TRAVELLING : List Tempat Wisata di Nepal ala #Theprasstyo #nepal

Harusnya post kali ini adalah post mengenai kegiatan last day di Nepal. Tapi berhubung kegiatannya cuma belenjongan, sepertinya agak sedikit kurang bermanfaat bagai khalayak pembaca theprasstyo…hahaha! (padahal sok – sok an gak mau belanja, sampe sana kalap).

Dan apakah dan kemanakah kalian harus berada selama 8 hari 7 malam.. Yuk mari kita lihat list tempat – tempat yang kemarin gw datangi :

Thamel : Tempat ini adalah pusat kota dari semua kegiatan yang ada di Nepal.

Thamel adalah ibu kota dari Nepal. Disini segala jenis barang dijual dari yang halal sampai haram ..hahaha! Banyak bule – bule Hippies disini yang gayanya ala – ala the beatles jaman Yellow Submarine. Kece banget.. and here goes the list for the places in Thamel area :

1. Garden of Dreams

1391916_10151926167777579_1186158362_n

2. Boudhanath

Boudhanath Aditya1

3. Thamel House Resto

Thamel House Resto Food

Thamel House Resto Food

4. Gaia Resto and Cafe

1381582_10151926171982579_992055047_n

5. Rumah maka tandori deket hotel gaju suite house dan norbulinka.. endes bembes plus halal pula coiii..

6. Katmandu Durbar Square

IMG_1730

IMG_1735

7. Thamel Area for shopping

1378113_10151926172617579_1678149997_n

Bhaktapur : Daerah yang masih dalam satu wilayah di Khatmandu Valley ini merupakan daerah yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sekitar 20 km atau 40 menit dari Thamel area untuk bisa sampai ke tempat ini. Daerah yang penuh dengan pernak – pernik dari tanah liat. Berbeda dengan Pokhara dan Thamel, disini jarang ada cafe atau resto berkeliaran merajalela di pinggir jalan. Mungkin karena memang daerahnya yang tidak terlalu luas seperti Pokhara ataupun Thamel.

7. Bhaktapur  (Nyata pola cafe , Durbar Square, Himalayan Java Coffee)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pokhara : Daerah yang keterlaluan down – temponya. Asik banget buat meditasi dan juga refresh otak. Disini kebanyakan toko buka jam 10.00 dan harus tutup maksimal jam 11.00 malam , tidak terkecuali untuk Bar atau Club. Saking luasnya Pokhara, kita sampai bisa nginep di Raniban Retreat  yang adanya di ketinggian 400m dari Phewa Lake dengan pemandangan super kece..hahaha!

8. Phewa Lake, Pokhara

IMG_1505

9. Pokhara Beach Club

PBC

Sebenernya disekitaran Phewa Lake ini masih buanyakk banget tempat makan sampai tempat nongkrong untuk kopi – kopi lucu ataupun wine manis yang bisa kalian coba. Harga di pokhara rata – rata seperti harga bule pada standarisasinya (alias agak mehong buat kita kaum asia bekpek ini..hahaha). Starting price USD 5.

10. Tashiling, Tibetan Village , Pokhara

IMG_1439

11. Devi’s Fall, Pokhara.

IMG_1448

11. World Peace Pagoda

World Peace Pagoda. Huge , peaceful place. Namaste ..

Sekiranya itu adalah list beberapa tempat yang sempat kami kunjungi pada saat kami di Nepal Sebenarnya sih masih banyak beberapa tempat yang kemarin sempat di Explore, kebetulan tempat – tempat tersebut adalah tempat belanjaan atau restoran..hahaha! Kebanyakan-pun restonya ala – ala makan di warung. The best warung India yang kami temukan dekat hotel (Norbulinka) adalah Warung Tandori. Cukup dengan NRS 190 atau IDR 19,000 udah dapet Tandori Chicken dengan porsi nasinya super besar.

Kalian juga bisa explore beberapa daerah dan tempat wisata di bawah ini .

12. Nagarkot : Letaknya sekitar 40 – 45 menit dari Bhaktapur. Kenapa kemarin gw and the genk gak kesini? karena waktunya sudah terlalu mepet.

13. Pasupatinath : Disini bisa liat upacara adat semacam kremasi. Bentukannya gak beda sama Boudhanath, perbedaannya hanya kuil ini untuk umat Hindu. Sayang masuk ke dalamnya menurut kita cukup mahal NRS 1000 atau IDR 100,000 hanya buat lihat orang di kremasi or sight seeing. Pro – nya untuk visit ke tempat ini adalah disini banyak Holy – Men yang style nya lebih heboh di banding yang gw temukan di Kathmandu Durbar Square. Jangan lupa, kasih duit ke mereka sekitar NRS 200 atau IDR 20,000 untuk foto mereka secara dekat. Kalau sneaky (atau dari jauh ) aja sih gak masalah. Berlaku juga untuk semua Holy-men, dimana mereka berada..hehehe!

14. Swayambunath : atau terkenal dengan Monkey Temple. Bentuknya masih sama dengan temple – temple yang lain hanya letaknya yang berada di luar area Thamel sehingga perlu mobil atau taxi untuk kesana.

15. Patan : Patan ini seperti Bhaktapur dan juga Kathmandu Durbar Square. Isinya peninggalan kerajaan jaman dahulu. Disini ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi seperti Patan Durbar Square, dan Patan Museum. Masing – masing tempat nya (walaupun masih satu area) di charge lagi untuk entrance feenya.

Seperti yang gw pernah tulis di beberap post sebelumnya. Perjalanan Nepal ini benar – benar di buat berdasarkan hasil research dari geng bolang. Dari blog walking sampe masuk ke forum – forum nepal sutra atau forum traveling yang lain dan berjumpa bersama teman baru disana. We didn’t use travel guide, we just want to get LOST! hahahah.. tapi alhamdulillah disana juga gak kesasar amat..hahaha!

