Traveling : Diving Experience at Pulau Payung

Karena pada trip kali ini bu bolang ngga bisa ikut, maka gue ditugaskan lagi untuk ngasih report dengan deadline yang mepet (pergi liburan serasa supervisi event).

Trip kali ini sebenernya adalah untuk ujian diving (yeayy..akhirnya ujian setelah 2 tahun tertunda) yang dilaksanakan di pulau seribu tepatnya Pulau Payung selama 3 hari 2 malam.

Pulau Payung ini ditempuh hanya sekitar 1jam dengan menggunakan speed boat dari Marina Ancol, bagi yang mau pergi ke Pulau Seribu sangat disarankan menempuh rute Marina Ancol ini karena selain speed boat lebih cepat, nyaman, pakai ac, kita juga bisa parkir mobil menginap dsini tanpa takut mobilnya bau ikan seperti di Muara Angke.

Pulau Payung letaknya cukup dekat dengan Pulau Tidung (yang-sangat-amat-terkenal-sampai-karangnya-rusak-semua) sehingga tidak terlalu jauh dari Jakarta. Sebagian besar dari Pulau Payung adalah milik Pribadi sedangkan sebagian kecil lainnya terdapat penduduk yang rumahnya dapat kita sewa untuk homestay. Pulau Payung tidak terlalu besar dan jumlah penduduknya sedikit sekitar 52 keluarga sehingga cukup sepi dan sangat nyaman untuk beristirahat.

Divers Lodge (Villa milik empunya pulau, sayang tidak disewakan untuk umum)

Divers Lodge (Villa milik empunya pulau, sayang tidak disewakan untuk umum)

The Prasstyo Diving Vers

Pantai disekitar pulau payung bersih dengan pasir putih. Terdapat beberapa warung dipinggir dermaga dan kalau pagi kita bisa juga membeli ikan yang baru ditangkap oleh nelayan ditempat ini. TAPI..karena tujuan dari trip kali ini adalah untuk diving jadi saya tidak mencoba berenang di pantainya, namun konon ada yang bilang kalau berenang di pantainya hati-hati dengan Sting Ray (ikan pari).

Karena perjalanan kali ini benar-benar untuk diving jadi sesampainya dipulau, kami langsung bersiap-siap untuk diving disekitar pulau Pari. Kebetulan instruktur diving saya juga bekerja untuk departemen Lingkungan Hidupsehingga trip diving kali ini sekaligus eksplorasi kesehatan biota laut disekitar pulau Payung.

Long story short, selama 3hari tersebut kami melakukan 6 kali diving (2 kali sehari) disekitar pulau Payung dengan tujuan utama eksplorasi biota laut (untuk peserta lain) dan ujian diving (untuk gue). Hasil dari ekplorasi tersebut cukup menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan.

Mas Prass

Corals 1Kapal

Menyenangkan karena ini merupakan trip diving pertama dan perasaan senang akhirnya bisa diving, ketemu penyu, ketemu eel, ketemu Sting Ray, ketemu clown fish yang banyak orang bilang ikan Nemo! Please keep in mind kalau nama ikan itu adalah clown fish dan Nemo adalah nama film. Anyway we should thank that movie for introducing clown fish to everyone.

Mengkhawatirkan karena banyak terumbu karang yang rusak baik karena polusi maupun (dan terutama) karena terkena jangkar kapal yang membawa manusia-manusia yang senang ber-snorkel ria disekitar pulau. Bayangkan dalam satu spot snorkeling bisa terdapat +/- 15 kapal, masing-masing kapal bisa merusak 1 meter persegi terumbu karang dalam 1 kali berhenti /buang jangkar, berapa banyak terumbu karang yang rusak jika sehari mereka semua buang jangkar sebanyak 3 kali? Berapa banyak yang rusak dalam setahun? Dan berapa banyak biota laut yang hilang karena terumbu karang tempat mereka hidup rusak?

The point is (terutama untuk warga Jakarta) marilah kita jaga pantai kita, karena akan sangat menyenangkan kalau kita punya pantai yang bersih, jernih, dan kaya. Dan yang paling penting tidak jauh dari rumah.

 

* All Photo are taken with GoPro Hero3+; rent from Ms. Mita & Mr Setiawan

Please check ……for further inquiries or simply contact Mita +62-812-827918 http://www.kaskus.co.id/thread/532902b441cb1714128b46c7/sewa-go-pro-hero-3-jakarta 

dan untuk video – video divingnya bisa langsung aja dilihat di IG istri saya saja ya : @mrsprasstyo

 

Have a good day!

mr.prasstyo

Advertisements

2 thoughts on “Traveling : Diving Experience at Pulau Payung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s