Doci The Explorer Pergi Ke Hutan #campingwithdogs

Pasti kalau yang follow Instagram ogut walau tidak pernah ketemu, tapi mengenal binatang peliharaan berkaki empat ber hashtag #docitheexplorer dengan baik. Doci yang tiba – tiba udah ABG aja, di tanggal 11 September kemarin tepat berulang tahun ke-1 (di dunia). Pokoknya bulan Agustus – September itu bulan2 bokek deh, banyak banget perayaannya..hahaha! Tidak terasa doci yang kami adopsi dari anjing – anjing sepupu kami berdua udah sebesar ini . Mungkin agak lebai, tapi buat gw doci bisa dibilang udah kaya Sahabat yang bener – bener bisa diajak curhat (walau ku yakin dia gak bakal faham gw ngomong apa…ahahah). Yang jelas Doci sudah mengisi keseharian rumah kecil ini penuh keceriaan. Doci yang nantinya akan menjadi saksi bisu susah dan senang The Prasstyo.

Perjalanan Doci selama 1 tahun kami pelihara dan sayangi dan sudah kami anggap seperti anak sendiri ini tentunya tidak terlepas dari drama – drama yang ada. Dari jaman puppy kita mesti sabar melatih potty training, ninggalin dirumah sendirian sampai akhirnya sekarang sudah beranjak dewasa dan mandiri. Semua berkat bapak bolang yang mendidik doci secara displin dan militer.

Happy Ribs Day Docico

Doci si anjing campuran ini, memang sudah di treat dari kecil sebagai anjing bolang. Dari dulu kita selalu bawa dia kemana – mana pakai mobil (road trip). Dimulai dari yang deket kaya Bintaro – BSD , terus agak lebih jauh lagi nemenin eboo meeting BSD – Kemang dan sampai kemarin kami berdua menguji coba Doci untuk roadtrip ke tempat yang lebih jauh lagi..hahaha! Waktu dulu masih puppy emang pernah dia mabok muntah dimobil pas mau vaksin ke dokter, tapi karena kita sering treat dia naik mobil akhirnya sekarang ketika pintu mobil dia udah bisa naik mobil sendiri (pemadat jalan – jalan cui…)

Sampai akhirnya, berawal keisengan.. Pak Bolang pun akhirnya mengusulkan camping dengan membawa Doci. Tanpa ada rasa parno atau apapun, Gw pun setuju dan seiman dengan ide cumamih. Akhirnya, dengan tanpa persiapan apapun dan ala kedernya hahaha..Sabtu kemarin pun Saya, Pak Bolang dan Doci pergi Camping ke Cidahu , Sukabumi, Taman Nasional Gunung Salak.

Berangkat super pagi dari BSD sekitar jam 5.30 karena ngejar supaya gak macet di keluar tol ciawi.. Namanya juga hari Sabtu, dan gak ada istilah tanggal tua di Jakarta, jalanan jam segitu juga udah ramai bowk. Sampai akhirnya sekitar jam 7.30 kami sampai di Sukabumi dan macet karena ada perbaikan jalan. Gimana keadaan docico? Selama perjalanan lancar, dia tertidur pulas (suwer gak gw kokopin obat tidur guys) tapi pada saat macet doi mulai cranky ngomel – ngomell (ini anjing apa sikkk sebenernya). Sempat agak nyasar gara2 sotoynya waze, tapi alhamdulillah sekitar 10.30 kami sampai di tempat tujuan dan mulai memasang perlengkapan camping… Asellikkk ber3an doang? Aseliiiiikkkk !

IMG_2264 IMG_2265 IMG_2271

Kita sengaja dateng pagi, karena emang takut gak dapet space. Pengalaman di Ranca Upas, tempatnya padet banget.. kalo gak siapa cepat dia dapat, ya gak dapat spot bagus. Eh ternyata tempat ini beda banget, mungkin karena konsepnya national park jadi super geddaaaa sehingga yaudah spot nya sebanyak itu dan tipikal pengunjung yang kemping disinipun baru datang pada saat malam gitu. Tadinya sempet deg2an karena sepiikk banget di hutan belantara gini, eh ternyata makin lama makin rame.

Setelah beberes, makan siang dan sempat tidurr dan docipun bobok di kandangnya akhirnya kita mulai aktifitas dengan trekking ke air terjun. Gak begitu jauh dari camp site kita, jaraknya cuma 300 meter. Tapi tangganya buanyak banget bowk.. dan secara udah lama gak bolang gini, ya ngosh – ngoshan deh.. dan Doci.. seneng2 aja.. malah makin explore.

IMG_2279 IMG_2311 IMG_2309 IMG_2295

Agak sedih sih melihat air terjunnya kering kerontang gini, but well tetap hutan yang penuh dengan alam dan hawa – hawa mistis sampai akhirnya doci gak mau melanjutkan perjalanan lagi ntah kenapa dan minta puter haluan balik ke camp site..hahaha!

