Ullen Sentalu – The Adventurous Yogyakarta #roadtrip #part2

29 December 2012 

IMG_1663

Lumayan hari ini bangun tidur seger. Gimana gak seger hayo kalau rasanya dapet tidur 6 jam itu anugerah banget! Cukup istirahat itu sebenernya kunci kebolangan road trip. Pokoknya setiap ada kesempatan tidur, langsung tidur jangan buang2 waktu. Yap, hari ini adalah hari dimana sang ibu ratu memandatkan kami untuk datang ke pernikahan ex- murid nya doi. Tapi eh tapi masih malem banget acaranya.. terus ngapain dong kita sebelum dateng ke acara kewongan itu. Dasar bolang gak mau rugi waktu, maka dibuatlah acara ke museum. Yes, bosen banget dateng ke candi2 atau pun keraton yogya atau museum kereta, dari jaman sd di bawa kesitu muluuu.. Akhirnya, the most update girl di fourth geng ini alias sasri mengidekan kami untuk ke salah satu museum yang ada di Kaliurang, Yogyakarta. Ullen Sentalu. Sebelum kesini sempet cek dulu di google.. memang kece benerrr! dan ternyata pas datang yap beneran aslik kece banget.

Ullen Sentalu ini adalah museum ter-rapih, ter-keceh, ter-organized yang pernah gw datangi selama di Indonesia. Sistemnya bahkan udah kaya Singapore Art Museum, Singapore. Ticket masuk Rp 25,000 dengan compliment gratis parkir dan juga welcome drink (wedang jahe). Sayang banget, di dalam museum ini di larang foto2 , hanya beberapa bagian aja yang bisa di foto.

Well, let’s share the story..

Gw menyesal sekali karena gw datang kesini pada saat setelah menikah. Bagi kalian yang mau nikah ala jawa tok tok. Wajib untuk mendatangi tempat ini. Selain sejarahnya, beberapa lukisan tentang ratu dan raja yogya dan solo pun juga bisa menginspirasikan ide2 untuk baju kembaran para bridesmaid ataupun para sodara. Sumpah keren2 banget! Salah satu yang gw amazed adalah, foto eyang buyutnya cumamih menjadi salah satu yang di pajang disitu..hihihihi! Baru yakin deh sekarang kalo cumamih bener2 raden mas. hahaha *kidding love* .

Museum Ullen sentalu ini, di buat oleh keluarga Haryono. Dimana museum ini mengabadikan beberapa sejarah dari garis keturunan mataram , yaitu : Kasunan Surakarta Hadiningrat, Paku Alaman, Mangkunegaran, dan Keraton Yogyakarta yang dipimpin oleh Hamengkubowono. Selain itu, museum ini juga menceritakan tentang sejarah budaya jawa dari tarian, gamelan sampai juga pesta pernikahan dan juga upacara kematian. That’s why kenapa gw sangat menyarankan kepada kalian yang ingin kawinannya ala jawir total kesini, karena info yang di dapatkan sangatlah berguna. Dari batik apa aja yang dipakai, dan simbol2 yang ada pada paes.

Dan ini adalah tiket masuk Ullen Sentalu 

IMG_1667 copy

Pas kita kesana, pas banget lagi ada yang latian nari jawa.. ihh lucu banget! jadi ternyata memang tempat ini adalah tempat nyeni banget.. Jogja gitu looh.

Tempat ini mungkin terlihat mistis, but i am kinda enjoy the trip in this museum.

IMG_1682

IMG_1692

IMG_1685

Selain museum, mereka juga menyediakan cafe bernaa bukeunhof yang ala2 belanda gitu. Untuk makanannya rasa enak banget (standart cafe) dan harganya pun juga standart cafe. Nah, ini lah yang kami pesan

Crocket Salmon, IDR 30-ish

IMG_0039

The Soup IDR 20-ish

IMG_0024

Cappucino , IDR 20-ish 

IMG_0028

The Cafe 
IMG_0036

Sayang banget gak bisa foto2 di dalam museumnya. This place is recommend to visit. Jangan khawatir tentang info tempat ini, karena ada websitenya (canggih kan) silahkan mampir di www.ullensentalu.com plus sekaligus liat beberapa spot2 kece yang ada disini.

I wish semua museum di Indonesia begini bentukannya. Terawat dan ter-organized. Semoga makin banyak beberapa orang yang peduli akan budaya yang kita miliki, sehingga semakin nikmat juga buat kita mencintai budaya negara kita. Yap.. mau lanjut dengan cerita the magical bromo? tunggu terus yah di #theprasstyo (halah bak sinetron atau acara anak2 jaman dulu aja deh 😛 )

Have a nice day 🙂

Ciao,

mrs. prasetyo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s