Counting The Days to #SAPATHEMARKET

Berawal dari sebuah keisengan , Sabtu Santai yang kami ( #ARTIKSproduction) buat dengan sesantai itu dan se enjoy itu pada tahun lalu akhirnya memiliki minat yang suangat amat tinggi. Tawaran di beberapa tempat bahkan daerah diluar Jakarta juga sudah mulai berdatangan. Anak kesayangan, bisnis lini dari kantor (kantor bangett.. isinya aja cuma ber 2 , ber 3 , ber 4 kalo lagi pada nongkrong) #artiksproduction ini alhamduillah sepertinya menjadi zat adiktif untuk warga masyarakat Jakarta Selatan. Sampai akhirnya, lately sekarang kami bingung cari lapak outdoor untuk tetap mempertahankan Sabtu Santai dengan idealisme nya.

Sampai suatu hari , #artiksproduction diminta untuk membuatkan sebuah market yang tadinya dipaksa untuk menggunakan nama Sabtu Santai. Namun , saya dan partner tidak habis ide untuk membuat sebuah market yang unik , yang pastinya juga nantinya demandnya akan banyak dinanti dan banyak diminati.

Melalui Sabtu Santai, saya banyak mengamati beberapa pola perilaku penjual dan pembeli. Berbeda dengan market dan bazaar lainnya, saya membuat sebuah intimitasi yang bikin kita jadi seperti Keluarga. Prinsip saya bukan hanya sekedar “one night stand”Β  (read : sekali dan lupa) tapi juga mencoba untuk bersilahturahmi dengan mereka . Mengajak mereka ke dalam beberapa aktivitivas acara yang #artiksproduction buat. Dari hati saya yang paling dalam pun, acara yang selalu saya buat adalah tujuannya ikut support teman – teman dari brand lokal untuk maju. Makanya sedih banget kalau tau salah satu tenant kami ada yang lagi off atau sudah tidak melanjutkan bisnisnya lagi pada saat kami tawarkan market / bazaar dari #artiksproduction 😦 tetapi senang rasanya kalau beberapa tenant sukses apalagi merambah karirnya bareng2 dengan kami πŸ™‚

Singkat cerita , kami buatlah #SAPATHEMARKET .. Sang adik dari Sabtu Santai yang beberapa hariΒ lagi akan lahir. Sembari mencari lapak outdoor buat kakanya , si adik dibuat oleh kedua ibunya dari #artiksproduction untuk menemani ke-kece-an sang kaka. Kami membuat #SAPATHEMARKET dalam 3 hari , dimana kami lihat banyak permintaan dari Sabtu Santai untuk diperpenjang waktunya (tapi ya balik lagi bowk, namanya juga sabtu.. kalii deh dibuat jadi jumat dan minggu.. meni kudu konsisten atuhh.. no labilath) . Dalam #SAPATHEMARKET ini kami juga membawa konsep intim antara penjual dan pembeli dimana mereka bisa saling mengenal produk , saling tahu informasi mengenai proses yang dikerjakan oleh para pengerajin / pengusaha , sehingga ada rasa menghargai satu sama lain (ini yang menjadi Indikator keberhasilan dalam #sapathemarket.. hahahaha!). Nama dari #SAPATHEMARKET itu sendiri saya ambil dari sebuah tempat yang sudah sejuta tahun saya impi2kan untuk kesana tapi pending terus. Ya, Sa Pa highland.. sebuah daerah di Vietnam utara selain memiliki alam yang indah tetapi budaya yang luar biasa. Mereka juga memiliki market yang hanya ada setiap weekend . Judulnya memang kasih tak sampai, tapi sebentar lagi saya akan membuat #SAPATHEMARKET versi saya dan tim. Selain diambil dari sebuah tempat idaman saya , saya juga mengartikan Sa Pa dalam bahasa Indonesia yaitu “Menyapa” . Lately, karena orang terlalu sibuk dengan technology kita terlalu ansos , maupun sibuk sendiri dengan gadget sehingga suka lupa jadi ramah dan lama kelamaan sudah luntur budaya manis kita sebaga orang Indonesia ini . Di acara #SAPATHEMARKET kita wajib untuk ramah tamah dengan siapapun. Sok kenal disini dimaklumi .. Intinya acara ini masih satu iman sama kakanya Sabtu Santai . Yang lahir dari kegemaran traveling , kegemeran cari barang etnik serta kegemaran Β mengulik budaya .

Brand – brand yang akan kami bawa dalam Β #SAPATHEMARKET sudah kami kurasi terlebih dahulu. Mereka yang pastinya memiliki keunikan serta orginal ethnik dalam produknya. Diantaranya adalah :

Biar gak bosen, cuma itu – itu ajahh acaranya .. Setiap hari dalam #SAPATHEMARKET juga diisi oleh kegiatan yang fun diantaranya adalah:

Fri, 3 June 2016
Nostalgia Friday 80’s & 90’s music live set special promo buy1get1 all cocktails and beer.

(enak daten abis pulang kantor nih)

Sat & Sun , 4&5 June 2016
Book donation get 1 free drawing by @lemaribukubuku
Henna Tattoo by @jakartahennacommunity

Satu aktifitas yang menarik di #SAPATHEMARKET adalah kegiatan donasi buku yang asik. Sudah hura – hura dalam beberlanja saatnya membersihkannya dengan amal. Amal yang sangat mudah, mendonasikan sebagian buku yang masih layak sudah di baca berkali – kali kepada teman – teman yang sudah berbaik hati menjadi wadah yaitu itu @lemaribukubuku. Selain dapat pahal, setiap sumbangan buku juga akan mendapatakan 1 Free Hand Draw .. seruu banget kan buat pajangan rumah unyu – unyu.

Selalu seru untuk buat acara seperti ini , dan pastinya selalu seru juga untuk berbagi pengalaman serta ide dengan teman – teman yang lagi sama – sama meniti karir dalam dunia start upnya. Udah ya, gak usah terlalu banyak cingcong.. Ditunggu ya buibu kehadirannya di #SAPATHEMARKET , 3 – 5 JUNI 2016. Psst, saya dan tim juga akan dekor2 kecil ala carnival di Brazil lohh.. udah siap play list nya samba – sama gimana gitu buat nikmati asikk hari – hari menyapa… Yuhuuuwwhh!

Advertisements

2 thoughts on “Counting The Days to #SAPATHEMARKET

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s