PCO’S diet menu & Treatment

Ya namanya juga ikhtiar yah.. apa aja juga dicoba. Kebetulan off (lagi) untuk masalah per-kedokteran.. Padahal sebenernya kangen juga sama dokter gw (hah? gimana mksdnya). Ya kangen diberikan nasehat – nasehat positive gitu , biar makin semangat…hahaha! #bisaajalu

Jadi untuk saat ini treatment yang dilalui adalah treatment sotoy . Apa itu treatment sotoy? treatment dengan mengkombinasikan dua informasi analisa dari dokter plus informasi dari mbah google. Berhubung mental belum siap – siap amat untukmenghadapi suntikan – suntikan hormon jadi kali ini kita coba menggunakan ilmu – ilmu alami.

PCOS kepanjangan dari Polycystic Ovary Syndrome , sebuah gangguan keseimbangan hormonal pada wanita. Bisa dilihat dari haid yang tidak teratur , jumlah telur yang tidak seimbang , terlihat dari biasanya banyak bulu – bulu numbuh gak normal dikarenakan biasanya penderita PCO mempunyai kadar hormon androgen yang dihasilkan terlalu banyak (read more about PCO).  Kebetulan yang gw alami ini adalah PCO ringan (gitu kalau kalau kata dokter Nando). Haid gw bisa dibilang memiliki siklus yang teratur (28 – 30 hari) namun kendala yang dialami gw setelah di cek oleh dua dokter (Prof Jacob dengan mikrokuretesenya dan dr.Nando dengan cek telur melalui usg transvaginal setiap bulannya) sel telur unyu – unyu gw gak jelas waktu kematangan. Bisa dibilang sel telur gw ini sangat moody bisa kadang – kadang besar (kalau lagi mau travel jalan – jalan) , bisa juga kecil (kalau lagi tanggal tua…hahaha) sehingga kemarin disarankan lah gw dan suami untuk melakukan inseminasi buatan (yang april lalu hasilnya masih gagal..more story)

Tidak pantang mundur , dan lebih selaww aja usahanya akhirnya gw memutuskan untuk cara alami untuk mengatasi masalah PCO. Sebelumnya memang dokter Nando menyarankan gw untuk sangat giat berolahraga , serta mengkonsumsi makanan bergizi. Walau mamak ogut sempat salah kaprah dikira anaknya busung lapar , setelah melalui research yang dimaksud bergizi adalah makanan – makanan yang bisa menjadi booster untuk para teluritahhh agar mereka subur sempurna BUKAN YANG BIKIN BADAN GEMBROT kaya gembot ya pemirsah…. #ingat!

Melalui research sana – sini , beginilah kira – kira kesimpulan untuk menentukan menu – menu untuk penderita PCO :

1. Hindari makanan yang mengandung gula-gula buatan yang bisa menyebabkan peningkatan kadar insulin. Seperti : gula halus, permen, kue-kue manis, soft drink dan minuman-minuman yang manis lainnya.

2. Ganti nasi putih dengan beras merah yang memiliki indeks glikemik rendah.

3. Konsumsi ikan-ikan segar yang banyak mengandung Omega-3, seperti contohnya ikan Salmon yang kaya akan Omega-3.Asam lemak Omega-3 terbukti mampu menurunkan kadar hormon testosteron (hormon laki-laki), sehingga membantu kinerja ovarium dalam mematangkan sel telur.

4. Putih Telur Ayam Kampung. Selain tinggi protein, putih telur juga bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kualitas sel telur. Dari hasil riset Dr. Sidika E.Kasim-Karakas, MD, pakar endokrinologi dari UC Davis Medical Center ENS, Sacramento, California, AS, membuktikan bahwa diet dengan menu makanan berprotein tinggi dapat membantu mempertahankan kadar hormon, sehingga siklus haid menjadi lebih teratur dan bisa meningkatkan kesuburan. Makanan tinggi protein seperti telur, ikan, daging, tempe, dan tahu biasanya mengandung karbohidrat rendah, yang membuat kadar gula menjadi normal dan menurunkan jumlah insulin yang dihasilkan pankreas. Kadar insulin yang rendah akan menurunkan kadar hormon androgen yang diproduksi ovarium. Artinya, sel-sel telur di dalam ovarium berkesempatan untuk matang, yang memungkinkan terjadinya kehamilan.

5. Kurangi kacang-kacangan, termasuk Susu Soya. Kedelai yang dikonsumsi dalam dosis tinggi bisa memperpanjang siklus menstruasi, menurunkan FSH (Follicle-Stimulating Hormone) dan LH (Leutinizing Hormone). Namun tidak perlu khawatir karena hal ini akan timbul hanya jika kedelai dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun begitu, disebagian negara, susu soya sangat dianjurkan untuk orang-orang yang sedang dalam penanganan kesuburan. Ini dimaksudkan untuk menekan perkembangan sel telur yang berlebihan, atau OHSS (Ovarium Hyper Stimulating Syndrome), dan untuk membantu mengurangi produksi gas di perut yang berlebihan saat menjalani terapi induksi ovarium.