Di Jakarta gak hujan – hujan, sore 2 disana gerimis mengundang aja dong.. dan berhubung bawa kandang doci tapi gak bawa penutup jadi doci harus di jadikan satu kedalam tenda kami.

Muka baru bobok beberapa jam *zombie*

Kalau camping itu emang hidupnya down tempo banget, laammaaa sekali berjalan ya ujung2nya cuma tidur makan masak tidur baca buku trekking. Sampai akhirnya gerimis sudah mulai mereda kita keluar lagi untuk bersiap2 menyajikan makan malam.

Malam , makin kerasa dinginnya tapi memang gak sedingin di ranca upas yang konon kemarin katanya sampai menyentuh 5 derajat. Walau gak dingin tetep aja ogut kerukupan dari ujung kepala sampe ujung kaki.. dasar anak tropis! begitupun doci, ikut kedinginan.. hahahaha! Anjing tropisss..

Eboo dan hasil karyanya @shocks_id

Karena badan terlampau jompo, dan adanya tanda – tanda mau hujan jadi Eboo, Papak dan Doci masuk tenda siap2 untuk bobo. Jarang – jarang doci tidur bareng sama orang. Karena jarang bahkan tidak pernah dia lebih memilih untuk tidur di tempat tidurnya dia sendiri..hahaha! Didikan pak bolang emang gak pernah salah nih.. hasilnya top cer ginih.

Satu malam dan satu hari sudah kami habiskan waktu akhir pekan kami di gunung. Membawa doci ke alam bebas adalah sebuah pengalaman yang sungguh luar biasa. Melihat Attitudenya yang juga sudah (kalo kata orang bener) Well Manner juga membuat kami bangga, sudah bisa bawa dia tanpa banyak cingcong dan drama.

Doci yang kami ambil satu tahun yang lalu, kami adopsi dengan niat memilihara bukan sebagai “pancingan”. Doci adalah saksi suka duka The Prasstyo dengan rumah kecilnya #smallspacesidea_id yang awalnya dari tidak apa2 , sampai sekarang isinya (ke)penuh(an) *alhamdulillah*. Kami bahkan yang dulunya clueless Doci akan seperti apa , karena namanya puppy semua lucu… tapi dari Doci lah mungkin kami berlatih untuk nantinya bisa sabar merawat , mendidik adik doci yang masih disurga menunggu panggilan Tuhan untuk turun kedunia di titipkan ke Eboo dan Papak. Terimakasih Doci untuk setiap hari dengan Eboo dan Papak, terimakasih untuk selalu sabar menunggu adik dan selalu mau mendengarkan curhatan Eboo tentang adik. Semua sayang doci si anjing pintar dan si petualang.

Doci bobok sepanjang perjalan pulang ke BSD. Gak ada macet, dia tertidur pulas.’

Mungkin ini bisa menjadi tips kalian untuk yang mau banget travel sama doggienya.

1. Pastikan bahwa doggie kamu sudah terbiasa menggunakan mobil. Coba dari jarak2 nya dekat saja dulu.
  2. Bawa semua peralatan yang membuat nyaman. Karena gw membawa tempat tidur protable, kandang sampai selimut favoritenya.
  3. Sediakan mainan agar tidak bosan
  4. Pastikan jangan terlepas dari tali.. Hutan bowk, kalau ilang sih nangis darah.
  5. Berhubung doci pemakan rawfood jadi kemarin gw bawa coolbox beserta dengan isi amunisi makanan doci, yaitu rawfoodnya. But incase perjalanan lebih lama (seharian) gw sih kayanya bawa dogfood kering aja sih. Atau ya beli rawfood di tempat sekitar aja. Toh malah rawfood lebh gak susah dibanding dog food kering merek-an.
  6. Jangan pernah memaksakan anjing mu untuk ikut nyaman dengan kamu, ataupun sebaliknya. Kalau emang gak biasa diajak jalan – jalan road trip mending gak usah daripada ngerepotin… hahahaha! Buat kita dan dia nyaman, karena so far doci sangat nyaman dengan ritme kehidupan keluarga bolang ini.. hahaha.
Sampai bertemu di Petualangan berikutnya :)

Sampai bertemu di Petualangan berikutnya πŸ™‚

Advertisements

6 thoughts on “Doci The Explorer Pergi Ke Hutan #campingwithdogs

• ayooo dong tante tere… doci juga pengen punya temen nihhh…dari kecil diajarin gak gonggong bisa kok tante…kaya doci cuma gongong klo ada tamu doang gak usah beli bel di ace hardware udah ada bell alami terkhusus buat maling hahahaha