BAHAS INVESTASI (LAGI?!)

Hahahah gak bosen2nya gw mengajak para pembaca, bahkan temen2 kantor gw yang implusive  buyer untuk start ber-investasi dengan bentuk apapun itu. Dari nabung duit, sampe nabung saham (asal jangan nabung anak sebelum menikah yah.. kenoot mahh *singlish mode on*). Disaat galau cari rumah yang tadinya juga buat investasi , tapi ternyata budgetnya belum cukup maka sempet sedih rasanya. Harus ku kemanakan uang tabungan ku ini selain di dekap di account bank yang bunganya juga kalah sama tabungan koperasi.

Yes, pernah merasakan dillema dimana udah nabung tapi ya segitu2 aja? Yak , itu lah yang sekiranya gw rasakan. Mau invest rumah tapi duit belum cukup, mau beli emas was2 gak tau simpan nya dimana, mau main saham gak cukup otaknya untuk ngitung2 ke gamblingan yang ada. But, balik lagi ke diri kalian. Kalau kalian mampu dan ada dananya langsung aja cyuusss. Namanya juga investasi, gak pernah ada yang salah (kecuali kalau salah perhitungan ya guyss *duh jangan sampe deh*)

Kali ini, barusan aja gw dapat penjelasan dari temen kantor gw yang tergabung dalam salah satu agen asuransi jiwa (yang tidak bisa gw sebutkan namanya *no promotion for this* hahaha). Mungkin dua tahun setelah asuransi tebengan dari perusahaan bokap gw abis, gw udah berpikir untuk ambil ancang2 memperpanjang asuransi jiwa untuk gw. Karena walau tercover kantor, gw agak males karena jadinya gw punya keterikatan dengan kantor tersebut, kali2 gw pindah kan gw harus menyesuaikan asuransi itu lagi. Kemarin, teman gw menjelaskan bahwa asuransi jiwa  yang kali ini dia tawarkan mempunyai nilai plus. Plus investasi jiwa dan juga investasi dalam bentuk nominal uang. Dengan setoran usd 35, di tahun ke-10 kita akan mendapatkan uang sebesar usd 4600 atau IDR 46juta rupiah (tapi different people, different calculation yah.. ini kalkulasi dari hidup gw..hahaha). Selain ada perlindungan jiwa seperti claim cacat, claim cacat total, atau claim kematian (standart claim asuransi lah) kita juga bisa mendapatkan uang investasi tabungan yang berdasarkan bunga tersebut. Hemm.. gw gak tau sih ini berlaku pada brand lain atau tidak tapi setau gw sih ada *belum sempet compare cyynn* berhubung ini temen kantor , jadi seenak dan sebebas itu gw nanya2 tanpa feel guilty (alias gak ada rasa2 duh gak enak sm si orang ini udah effort jelasin, tapi gak jadi ikutan) kali ini gw diberikan kebebasan hati dan juga memilih vendor untuk perbandingan.. hahahaa *ya abess gw banget kan sukanya banding membanding*.

Selain itu, jenis produknya ada juga yang bisa untuk  investasi sendiri (some kind of trading atau reksa dana) jadi semacam produk lain dari si brand asuransi ini. Minimal nominalnya adalah usd 1200 atau sekitar IDR 12 juta. Dengan nanti perhitungannya ada sendiri gitu, dari suku bunga terendah sampai tertinggi.

Ternyata banyak hal sih yang bisa kita lakukan untuk berinvestasi dari servicing asuransi selain untuk jiwa. Ya, seperti yang gw ceritakan diatas bisa berupa uang atau tabungan masa depan untuk anak sekaligus. Mungkin dengan adanya program plus plus (nama programnya bukan plus2 juga yah, jangan di cari di google ya guys nanti yang keluar beda 😛 )  ini diharapkan bisa membuka wawasan luas kepada masyarakat akan pengertian asuransi yang konon melulu hanya tentang jiwa. Nah, sekarang bisa juga kan menabung ala deposito tapi plus asuransi jiwa (atau sebaliknya). Mungkin ini adalah hal pertama yang akan gw lakukan untuk per-investasian, tapi balik lagi tentang per-komper-asian(halah bahasa apa ini) gw akan membandingkan nya dengan vendor lain, walaupun pasti masing2 ada good and bad nya. Basic knowledge is a must , biar gak menyesal nantinya.

Have good day woman!

Cheers,

mrs. prasetyo

Advertisements

One thought on “BAHAS INVESTASI (LAGI?!)

  1. gue sekarang nabungnya emas mbak, belinya per 3 bulan yang 10 gram-an, lumayan banget buat investasi karena yaaah ternyata harganya naik mulu. kenapa Emas ? eh ini maksudnya Logam Mulia yaaak .. karena kelihatan fisiknya bahahaha .. tapi gue simpennya di deposit box babeh gue di Mandiri hihihi nebeeeng judulnya, tapi emas milik sendiri *bangga*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s