Traveling : Surga di Ujung Kulon

Jadi ceritanya kepergian ke tempat ini adalah kepergian implusive…hahaha! Tetiba lagi kongkow di tempat tongkrongan baru (anak prokem bingit mainannya tong-krong-an) sekalian coba warung mie “Twin Noodles” di bilangan Cipete, Jaksel . Dimana empunya tempat ini salah satu dari kami si anak – anak bolang. Jadi ya sutralah yah dijadikan basecamp sekaligus tempat penyusunan rencana membolang – buana kami semua.

Nah, setelah selesai acara buka puasa bersama di Twin Noodles akhirnya tercetus lah rencana libur lebaran. Aselik, tadinya sih kita sama sekali hanya mau membicarakan rencana traveling buat tahun depan. Saking implusive nya , kenapa bisa tiba – tiba ada rencanya liburan lebaran??? (ya beginilah keluarga kami….)

Setelah direncakana dan ditentukan tanggalnya akhirnya kami memutuskan untuk bepergian ke Ujung Kulon pada lebaran hari ke-3. Sebenarnya rencana pergi ke Ujung Kulon ini sudah ada dari bulan April , tetapi villa yang kita taksir ini selalu full booked di setiap kali weekend.

Honje Ecolodge adalah nama villa yang gw taksir dari tahun lalu,letaknya di daerah Sumur di dalam area Ujung Kulon. Lupa tau villa ini dari mana, yang jelas hasil kepo dari google dan beberapa hashtag instagram orang – orang..hahaha! Villa yang bentuk interiornya “keluarga gw banget” adalah salah satu alasan, kenapa kita ngotot banget kesini. Rencana dari tahun baru kemarin sampai akhirnya baru lebaran kali ini bisa kesampaian ke tempat ini.

Day 1 , 30 July 2014

Mungkin karena hari ini adalah hari lebaran ke-3 dimana seperti biasanya, beberapa orang akan memenuhi tempat wisata di daerah sekitar. Nah, pas lah kita juga ikut macet di beberapa tempat yang Hitz dengan daerah wisata. Sebelumnya,si cumamih memang udah pernah ke daerah ini, tapi keadaan sangat berbeda. Dulu doi kesini buat kemping, sedangkan sekarang buat leyeh – leyeh di villa cakeub di Honje sambil membawa Bubol dan anak – anak bolangnya. After 8 hour of the bumpy road and had long journey, Finally We found the heaven on earth and I am falling in love with this place..

Honje Ecolodge Honje Rumah Merah Honje Rumah Merah 1

Bercerita sedikit tentang Honje Ecolodge . Tempat ini benar – benar selalu full booked setiap weekend, jadi saran dari gw kalau mau kesini di weekend atau liburan nasional pesan 2 bulan sebelumnya. Honje Ecolodge hanya provide 2 macam villa. Rumah Biru yang bisa menampung sekitar 6 orang dengan 2 kamar, dan Rumah Merah yang bisa menampung sekitar 10 orang dengan 3 kamar di dalamnya. Untuk makanan, juga bisa minta disiapkan oleh pihak Honje, jadi gak usah khawatir repot – repot mikir masak apa kita .Yang gw suka dari tempat ini  adalah Honje Ecolodge benar – benar homey dan dekat bangat sama pantai (walau sempat ada  beberapa alays main motor kebut2an di pinggir pantai situ yah, tapi yasudahlah.. they also wanna have fun kan).

Another day…

Day 2, 31 July 2014

Karena keasikan leyeh – leyeh dan memang kemarin sampenya sudah terlalu sore akhirnya hari ini bangun agak siang dan baru menjelajahi pulau di jam 2 siang. Rencananya memang dari jam 2 siang sampai sekitar jam 5 kita leyeh – leyeh di Pulau Mangir dan sunsetan disana. Tapi sebelum jam 2 siang, gak mau rugi .. kita main di sekitar Pantai Honje yang ciamik punya. Airnya gak begitu biru karena pasirnya yang agak sedikit coklat, tapi enaknya gak banyak karang .. jadi bisa berenang – renang sesuka hati. Plus ombaknya yang gak terlalu besar asik dibuat main kayak dan juga body board dan gw cukup addict untuk main kayak disini..

