TRAVELING : PERSIAPAN NEPAL 2013

Mungkin memang sang ibu koper yang satu ini terlalu lebai atau terlalu excited untuk melakukan sebuah perjalanan spritual yang anti-mainstream ini. Masih ingat post saya tentang Nepal 2013? Why Not? memang nampaknya bukan sebuah perjalanan yang mudah buat dicapai. Sampai – sampai persiapannya aja butuh satu tahun.

Selama enam bulan menyiapkan perjalanan ini , yang #theprasstyo and friends lakukan adalah :

1. Ticket Hunting

Menentukan perjalan ke Nepal ini, perlu pintar – pintar menyiasati budget (walaupun sih sebenernya memang perjalanan nya super on budget), karena tidak banyak budget airlines yang menentukan destinasinya ke daerah tersebut. Bersyukur dengan airlines budget buatan Malaysia, yang membuka rutenya ke Kathmandu Nepal, walau memang sih tadinya kita optimis kalau mungkin nanti aja ada “harga promo”. Tetapi nampaknya, iming – iming “harga promo” cuma impian semata, “harga promo” cuman muncul satu kali (itupun pada saat AA membuka jalurnya) sisanya gak ada lagi ๐Ÿ˜ฆ masih berusaha untuk cari yang lebih murah, ternyata pun sulit. Airlines – airlines ternama ternyata gak ada yang sesuai dengan ekspektasi budget, alhasil dengan planning yang kuat dalam hal menabung dan juga perencaanaan trip, alhamdulillah Maret kemarin (sesuai timeline) kami #theprasstyo and friends berhasil membelinya juga.

2. Planning the trip

Perjalanan spritual sekitar 10 hari, nampaknya cukup membuat #theprasstyo and friends harus memutar otak dengan apa yang harus di lakukan disana. Dari baca – baca forum, sampai akhirnya mendapatkan beberapa reference blog yang benar – benar membantu kami dalam perjalanan ke Nepal Oktober nanti. Ini adalah beberapa list yang ibu koper dapatkan sebagai reference perjalanan spritual di bulan oktober ini :

a. Never stop travelling (www.neverstoptravelling.com) : Agak lupa gimana mendapatkannya, tapi blog ini seperti pencerahan bagi ibu koper dan bapak ransel dan juga teman2nya. Seketika tau kalau mereka adalah orang – orang indonesia. Ibu koper, langsung super kesenenangan. Thank you amank and friends for your recommendation.

b.Rayyiu Radzi ( http://www.rayyiuradzi.com/) : Tau orang ini dari hasil kepo instagram. Salah satu teman saya merekomendasikan saya untuk follow akun IG nya. Ternyata memang seorang photographer leica expert dari negara jiran, yang seperti nya super suka perjalanan anti-mainstream. Banyak beberapa tempat yang saya dapatkan dari reference photo yang berhasil di ambil oleh Rayyiu dan tentunya perjalanannya yang sendirian bikin gw makin bulat untuk Let’s go Nepal…

c. Citra Soebijakto atau akun IG nya diberi nama Chitras. Mungkin sebelumnya gw sudah bahas doi di post sebelumnya, idola plus role model gua dimana baru banget bulan lalu sepertinya dia melakukan perjalanan spiritual ke Nepal. Gak terlalu banyak post, tetapi bisa bikin merinding.

Dari beberapa reference tempat yang #theprasstyo dapatkan, kami menuju ke brainstorm untuk menentukan destinasi perjalanan. Ini pun mengalami beberapa kali revisi. Maklum 5 otak jadi satu, kadang suka jadi sedikit ribet untuk menentukannya. Dari tempat yang sudah disetujui, kita proses ke arah budgeting.

Based on the blog / forum research (berhubung belom kesana sama sekali), Nepal adalah salah satu negara yang nilai tukar mata uangnya agak lumayanlah. Jadi banyak sekali yang bilang bahwa jangan khawatir untuk masalah penginapan dan makanan karena rata – rata nilainya sama dengan jajan pinggir jalan di Jakarta. Yang mahal katanya adalah harga beer disana. Tapi for the sake cobain beer di pinggiran himalaya why not banget la ya.. hahaha! Setelah memang mendapatkan beberapa pilihan tempat, terutama untuk di khatmandu,pokhara, bakhtapur dan Nagarkot (itulah tempat – tempat yang sekiranya akan kami kunjungi) paling mahal adalah penginapan di Kathmandu. Make sense , karena Kathmandu itu sendiri adalah ibu kotanya. Tapi se-mahalpun itu sepertinya gak terlalu heboh seperti stays one night in maldives resort (hahaha perbandingan yang lebaiinya luarrr biasa).

Total kepergian kami ber-5 ini diperlukan biaya sekitar sepuluh juta/1 orang (sudah include ticket flight, hotel kl-nepal,meals,transport). Tapi jangan salah, kepergian inipun bukan kepergian pure ala backpackers.Ingat disini ada Ibu Nyonya yang cepet jompo dan koperan banget anaknya. Jadi untuk perjalan dari Kathmandu – Pokhara kami akan menyewa SUV/Jeep yang dimana setelah dihitung harga cuma beda USD 10 sama kalo naik bus. Yes, naik SUV per-orang USD 30 , naik bus per-orang USD 20. Mempertimbangkan kenyamanan yang ada untuk perjalanan yang menghabiskan waktu 8 jam, akhirnya telah diputuskan, renting a private car is more comfy we guess.

Jadwal kegiatan?? So far, kita gak punya kegiatan heboh trekking kesana kesitu. Karena treking untuk sampai ke basecamp everest pun biaya dan waktu cukup diperlukan lebih banyak lagi. Berhubung sini isinya babu – babu kumpeni semua, mana mungkin cutai 2 bulan kan (bisa masuk – masuk langsung gak ada korsi di kantor). Jadi, cukup menikmati keindahan Nepal dan himalaya beserta kultur baru yang akan kami temui.

Things to check for Nepal 2013 :

a. Flight Ticket

b. Backpack ibu bolang (buat nyimpen printilan snack ๐Ÿ˜› )

c. Sepatu ibu bolang biar gak jompo kalau kebanyakan jalan

d. Baju dingin bapak – ibu bolang (secara menurut forum october malam hari akan 13 drajat, siang hari 18 drajat *siap siap koyo*)

e. Booking Hotel (KL-NEPAL)

f.Booking Transport

g. Sepatu Gunung bapak bolang

h. belom kepikiran… masih ditunggu..hahaha! (ini aja udah banyak kaleee buuuk..)

5 months moreeee to see you everest (dari nepal..hahaha!).

Semoga mimpi gw bisa jadi kenyataan, foto di belakang background everest dengan jempol sebagai sign “i like this” hahahaha..

Semoga selalu dilancarkan.. amiin..amin..aminn…

 

Advertisements

2 thoughts on “TRAVELING : PERSIAPAN NEPAL 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s