dan gantian kami berdua yang tidur. Jam 6 pagi di daerah kebumen gw dibangunin mbak, untuk lihat embun plus sunrise yang kece banget. Jadilah gw bangun dan foto lah si pemandangan kece yang ala lagu nya pak AT.Mahmud *memandang alam dari atas bukit…*

Selamat Pagi Bukan Jakarta #nofilter *kalo kata anak instagram* πŸ˜›

sunrise

Pemandangan ini terlalu gokil buat dinikmati, liat aja berasa kaya lukisan kan? ini adalah foto jam 6 pagi, di suatu daerah di kebumen dengan efek kabut2 kece dan #nofilter hahaha! Setelah sesi foto ini, saking indahnya pemandangan gw dan cumamih tidur kembali dan bangun2 kita udah sampai di kulonprogo, YES! JOGJAKARTA….

Sekitar jam 9.00 pagi the fourth geng ini tiba di Jogja, kami datang dan langsung menuju hotel. Saat itu kita belum bisa check in karena kamar nya masih di beres2in. Untungnya petugas D’Talent ini baik hati mau meminjamkan kamar lain untuk kami bersih2. Ya maklum, hampir sehari kita gak mandi, sikat gigi, cuci muka. Kena air langsung syegerrrssss. Walaupun ujung2nya gak mandi juga, cuma cuci muks, nyetor harian tunai di jamban hahaha, pake deodorant lalu lanjut.

So lucky to have a kind of friend and family like the fourth geng ini. Gak pernah rempong, dalam urusan apapun yang paling penting adalah tetap satu misi dalam perjalanan bolang kali ini. Hari ini jadwal kita padat banget, yes itulah bolang gak pernah mau rugi buat dateng ke tempat2 anti-mainstream hahaha! Dan hari ini pun kita di pandu oleh Mas Mara, salah satu seniman di Jogja yang akan membawa kami ke tempat2 anti-mainstream disini. Excited bangeuttt!!!

Berbekal sarapan arem2 dan risol *again*, kami di bawa oleh Mas Mara ke salah satu tempat wisata baru di Jogja, yang letak nya di Gunung Kidul. Gua Pindul, kira2 sekitar 1,5 jam waktu tempuh dari kota. Sempet ragu gw ke tempat ini, karena situasinya gw hari itu lagi “dapet” dan mas Mara bilang bahwa nanti akan basah2an main air di gua ini. Ya ampyunnn gimana ini, tapi rugi amat *tetep* kalo gak ikut masuk ke Gua. Sesampainya di tempat wisata gua pindul ini ,gw dah bodo amat..mau nembus mau gak. Ini tempat pasti worth it total. Yes betul banget, dengan perasaan dag dig dug, takut ada buaya atau hiu tawar di dalam Gua ini karena ke amisan yang terjadi dalam tubuh gw..hahaha! Akhirnya gw ikutan masuk ke Gua Pindul. Gua ini bukan sembarang gua sebenernya, Gua yang harus di lalui aliran air ini dimana ban adalah kendaraan kita untuk keliling si gua ini (jadi kita duduk di ban gede gitu, terus nanti di bawa tour guidenya keliling gua pindul), dan bener sebagian pinggul sampai pantat basah. Sebelum masuk ke gua ini, kita di briefing dulu sama bapak guide yang nanti membawa kita keliling. Dompet, tas,barang2 beharga lainnya di wajibkan untuk dititipkan. Handphone dan kamera boleh di bawa , tapi kalau nyemplung ke sungai atau basah gak diganti..hahaha! Tapi mereka menyediakan plastik untuk kita yang mau bawa handphone untuk foto2 di dalamnya. Yang bikin deg2an adalah, gua ini terbagi beberapa zona yaitu zona terang,zona remang – remang dan juga zona gelap. Selain zona2 itu, kedalaman air yang hampir 10 meter, membuat gw gak tau apa isi di dalam air itu, jadi lagi dan lagi “pasrah” adalah kunci kebahagian trip kali ini..hahaha! Gimana gak harus pasrah, kalau gak gitu gak bisa menikmati pemandangan alam. Tempat ini membuat gw jadi tambah jatuh cinta untuk jadi bolang, gimana gak? gua pindul ini adalah gua pertama yang gw datangi dengan bebatuan super kece kaya di iklan2. Nah, salah satu scene gua di iklan rokok paling heboh pernah syuting disipun.