Nah ini, foto kayak bersama bapak bolang..kalau gak karena paksaan kayanya gw gak bakal addict sama mainan seperti ini deh..hahaha (thank you bapak bolang, istrinya emang harus super dipaksa dulu ..baru berani..hhahaha)

Mukaku bulat sempurna :) (post ketupat effect)

Mukaku bulat sempurna 🙂 (post ketupat effect)

Bubols kayaking

Nah siang harinya sekitar jam 2 – 3an kita memulai untuk menyebrang ke Pulau Mangir. Sebuah pulau yang letaknya sekitar 1,8km – 3,2 km dari Honje. Kalau dilihat dari Pantai Honje sih deket – deket aja eh tapi tenyata jauh jugee yawhh… mana di si bapak bolang pake adegan kayak nyebrang ke Pulau Mangir.. Sungguh kekuatan suamii gw melebihi hulk (baca : gak abis – abis). Pulau ini adalah Pulau Tak berpenghuni, untuk view gak kalah sama pemandangan di Ambon dan Flores (denial beutt..) ada pantai ada gungung ..BEST .. It’s a heaven on earth.. tapi sayang disini jarang ikan bagus (mungkin itu yang bikin beda sama laut di timur Indonesia kali yah) , banyak udang dan juga plankton – plankton kecil yang kalo nyengat lumayan bikin gatel (tapi kuncinya di pipisin aja , abis itu juga udah normal *jorokmodeon*).

IMG_5280 IMG_5273

Our own private beach

Adegan Suami Kayak Nyebrang Pulau

Istri dan anak anak bolang pulau naik perahu ..hohohoho 😛

Menikmati sunset di Pantai Honje adalah best moment pada hari itu, karena letaknya yag pas banget buat sunsetan.. Oh i really in love with this place. Homey dan kebersamaan banget, pas buat moment escaping sementara bersama keluarga – keluarga bolang ini.

Day 3, 1st August 2014

Hari terakhir kita berada disini. Rasanya gak mau pulang, gak mau back to reality (maunya liburan muluk..) tapi demi another traveling lagi yang which is akhir bulan ini bakal traveling ke pantai lagi (meni hideung pisan) jadi saatnya cari doku lagi.

Sebelum pulang, masih aja sempet – sempetnya si Ibu bolang dan anak – anaknya ini skinny deep di pantai honje. Tetep main air dan kayak..hahahaa! Jangan heran, kalau ketemu gw bentukannya kaya dodol… Tanning sisss..

IMG_5390 IMG_5391

IMG_5255Ujung kulon gak hanya cuma badak , tapi ternyata punya pantai yang emang sekece itu. Sebenaranya masih ada beberapa pulau bagus juga disekitar sini. Pulau handeulem (kalau mau jalan – jalan / sight seeing ke Mangrove), Pulau Badul dan Pulau Peucang yang pasir pantainya putih gak kalah dengan Pantai Honje dan Pulau Mangir. Tapi, untuk ke pulau Handeleum, Badul dan Peucang butuh waktu sekitar 1 harian untuk bisa main – main disana dan untuk sewa kapalnya butuh biaya sekitar IDR 3jt untuk charter the whole boat in one day.

Senang rasanya bisa mampir ke daerah ini, walau gak terlalu banyak explore karena bawa anak – anak bolang yang super bawel, ribet , lawak tapi aku sayang. Alhamdulillah juga The Prasstyo berhasil mengumpulkan beberapa titipan dari teman – teman yaitu baju dan buku yang masih layak pakai untuk disumbangkan ke warga Honje dan sekitarnya.

Thank you to all my fellow friends who already contributed in TRAMAL (traveling amal). Those things already distributed for The Honje Peeps . They are really happy :)

Thank you to all my fellow friends who already contributed in TRAMAL (traveling amal). Those things already distributed for The Honje Peeps . They are really happy 🙂

See you in September Adventure..