6. Umbi-umbian, seperti ubi jalar, kentang, wortel, lobak dan jenis umbi lainnya mempunyai kandungan vitamin A, E, dan C, juga kandungan beta-karoten yang bagus sebagai antioksidan. Dan kandungan phytoestrogen dan progesteron pada ubi jalar dapat membantu ovarium mampu memproduksi sel telur matang.

7. Suplemen DHEA.DHEA (dehydroepiandrosteron) bisa dikategorikan ‘hormon awet muda’ ,bahkan dikalangan gerontology dikenal sebagai ‘ibu dari segala hormon’ ini adalah hormon yang sebenarnya sudah dimiliki setiap orang. Hormon ini berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan hormon-hormon yang lain. Tapi seiring bertambahnya usia, hormon ini lambat-laun akan mengalami penurunan, sehingga untuk mempertahankan agar hormon ini tetap stabil, diperlukan penunjang dalam bentuk suplemen. Suplemen untuk DHEA berfungsi sebagai antioksidan, dan menjaga kesehatan organ tubuh seperti kulit, otak, mata, tulang, dll. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan gairah sex (libido).(TIDAK dianjurkan dikonsumsi pria atau wanita dibawah 40th dan penderita pembesaran/kanker prostat).

Dari hasil informasi diatas akhirnya sudah sekitar dua minggu ini , gw mulai berkreasi membuat menu masakan berdasarkan saran diatas.

Every Morning Ritual Breakfast :

13606925_10153883967037169_4654388879970049540_n

Menu setiap pagi wajib ada si telur ayam kampung . Bisa matang atau 3/4 matang (tergantung selera). Biar gak bosan biasanya gw tambahin lagi dengan fresh salad (hidroponik / organik) , susu prenagen essensis , roti gandum / multi grained yang bebas pengawet. 

Dinner / Lunch :

13697285_10153854160622169_1805223864142017675_n

Baby Potato sebagai peganti nasi putih , Grilled Pan Salmon (receipe here) , Wortel atau buncis sebagai asupan Vitamin nya. Salmon di lotte mart kemang selalu sale kalau malam buibu , bukan karena udah mau basi tapi they want to keep all the product fresh jadi seperti sistem di jepang , kalau sudah malam langsung sale habisss…. silahkan berburu di lotte kemang la codefin atau di papaya supermarket jepang yang ada di melawai dan terogong. 

13782066_10153872349117169_846455898077392250_n

Another creation adalah Pan Fried Dory . Ikan itu punya nutrisi yang sangat  banyak selain pastinya lebih mursida dari daging ya booeboo. The best way to saving the money adalah mengkonsumsi ikan sekaligus ikut pro dengan kampanye Ibu Mentri Susi . Gw pilih dory fillet, selain less duri , less rempong untuk masaknya. Please ignore the dressing , itu milik pak bolang yang anaknya sungguh lemakan . Disarankan untuk dressing hanya gunakan lime saja, udah nikmat kok 🙂 . Receipe here 

13920869_10153881545422169_8578821305598463175_n

Nah kalau ini adalah Grilled Chicken . Untuk ayamnya belinya yang probiotik yah karena kalau yang boiler sama aja dong bowkk, banyak suntikan – suntikan hormon jadi rusyak lagi program kitah. Recipe here

Semua bahan – bahan diatas menggunakan bahas dasar olive oil , lemon , himalayan salt, madu asli (bukan madu beli di supermarket) untuk dressing salad , sayur – sayuran organik  . Kenapa kok bahan – bahannya mahal semua? karena sehat itu mahal . Penggunaan olive oil dan himalayan salt juga nantinya gak akan begitu banyak digunakan , beli sekali bisa untuk sebulan karena basically makanan – makanan bule seperti ini gak butuh banyak perasa jadi hanya dibutuhkan secukupnya.

Diet PCO itu sendiri adalah sebagian dari clean eating means dengan melakukan diet PCO tandanya kita gak jajan diluar dan terhindar dari makanan – makanan yang kotor . Pastinya gak gampang untuk menghindari godaan si linsay lonsay (alias lontong sayur), tukang bubur naik haji atau ketoprak humoraaa dalam menjalani treatment ini… Kalau kalian kantoran kalian bisa ikutan program clean eating dari burgreens dimana programnya juga hampir sama dengan yang dianjurkan dari PCO diet bedanya mereka gak sama sekali pakai daging atau ikan, They are pure veggie. But I have tried so many times, veggies menu mereka enaakkk banget… gak kerasa makan sayur2an bowk.. Bisa check langsung di Instagram @burgreens kalau mau tau info lebih lanjutnya.

