How God’s Answer My Question ?

Biasalah..kalo gak galau gak perempewi namanya (baca: gak Tika namanya) ditambah beberapa minggu ini kangen banget sama almarhum Eyang Kakung.. Maklum dari gw SMP sampai SMA gw hidup nge-kos di rumah doi sampai akhirnya gw kuliah di KL , keluarlah daku dari rumah Eyang dan akhirnya pulang kembali ke Jakarta dengan keadaan Eyang Kakung meninggalkan kami semua. Pada saat itulah, hidup gw merasa gak ada panutan sama sekali, gak bakal ada orang wise yang bisa memberikan gw saran – saran , gak ada lagi curhatan..dan semua itu menjadi sedikit berat untuk gw menerima kenyataan bahwa Kakek gw tercinta udah gak ada lagi.Β  Yes, He’s my everything (maklum lah biasanya antara cucu ke kakek lebih deket daripada anak ke bapak.. namanya juga cucuk). Kedekatan kami berdua terlihat kalau gw lagi di apelin pacar (jaman belum sama cumamih) pasti doi jeleous..hahaha! Tapi ketika cumamih dateng, doi bisa cekak cekikin berduaan aja tuh, sedangkan cucu dan pacarnya dicuekin (rasis banget ya, mentang – mentang orang jawa langsung di appruv). Yes, all those memories.. rinduu sangat!

Setelah sholat Magrib dan berlinang air mata , gw beberes kamar. Karena memang beberapa hari ini jadwal padat bingit sampai – sampai gak sempet ngurus rumah..hehehehe! Tetiba gw menemukan sebuah buku yang ditulis oleh Eyang Kakung tercinta. Ya!Buku yang dibuat oleh beliau di Tahun 2009 , tepat setahun sebelum Beliau meninggalkan kami semua di dunia.

eyangs quote

Disaat gegalauan gak tau mau curhat sama siapa, yo kok ada aja gitu jalannya. Tiba – tiba menemukan buku tulisan dari Eyang pada saat beberes lemari yang isinya umbruk-umbrukan hahahaha. Buku seorang guru sejati yang sudah mengalami beberapa dekade kehidupan. Tulisan eyang menggambarkan seorang Eyang Kakung yang selalu sabar, ikhlas dan bersyukur..yakk itu eyang gw banget! Gak pernah gw denger Eyang mengeluh satu katapun disaat dia sakit ataupun susah.Disinilah dia berbagi pengalaman mengenai “Jalan Menuju Kebahagiaan”. Intinya cuma tiga sabar-ikhlas-pasrah.

Terkadang memang Tuhan gak pernah kasih kita jawaban nyata seperti isi pilihan di jawaban SPMB . Tuhan memberikan jawaban yang sebenarnya kamu sendiri bisa menjawab. Seperti salah satu nya adalah buku ini , buku yang memberikan gw penerangan sekaligus obat kangen sama Eyangkung. Buku yang membuat gw untuk selalu kuat dan bersyukur. Bersyukur dengan apa yang sudah gw dapatkan. Sesungguhnya apa yang gw dapatkan itu juga, bersifat sementara karena titipan Tuhan. Di bukunya, Eyang bilang bahwa “Semua itu titipan Tuhan, apabila kau mencintai yang kau punya sesungguhnya itu sepenuhnya milik Tuhan dan akan kembali pada-Nya”. Mungkin itu yang membuat hidup Eyang selalu ikhlas dan pasrah karena dia mengerti bahwa itu milik Tuhan.

Ya, sekarang kami lagi belajar untuk menjadi seorang yang lapang dada , menjadi orang yang legowo dan pasrah dengan jalan yang diberikan. Menjalankan hidup sekarang, meninggalkan yang telah berlalu and always keep moving on.

I miss you Grand Pop. May You Rest In Peace.

Thank God for answering my questions. Thank you to give me suchΒ  beautiful families. Thank you for everything.

Happy Weds **

Advertisements

4 thoughts on “How God’s Answer My Question ?

  1. sabar-ikhlas-pasrah ini belajarnya bisa seumur hidup ya Tik, paling enggak dirimu punya kenang-kenangan buku tulisan eyang, gw kalo kangen engkong gw cuma bisa mandangin fotonya yang gak banyak itu atau nonton ulang video kawinan gw.

    • iya mbak itu yang harus dipelajari biar hidupnya gak dangak ke atas terus..hehehe! (maklum yes, namanya juga manusia) alhamdulilah si eyang ini ternyata hobinya nulis dan suka share jadi terbitlah buku ini.. buku buat pengobat galau cucu2nya..hehehe πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s