Sehat Sempurna , Clean Eating#pcosurvivor

Masih banyak yang bertanya – tanya ke saya tentang ” Situ udah kurus , kenapa masih diet dan clean eating sih?” . Akhirnya pun saya merajinkan diri untuk mengulasnya di blog ini. Ya, walau belum ahli tapi sekedar share info dari ilmu yang saya dapatkan saja lah yes..

PCO diet menu adalah salah satu bagian dari Clean Eating. Pengertian mengenai Clean Eating itu sendiri adalah pola makanan yang didasarkan pada sugesti dimana pola makan yang baik itu adalah dengan mongonsumsi whole foods atau makanan yang paling alami yang tidak banyak proses. Ini berarti banyak mengonsumsi buah , protein yang tidak berlemak dan menghindari masakan siap saji – sumber : femina.com .  Nah karena gw penderita PCO maka dari itu kitab makanan sehat ini berpacu pada metode clean eating ini. Jadi konsepnya bukan mau kurus, lebih kepada mau mengembalikan badan normal , sehat walafiat..hahaha! Sehingga sungguh penting konsumsi buah – sayur serta beberapa asupan yang penting untuk menormalkan kembali hormon di dalam  diriku ini *namanya juga usaha buibu*. Karena clean eating ini disinyalir selain menurunkan berat badan pun juga membantu membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Ini adalah sekilas tentang menu belanjaan clean eating yang di ambil dari google :

Image result for Clean eating

Nah dari list diatas kita bisa lihat bahwa clean eating sesungguhnya semudah itu. Karena kita tetap masih bisa makan daging , masih bisa menggunakan bumbu2an, masih bisa makan yang manis – manis asallll……..semua nya tidak di proses secara instan , harus secara alami.

Memang perlu sebuah motivasi kuat untuk melakukan kebiasaan clean eating. Untuk gw salah satunya adalah concern kesehatan. Gw bersyukur , bahwa Tuhan memberikan PCO (walau levelnya gak parah) dalam hidup gw. Mungkin kalau gw gak tau Iam PCO , gw bisa aja masih melakukan habit sarapan pagi mie instant , makan siang dengan menu ayam goreng siap saji kakek rambut putih berjenggot atau si maskot badut , lalu tua sakit jantung…

Sebuah Tips dari gw untuk melakukan clean eating :

  1. Pilihlah Ikan sebagai pengganti daging (karena daging harganya mahal dan masaknya repot wkwkwkw) . Ikan bisa salmon , bisa dory , bisa tuna,basically ikan apapun itu sangat bergizi  . Penemuan melalui research sana – sini , ternyata Ikan kembung memiliki kandungan omega 3 yang sama dengan salmon. Karena salmon brandingannya lebih kuat mengenai omega 3 jadilah Salmon yang di gadang – gadang sebagai sumber terbaik Omega 3 . Bisa dilihat di artikel link ini  Namun memang masak ikan kembung sangat amis , biasanya di supermarket atau pasar saya minta masnya bersihkan , potong fillet sampai duri nya pun di babat abis , lalu di marinate / rendam dengan garam dan lemon selama satu malam. Tanpa banyak bumbu , ikannya pun terasa enak …
  2. Pilihlah Sayur Hidroponik , Aquaponic, Aeroponic dan teman – temannya. Kerasa banget saat dulu maunya murah jadi pilih sayur yang sekedar sayur (pajangan) saja  sayur untuk sehat . Di saat gw lai hot – hot nya melakukan clean eating , gw jadi banyak experiment beli sayur. Pastinya karena pilihannya jangan yang terlalu banyak di proses, sehingga gw harus melahapnya dengan raw / mentah. Awalnya, masih beli sayur biasa, dimana rasa pestisidanya lebih kerasa daripada rasa sayurnya (karena saya lahap mentah). Setelah itu mencoba untuk beli sayur mayur hidroponik, the taste was totally different. Fresh , dan selahap itu makan sayur tanpa bumbu apapun. Jadi terbukti bahwa sayuran yang di panen dengan cara bersih , bebas dari pestisida dan rasa – rasa asem kecut gak enak.
  3. Untuk mengeyangkan biasanya gw suka tambahin dengan roti whole wheat / multi grained dan telur ayam kampuangg…

Memang belum bisa setiap saat , gw disiplin akan clean eating. Tapi kalau di rumah sebisa mungkin memasak sesuai dengan track #pcodietmenu dan #cleaneating. At least , sarapan saya mengkonsumsi makanan – makanan sehat ini. Sisanya kalau ada meeting diluar klien ngajak makan di restoran makan enyakkk (read:banyak vetsin) yaaa lillahitaalaaaa aja..hahaha!

Mungkin sedikit share menu breakfast paling favorite selama menjallani #cleaneating

Ini adalah menu breakfast yang sangat mengeyangkan dan hanya butuh 10 menit preparation .

