TRAVELLING : HOW TO TRAVEL WITHOUT TOUR GUIDE

Gw dan cumamih memang tipikal pasangan yang anti pake tour guide apalagi cumamih, doi tipikal orang yang bosenan jadi menurut cumamih pake tour itu sama aja capek – capekin badan dan juga gak bisa selow jadinya. Jadi untuk urusan traveling memang kitalah penentu itinerary nya. Tapi untuk beberapa daerah yang super anti mainstream dan punya kebijakan politik yang sedikit ketat cumamih akan pasrah untuk ikut travel agent (seperti : tibet)

Perjalanan apapun itu baik pada saat kami horneymoon danย  perjalanan lainnya memang semua menjadi urusan bapak – ibu bolang. Persiapan perjalanan membuat itinerary paling heboh adalah pada saat perjalanan ke Nepal kemarin. Setahun kami mempersiapkan semuanya baik rencana perjalanan, keuangan , mental dan fisik.

Lalu apa yang kami lakukan untuk menentukan perjalanan da membuat itinerary sendiri :

a. Blog Walking : Hal ini paling umum dilakukan oleh para bloggers. Apabila mereka tidak menulis rincian biaya atau pun jadwal perjalanannya di blog, langsung tanya langsung aja via email. Seperti perjalanan Nepal gw kemarin rasanya hampir hopeless cari reference orang indo yang udah pernah pergi ke Nepal untung ada Nevertstoptraveling (amank and friends) yang sangat amat membantu kami untuk tau rincian harga terbaru beberapa tempat di Nepal, tepatnya harga by kurs Indonesia..hahaha! Selain blog lokal gw juga search ke beberapa blog – blog international dan ternyata banyak banget sampe daerah tujuannya pun super antah berantah. Thank you to mbah google, everything is easier now ๐Ÿ™‚

b. Forum : Selain blog walking, masuk ke forum juga salah satu cara kami menentukan destinasi perjalanan. Mungkin kalau di Indonesia agak sedikit jarang orang – orang membahas perjalanan Nepal, tapi beruntunglah berkenalan dengan para expat diluar sana yang sungguh informative. Salah satunya adalah nepal sutra forum. Mereka yang sungguh membantu kami.

c. Trip advisor : Setelah blog walking dan forum walking, sekarang saatnya mencari penilaian dari orang – orang awam diluar sana. Dari trip advisor biasanya terlihat review (terutama kebenaran) akan tempat tersebut. Nah,kalau reviewnya bagus dan pasย  disitu kami sudah bisa melakukan keputusan, destinasi mana aja yang bakal di kunjungi.

d. Agoda : A trustworthy website to booked hotel. Selain emang harganya murah, ada reviewnya dan gambarnya (beberapa) tidak menipu. Tapi mungkin memang gw belom dapet sialnya kali yah, beberapa temen gw soalnya sempat mengalami beberapa kekecewaan dari agoda. But so far, gw puas melakukan transaksi via Agoda.

e.GPS : Only turn on your GPS while you get the Wi-Fi.Berhubung cuamamih emang jagoan untuk baca peta, jadi kita lumayan terbantu dengan adanya GPS ini. Seperti perjalanan road trip ke bromo, road trip bali sampai kemarin pergi ke Nepal pun cari letak tempat tujuan tersebut paket GPS atau peta. Setidaknya gak dikibulin amat lah kalau nanya warga setempat..hehehe! Biasanya pencarian tempat dengan GPS atau google maps dilakukan pada saat ada wifi lalu di screen cap deh. Seterunya mari melakukan petualangan…

Setelah step – step tersebut dilakukan, saatnya bikin powerpoint (bak mau presentasi ke client) lalu semua hasil research dijadikan satu biar enak liatnya..hehehe! Ini adalah salah satu travel findings yang kami lakukan selama satu tahun dan revisi berkali – kali .. hahaha!

IT PROGRESS

it progress 2

This is how planners works for traveling,semuanya isinya research ..hahaha!

And for those who asking the travel finding and itinerary Nepal langsung saja email ke exploreanewlife@gmail.com

Advertisements

6 thoughts on “TRAVELLING : HOW TO TRAVEL WITHOUT TOUR GUIDE

  1. halo mbak! salam kenal ๐Ÿ™‚ aku baru mulai baca nih blognya dan hehe setuju juga sama prinsip kalo-ga-terpaksa-ogah-pake-tour-guide ๐Ÿ™‚ hihihihi .. dan sama2 berasa beruntung juga nih punya suami yang bisa baca peta, kalo aku modalnya nanya orang aja kalo udah mentok hahaha ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s