Bromo For Honeymoon? Why Not?

Yes, taste orang pasti berbeda – beda .. ada yang memang lebih prefer ke pantai daripada gunung atau bisa sebaliknya. Bagi gw kemana aja itu bisa menyenangkan asalkan memang tempat itu menarik buat kami #theprasstyo.

Perjalanan honeymoon ke dua? hem, bisa di bilang kaya gitu bisa juga gak.. lebih ke arah refreshing aja sih sebenernya. Tapi satu hal yang menarik dari Bromo adalah romantismenya .. aseeekk! Yap, mungkin karena pasangan kaya gw dan cumamih ini agak sedikit ekstrim dalam per-bolang-an maka mungkin ada beberapa dari kalian yang agak mager ikut sama dengan kegiatan yang  kami lakukan,  tapi tetep mau ke bromo untuk honeymoon gimana tik caranya?

Bromo adalah daerah yang gak se-susah itu kok di tempuh. Beberapa hotel menyediakan fasilitas antar jemput dari airport surabaya atau malang lalu langsung di jemput dan di antar dengan selamat sampai hotel.Liburan atau honeymoon ke bromo sepertinya adalah honeymoon yang akan sangat hemat buat kalian pasangan muda.

Memang agak sulit buat cari penginapan atau akomodasi layaknya ala resort2 di ubud, ya maklum namanya juga daerah wisata yang masih kecil. Tapi berhubung kemarin gw sedikit melakukan research kecil , ada beberapa hal yang bisa gw share ke kalian untuk para newlyweds.

Akomodasi :

1. Java Banana Hotel. 

Naksir parahhh sama hotel ini. Menurut gw hotel ini adalah salah satu hotel yang proper dengan standart koper ala gw. Sayang kenapa gw tidak memilih hotel ini, karena kita pergi ber-4 alias rame2 kalau cuman berdua mungkin gw bisa memaksakan kehendak pada cumamih untuk nginep disini. Ternyata hotel ini sering dipake untuk shooting2 ala ftv looh hahaha. Standart roomnya twin bed di mulai dengan harga IDR 1,750,000 (well, harga hotel bintang 4 aja sih) sisanya ya sekitaran sampe IDR 3 Juta rupiah. Mungkin, buat kalian yang mau honeymoon pertama kesini. Java Banana bisa jadi pilihan yang baik, tapi buat gw yang udah honeymoon kesekian kali..hem… yang penting enak buat tidur dan kamar mandi oke..hahaha! Ternyata pada saat check survei langsung ke tempat, si java banana ini jaraknya masih ada sekitar 30 km lagi ke arah padang pasir which will bit cost karena pasti mau gak mau untuk ke padang pasir atau areal parkir bromo kalian harus naik jeep.

The Java Banana view. Want more?  click on the image. 

download

2. Cemara Indah Hotel. 

Yes hotel yang gw tinggali (bahasa ape ini) selama 2 malam dan mungkin bisa dilihat review nya on my previous blog  . Letaknya bener2 spektakuler. Walau ya servicenya biasa aja, bukan service hotel mewah tapi hotel seadanya. Untuk kebersihan gw akui sangat bersih, menyediakan hot shower dan juga hot spot wifi (sayang waktu gw disana rusak, jadi gak bisa di pake deh). Kamarnya pun besar, untuk standart room aja twin bed nya bisa dipake sekitar untuk 4 orang (badan normal yah..hehehe) dan family room nya lebih gede plus ada tv nya plasma (ngintip kamar tetangga).

The Cemara Indah Hotel , click the image if you want to see more. 

cemara indah

3. Lava View 

Nah, sempet juga mau nginep di lava view cuman ntah mengapa terlalu terbuai oleh pemandangan di depan cemara indah hotel . Ternyata Lava View juga punya kelebihan , letak hotel nya bagus banget untuk sunset (kata mas yono..hehehe) jadi beberapa tamu pun nginep disitu karena letak spot sunsetnya yang indah. Untuk standart price nya sama kaya cemara indah dan ya kurang lebih servicenya pun juga sama lah yah.

Lava View Hotel 

rooms

4. Homestay 

Banyak beberapa rumah penduduk yang disewakan untuk jadi tempat penginapan .. Ih seru banget gak seeh? Yes, tapi kalo saran gw yang ala2 suami istri kaya kita sih ya jangan lah yah nanti gak bebas… hem ham hom deh..hahaha! But, if you guys want to do some more closely to the native people. Karena penduduk bromo yang masih kebanyakan berasal dari suku tengger ini sebenernya sangat unik buat di kulik lebih dalam. Yap, salah satu penganut agama hindu yang masih bertahan di tanah jawa.