Veggie Breakie

Bahan :

  1. Lettuce Hidroponik , ini letuce mini super krius krius.. gak kerasa kalau makan sayur
  2. Alpukat
  3. Whole Wheat / Multi Grained Bread Toast
  4. Olive Oil
  5. Telur Ayam Kampung
  6. Lada
  7. Himalayan Salt
  8. Herbs, i use oregano

Proses :

  1. Siapkan letuce dan alpukat , di potong dan ditiriskan. Bebas shay mau potongnya ke samping , vertikal , mau buat lope – lope.. bebasin aja yang penting dimakan
  2. Toast si Whole Wheat / Multi Grained bread
  3. Goreng si telor kampung , boleh dengan model scrambled atau telur ceplok alias sunny side up . Kalau gw memilih 1/2 mateng sunny side up supaya dapet feel mecahin kuning telur terus meleleh kemana – mana.. beuuhh ntapp! Taburkan himalayan salt , oregano  dan lada di atas telur (sedikit aja ya jangan terlalu semangat ntr kebanyakan) and doing it by feeling.. hehehe! Karena kalau gw ditanya takarannya, i simply  answer jangan banyak – banyak …
  4. Setelah goreng2 ready , udah deh tinggal campurkan letuce dan alpukat , berikan sedikit olive oil (dikit aja sekalian ngirit…hahaha)  .
  5. Setelahnya baru deh di pampang nyata di piring dan di foto biar semakin semangat buat konsumsi #cleaneating berikutnya.

img_20160920_070316

Fruitie Breakie

Untuk buah , kalau mau bervariasi bisa ditambahkan dengan granola atau Muesli. Muesli lebih matching dijadikan satu dengan buah , sedangkan granola lebih enak di campur dengan yogurt .

img_20160914_071056

Semudah itu bukan ? tinggal di kreasiin lagi aja menu – menu sayurnya … seperti ini. Alias di ganti2 aja variasi sayurnya.. hehehe!

img_20160915_083009

img_20160913_083513

Yang terakhir adalah kemarin sempat masak nyobain aglio olio salmon .. kalau ini ya resepnya juga udah pada taulah yah. Asal tetap bahan – bahan nya harus sesuai dengan kitab diatas .

img_20160915_110840

Selamat mencoba man – teman , bu ibu sekalian. Ingat clean eating adalah pola makan sehat yang pastinya gak pakai ribet. Gw masih penasaran untuk nemu menu clean eating makanan traditional Indonesia selain gado – gado. Pengen banget nemu menu clean eating balado kembung atau semacamnya..hahahaha! Semoga soon ada yang menemukan resepnya.

Image result for Clean eating adalah

Psst, clean eating ini selain menyehatkan , membugarkan , membuat stamina lebih fit apalagi kalau diajak lembur suami (hahaha.. omongan ibu2 rumpi banget).

 

Cheers,

@mrsprasstyo

 

 

Advertisements

6 thoughts on “Sehat Sempurna , Clean Eating#pcosurvivor

  1. “Pilihlah Ikan sebagai pengganti daging (karena daging harganya mahal dan masaknya repot wkwkwkw)” — aku ngakak baca ini x))))

    keren ahh, mau contek resep veggie breakkie-nya, kalo granola sama muesli udah sering bikin tapi juga sering bosen….dan kemudian beralih ke siomay hahaha!

    • hahahaha..setuju gak sih masak daging super repot.. kalo mau yang empuk harganya mahal atau mesti beli presto..hahaha.. Selamat mencoba.. Ingat sayurnya yang organik / hidrponik dan semacamnya biar rasanya endesshhh … Siomayy masih bolehh kok asal gak satu panci hahaha…

  2. Pingback: Resep Makanan Clean Eating – Aneka Resep Makanan Terlengkap

  3. Dari dulu pengen clean eating seperti ini tapi gagal terus..padahal sudah didiagnosa dokter dari tahun lalu, tapi habit makan aku belum berubah, kadang lidah nggak bisa dibohongin nih kalo nggak makan makanan yang gurih.. hehehe.. gimana caranya mbak supaya semangat menjalankan clean eating ini?
    Happy for you mbak akhirnya hamil juga.. semoga sehat selalu ibu dan bayinya 🙂

    • hi… salam kenal.. aku emang niat banget . Setelah lingkungan aku banyak yang juga mulai start healthy lifestyle , aku juga niat banget pengen sehat .. Niatnya sehat dan bugar aja , getting baby is a plus waktu itu.. Jadi pas kemarin aku tau aku hamil ya shock juga. Nomor satu emang harus niat dan banyak waktu searching ina itu sih.. jadi informasinya juga banyak hehehe.. Pelan – pelan aja , mulai aja dulu 2 hari sekali , nanti nambah lagi dosisnya , sampai akhirnya tiap weekdays clean eating lalu weekend cheating dikit lahh.. (dikit looh). Jangan lupa olahraga juga yah 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s