Untuk masuknya juga ternyata gak perlu keluar banyak biaya. Ada beberapa jenis yang bisa di lakukan di kawasan wisata gua pindul ini, yaitu : cave tubing,rafting,keliling sawah.Untuk cave tubing itu sendiri cuman butuh kocek sekitar IDR30 ribu udah plus dengan perlengkapan (kece kan). Selain itu mereka juga menyediakan jasa untuk rombongan tour kantor atau outing.Intinya aktifitas outbound bisa bgt dilakukan disini .

Daripada gw banyak cingcong, silahkan di nikmati hasil cave tubing kami.

cave tubing

photo 3

photo 5

photo 2

(maafkan hasil foto2 yang low resolution, maklum ifong nya harus di masukin ke dalam plastik πŸ˜› )

Setelah asik main di air dan gua. Mas mara, langsung mengajak kita ke pantai. Wuhuwwww…. Gak pernah tau bahwa ternyata Jogjakarta itu punya pantai seindah bali. Yes we’re having a lot of beach disini. Jadi, buat kalian yang selalu mengidolakan maldives, cobain dulu semua pulau, semua laut , semua pantai yang ada di Indonesia dan kalian baru bisa compare to one island yang harganyapun agak gak masuk akal (buat dompet guwehh..hhahaha). Pantai Sundak, adalah salah satu pantai di gunung kidul, dengan pasir putihhhhh.. Gw bisa bilang pantai ini gak kalah sama pantai2 di dream land dan karma kandara. Bersih banget, tapi sayang gak bisa buat berenang karena ombaknya sangat besar. Maklmum, ini masih salah satu bagian dari pantai selatan. Oje, gak banyak cingcong lagi ini mari kita lihat si Pantai Sundak ini.

I can see clear enough the coral.

The Beach.

Pantai Sundak, Jogjakarta.

Sayang sekali, pantai ini gak bisa dibuat berenang karena ombaknya yang super dahsyat. Jadi ya cuman bisa dinikmati untuk sunbath aja atau sekedar having a chill sunset. But, it’s worth to find this beautiful place. Again, another anti-mainstream place πŸ™‚

Mungkin disini belum terlalu banyak restoran yang ada, tapi ada satu rumah makan yang gilaakk banget endesnya dan juga harganya gak bisa didapetin kaya di bali atau di jakarta. It is only happen in Sundak, i guess. Rumah makan Mbak Ratmi who safe our life, yang dari kemarin cukup makan arem2 dan risol. Dengan IDR 218 ribu , udah dapet : setengah kilo udang, satu kilo tuna asam manis, 5 porsi kangkung saus tiram , setengah kilo cumi bakar.. SINTING! dan menu favorit mbak ratmi ini adalah tuna asam manisnya. Gak percuma kami nahan lapar dari kemarin malam, untuk dapat porsi yang segede kingkong.

foodism

Warung mbak ratmi

mbakratmi

Setelah makan enyak dan kenyang akhirnya mengantuk pun kita.. hahaha so typical of indonesian yah! Tapi acara selanjutnya masih padat. Mas mara ngajakin kita lihat spot sunset yang baru aja ditemukan dia beberapa hari yang lalu. Sayang, pas perjalanan menuju kesana hujan bress bress, jadi gak sempet deh dapet sunsetnya. Padahal udah setengah perjalanan jalan 😦

Well, dengan keadaan belum mandi satu hari. Karena maklum lah perjalanan road trip, boro2 mandi cari toilet bersih aja susah jadi berbekal cuci muka dan pipis aja hidupnya ..hahaha! Yap, we’re back to hotel untuk bersih2 dan juga makan malam. Hello, dinner! We went to via via cafe! Cafe yang letaknya dekat dengan hotel kami, di jalan prawirotaman ini unik banget. Selain (lagi2) yang dateng kesini para bulewan dan bulewati..makanan yang di jadikan juga enak, walaupun ya untuk harga sih standart cafe jakarta (hem, cafe ala kedai gitu kalii yah not so fancy like soho atau sky). Untuk ngobrol dan chill out sih asik banget, karena setiap hari (apa gitu gw lupa) ada live jazz night looh.Cafe ini bisa dibilang artsy banget, dengan beberapa grafity karya seniman jogja menghiasi dinding cafe via via ini. Mereka juga punya tempat penginapannya looh.

Via Via Cafe, Prawirotaman Yogyakarta

menu

via cafe

Kenyang dan nikmat setelah makan malam yukkk maree istirahat.. karena besok kita masih ada trip yang lebih panjang lagi. 10 jam perjalanan menuju bromooohhh… wuhuwwwwhh!