The Food 

Jangan khawatir untuk masalah makanan, harga nya super duper mureee.. Ya basically ya harga warung aja sih dan entah kenapa makan indomie di warung bisa nikmat banget mungkin karena memang lagi dingin kali yah. Harus mencoba teh susu jahe , wuidih idola para manusia yang gak kuat dingin kaya gw. Range harga makanan dan minuman disini kaya jajanan kantin anak SD di jakarta. Ya iyalah gimana gak, harga rawon Rp 9000 (porsi kenyang bego tapi dagingnya dikit banget) , harga nasi goreng pun juga sama , indomie lebih murah , teh , jahe anget sekitar Rp 2500. Tapi kalau di restoran atau cafe hotel jangan harap segini yah. Tapi porsinya tetap lebih besar kok .Seperti english chicken di cafe hotel cemara, 35ribu satu porsi isi 4 potong ayam.. haduh mantap kan!

The Transportation 

Banyak cara menuju roma, begitu pun ke bromo . Bisa lewat jalur udara, darat seperti kereta atau pun mobil seperti gw.

Ala koper : 

1. Bisa melalui jalur udara atau kereta eksekutif  dengan jurusan Jakarta – Surabaya atau Jakarta – Malang. Tiket pesawat jakarta – surabaya ataupun jakarta – malang kurang lebih IDR 1,5jt (PP). Kalau naik kereta api , waktu itu gw sempet check untuk sekali perjalanan Jakarta – Surabaya sekitar IDR 400rb(one way dan last minute) kalian bisa check ke website resmi kereta api indonesia di kereta-api.co.id .

2. Sesampainya di airport atau statisiun kereta, pastikan dulu sebelumnya bahwa hotel yang kamu pesan menyediakan jasa antar jemput , paling tidak dari bandara ke tempat penginapan. Kalau gak bisa, gw belum menemukan cara lain ala koper untuk sampai di tempat ini karena taksipun males nganterin ke bromo unless kalian sewa mobil.

3. Untuk harga sewa jeep dengan rute penanjakan – padang pasir – savana – ranu pane dan regulo dikenakan charge sebesar IDR 900,000 . Nah, memang paling enak itu pas lagi rame2 jadi enak patungannya. Setau gw, kmrn ada yang nawarin juga untuk naij jeep only to go to padang pasir (areal parkir bromo) sekitar IDR 200ribu. Tanyakan saja ke pihak hotel apakah mereka menyediakan jasa penyewaan jeep atau tidak, terus dari harga standart yang gw kasih kalian bisa kira2 untuk nawarnya 🙂

Ala Ransel : 

1. Melalui jalur darat seperti mobil kaya gw dan cumamih atau menggunakan kereta api ekonomi.

Road trip : Menyenangkan dan pun melelahkan. Mungkin bagi kalian yang kurang banyak waktu gw lebih mengusulkan untuk naik kereta api ekonomi walaupun gak enaknya jadi gak bisa mampir2,karena perlu sekitar 6-7 hari untuk trip (include menginap di tempat tujuan). Suprisingly,perjalanan road trip kita kemarin dengan 4 personil di dalamnya, satu orang (setelah gw recap) hanya mengeluarkan 1,5juta rupiah for the whole trip.. kreziiihhh kan! Bensin sendiri mobil avanza automatic habis sekitar IDR 1,2 juta Jakarta – Jogja (plus pendakian ke gunung kidul) – bromo (plus pendakian ke hotelpun) – jakarta. Irit total!

Kalau kalian mau naik kereta ekonomi ya bisa saja. Mungkin kalau memang gak bisa mengumpulkan personil kaya gw kemarin memang lebih baik pake kereta ekonomi karena jatuh nya jadi sama aja ketika kalian naik mobil dengan personil yang ada atau bahkan jadi lebih murah di banding naik mobil berduaan.

Banyak hal menarik yang bisa di cari di bromo, tapi balik lagi ke diri kalian. Semua hal menarik itu perlu effort untuk ngedapetinnya. Jadi memang harus sedikit adventurous untuk dapat hal2 yang ada di luar ekspektasi diri kita. Bromo adalah tempat yang menarik untuk dihabiskan bersama pasangan tercintah, selain dinginnya yang bisa 5-10 derajat , kemistisan alamnya yang masih “virgin” juga bisa membawa kita nempel terus sama pasangan ..hahaha! Gak ada salahnya untuk coba bromo sebagai destinasi honeymoon kalian.. either yang pertama atau yang kedua kaya gw dan cumamih.

Semoga cerita gw membantu kalian yang lagi bingung hanimun ke pantai atau gunung yah. But for me, both is more adventurous..hahaha!

Ciao,

mrs. prasetyo

Advertisements

2 thoughts on “Bromo For Honeymoon? Why Not?

    • hai frani,
      kebetulan aku belum tau say travel apa yg menyediakan paket hanimun.Tapi kamu bisa cek javabanana, salah satu hotel di bromo yang fasilitasnya menyediakan paket tersebut dan mgkn ada penjemputan ke malang 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s