Last but not least,  adalah olahraga. Olahraga memang sulit  untuk dilakukan pertama kali. Begitupun dengan diri gw , dari mulai super mager akhirnya setelah merasa badan di suntak – suntik obat hormones gak karuan , akhirnya tersadar bahwa gw bisa bebas dari belenggu kimia dengan detoks alami olahraga. Selain itu juga bisa built up mental gw untuk semangat terus. Karena basically semua olah raga membuat lo untuk break your limit.  Mau itu dari lari , yoga , conditioning , semuaaanyaa membuat lo untuk mempunya pikiran “elo pasti bisa” … Itu yang gw rasakan lately.

Sekarang setiap minggu , gw melakukan Yoga kebetulan di gym adik ipar gw (Moenson Centre) kelas Yoga aktif kembali dan Yoga kali ini benar – benar membuat spirit lo untuk “break your limit” , dari yang sepertinya gw gak bisa sampai akhirnya bisa juga melakukan head stand walau masih dibantu.. hahaha! Kelas yoga disini juga bukan kelas yoga meditasi , disini lebih ke flowing yoga .. jadi lebih fun dan gak bosen untuk beberapa gerakannya. Selain Yoga, gw juga didukung oleh lifetime partner gw  untuk melakukan conditioning dan  boot camp. Olahraga ini seru banget, karena basically kita bisa melakukannya berdua. Kali ini lebih ke arah “competitive” kalau suami gw bisa , gw juga harus bisa..

13680876_10153845087282169_1143983252177364244_n

Kurang lebih kaya gini kegiatan sabtu kita kalau lagi libur dan  gak ada acara.  Selain hoby travel, hoby kita gak mau kalah bisa tersalurkan di olahraga. hehehehe.. Mau tau untuk conditioning seperti apa , watch more!

Yang gw lakukan sekarang bukan hanya untuk menangani PCO tapi gw juga mau sehat bugar serta normal sama seperti wanita – wanita lainnya yang gak punya masalah dengan #infertility . Karena basically gw bukan penderita PCO aja , problem lainnya masih ada si antibodi asam tinggi..hahaha! Jadi it’s not that simple kalau tujuan hidup gw memikirkan kerempongan masalah PCO dan masalah fertilitas..hahaha.

Hasil selama 1 bulan melakukan olah raga rutin dan PCO diet adalah badan gw jelas lebih enteng kaya perangko terbang . Biasanya setiap gw mau haid selalu timbul jerawat gengges, sekarang dengan menerapkan treatment ini bisa dibilang gak ada jerawat yang mampir pada saat pms . Semoga kedepannya banyak hal – hal positive yang bisa dirasakan dengan menjalankan healthy lifestyle.. karena memang tujuan gw selain memerangi PCO gw mau hidup gw lebih sehat dan lebih happy.

Treatment ini pastinya bukan sebuah treatment yang langsung nyata hasilnya. Namanya juga alami jadi butuh proses . Gw tidak menyarankan untuk kalian yang tidak  sabar dan mau cepat nampak hasilnya  untuk melakukan PCO natural treatment. Gw juga menyarankan untuk kalian berkonsultasi bersama dokter .. karena ini adalah hanya informasi umum dan sharing semata untuk permasalahan yang gw alami.

Jangan lupa juga untuk menyadarkan diri bahwa semua kehendak Tuhan, jadi apapun yang kita jalani harus dijalani dengan Que Sera – Sera.. karena yang paling berharga adalah kesehatan kita sendiri. Apapun hasilnya dari Tuhan, itulah yang terbaik untuk kita.

Have a good day .

Xoxo,

@mrsprasstyo

Advertisements

4 thoughts on “PCO’S diet menu & Treatment

  1. Aku malah gagal fokus liat Harry Potter di foto makanan atas 😆😆
    Ayuk semangat hidup sehat.
    Ini PR buatku juga sih kalo soal olahraga, mager banget. Udah niat pengen lari pagi, tapi bantal guling lebih enak buat dipeluk 😆😆😆

  2. ahhh keren banget sih dirimu mbaaaa….aku dr dulu niat hidup sehat tapi angot-angotan, yang masih suka craving makanan enak dan males olahraga 😦

    • Hello dita.. aku lupa menuliskan bahwa kalau weekend aku tetap cheat day .. hahaha.. karena biasanya abis olahraga laper banget teruss balas dendam.. tapi tetep sebisa mungkin di kontrol sih .. tetap kaya gak makan yang terlalu hardcore macam sop kaki kambing dan kawan2nya.. hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s