Pergi ke tempat ini bukan seperti pergi ke negara – negara maju yang semua tersedia(macam Singapore, Hongkong, Amrik atau Europe) .Perjalanan ini sungguh butuh effort lebih terlbehi seperti kami yang tidak pakai jasa travel, semua cari sendiri..hahaha! Memang Nepal tidak seperti yang saya bayangkan (sungguh terbelakang) , mereka sudah maju dan tidak berbeda dengan Indonesia (but luckyly, Jakarta is better now days compare to Kathmandu *yaiyalah*) anda bisa menikmati wifi di beberap restoran / cafe dan hotel. Tetapi beberapa kendala seperti Bahasa cukup sulit untuk kita berkomunikasi disini. Rata – rata mereka masih proses pembelajaran bahasa Inggris, seperti Indonesia pada tahun 90-an, jadi benar – benar harus pelan – pelan dalam berbicara dan mendengarkan. Hebatnya mereka tidak malu untuk practise! Salut sekali..

Perjalanan kali ini nagih banget. Apalagi keinginan untuk melihat Himalaya dari dekat sepertinya makin besar untuk saya dan cumamih (plus the genk) hahaha. So what’s next? yang kepikiran di otak gw  sih mencoba untuk explore Tibet.. tapi  sepertinya tidak untuk tahun depan (berhubung lagi program KPR plus pengen punya anak) hahaha.. Maybe in the next 3 years! Untuk taun depan gw sudah propose dengan cumamih untuk travel di dalam Indonesia aja. Yes, Sumba atau Ambon sounds good yah? Setujuuuu gakkk?? hahahaha..

Thank you for you interest to read our story. Kalau ada yang mau itenerary kita, bisa langsung email saja ke exploreanewlife@gmail.com. Jangan khawatir, saking prepare dan propernya kita udah buat slides research tentang nepal, lengkap dengan budgetingnya. This is when 2 planner , 1 marketer having a trip >> semua di prepare..hahaha!

Cheerio,

mrs. prasetyo

Advertisements

20 thoughts on “TRAVELLING : List Tempat Wisata di Nepal ala #Theprasstyo #nepal

  1. Wah bagus banget & info nya juga berguna loh. Beberapa foto keliatan familiar banget karena sering masuk di acara tipi sini hehehe. Kok ibu2 pengrajin yg berjejer itu mirip kayak orang Indian ya? Ambon sounds really good!!!hairdresser sama tukang pijet langganan aku kan orang keturunan Maluku dan mereka suka kasih2 info ttg kepulauan di sana plus kasi liat foto2 travel nya. Bagus banget nget nget! (Kai, Saparua, Aru, ..)

  2. mbak…keren banget cerita jalan-jalan ke Nepal nya…apalagi bagian yang bule2 keceh macem jaman yellow submarine, jadi makin pingin cepet-cepet ke Nepal nya.

    Rencana nya, saya dan 3 orang temen juga udah bersedia lahir bathin banget buat nyasar di sana bulan November 2014 ini, terus nemu blog mbak ini, baca-baca ceritanya sama liat-liat foto nya…ya jadi makin menggelinjang deh buat kesana.

    Mbak…mohon kesediaan nya buat share ke kita-kita yah, untuk itinerary nya…biar kita gak nyasar-nyasar amat gitu.

    terima kasih banyak
    -FIta –

  3. Wow.. Cool bgt mbak critanya.. Aku lagi nyari2 referensi ttg nepal. Untuk planning ksana january 2015 ini.. Dan pas bgt nemu blog ini.. Jd makin semangat buat menjelajah nepal.
    Tp aku dan suami spertinya ga siap kalau harus Get lost sprti mbak..
    Ada referensi atau kenalan guide disana ngga ya mbak.. Yg bisa kita hubungi untuk sediain jasa guide.. Bole dong mbak, share itinerary utk referensi t4 bagus.. Thanks

  4. seru banget mbak perjalanan ke Nepalnya, kebetulan saya mau bolang juga ke Nepal Maret 2015 ini. Boleh minta daftar itinerary sama kisaran budgetnya ga mbak? thankss 🙂

  5. Dear Mrs Prass, sangat tertarik dengan tulisan tentang Nepal. kebetulan saya berencana untuk ambil trip ke Nepal dan kota sekitarnya 30 mei sd 4 Juni 2015. ini kali pertama saya ke Nepal, saya bisa minta Itin lengkap nya tidak? dan apakah ada agent yang bisa di hubungi disana dengan dana yang lebih hemat. oh ya, numpang sharing juga, saya berencana ke Nepal sendiri, apabila ada yang mau joint tanggal segitu bisa kontak saya di email : erwinsyah9@gmail.com . thanks

  6. Hai , aku ada rencana ke Nepal , boleh tau bulan apa yang terbaik untuk berkunjung ke sana , dan bagaimana kebudayaan berpakaian di sana? apakah ada larangan tertentu atau bagaimana , serta apakah boleh jika saya meminta Itin-nya? email saya fnyveltery@yahoo.com .

    • Halo .. untuk bulan yang bagus biasanya sih di kisaran Agustus – Oktober biasanya para pendaki juga start di bulan ini. So far, vibe di nepal sama kok kaya Bali.. No worries untuk rules. saling menghargai saja.

  7. Terima kasih buat sharingnya yaa.. pas banget saya mau kesana April 2017 dan 8 hari 7 malam juga. mudah-mudahan cerah yaa, jadi bisa lihat pegunungan himalaya dengan jelas. Aamiin. Saya mau yaa itinnya, nanti saya email duluan. makasiii mrs. Prasetyo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s