(Info) : Biaya Melahirkan di Jakarta & Tangsel

Sempatku dibuat galau , mau lahiran dimana nih??

Jadi, cumamih sudah memberikan tenggat waktu untuk istrinya yang labil ini untuk lahiran. Di bulan ke-6 , gw sudah harus bisa menentukan dimana diriku harus melahirkan si #cimendut ini. Setelah sempat “belanja” dokter kandungan , saatnya beralih ke “belanja” rumah sakit untuk melahirkan.

Sebetulnya gw pun sudah amat sreg dengan dokter kandungan dan rumah sakit dimana #cimen tiap bulan harus kontrol (baca : bunda group) . Dokternya yang komunikatif, rumah sakitnya pun juga sudah gak mestinya harus digalau-in karena krediblitasnya bagus dan termaksud rumah sakit dedengkot (baca : rumah sakit lama) . Tapi yang buat galau adalah JAUH AMAT COII dari rumah ogut. Setelah di diskusikan dengan cumamih, orang tua serta kakak gw akhirnya pun diputuskan untuk tetap lahiran di RSIA Bunda. Mulai memasuki week 36 , eboo langsung diungsikan ke tempat eyang yang dimana ada mobil plus supir yang stand by disana plus bude dokter yang bisa memantau proses perjalanan eboo dari rumah eyang ke RSIA Bunda .  Insya allah , #cimen bisa diajak bekerja sama menunggu persalinan sampai di tempatnya. Saran dokterpun, kontraksi mau palsu mau gak langsung dibawa ke RS aja.. Jadi pembukaan satu kami bisa langsung cus ke RS.

Walau udah banyak saran dan masukan dari sana – sini, eboo tetep masih mau lahiran di deket2 rumah aja. Jadi memang ada beberapa moment , gw research info harga melahirkan Rumah Sakit di Jakarta dan Tangsel. Beberapa yang ke research langsung adalah RS Eka Hosiptal BSD (yang kebetulan dekat rumah) dan RSIA Bunda. RS Eka Hospital waktu itu karena gw sempet melakukan screening 4d di #week22 disana bersama dr.wiku, jadi sekalian aja bertanya – tanya tentang info lahiran. Sedangkan sisanya cuma research lewat internet.

Yuk, kita jabarkan biaya persalinan Rumah Sakit start from Jakarta Area :

Kandidat pertama adalah RSIA Bunda. 

img_20170216_122901

RSIA Bunda adalah salah satu RS yang di cover oleh asuransi kantor cumamih, jadi walaupun gak seratus persen di cover paling tidak ya kita gak terlalu boncos untuk nambahinnya. Ini harga yang paling update per 2017 . Eboo akan ambil yang kelas utama atau perdana , karena kalau kelas 2 atau kelas 3 malam harinya gak boleh ditemenin sama pihak keluarga… duh,, untuk ukuran ibu – ibu clueless macam ogut.. kayanya noway deh pilih kelas 2 or 3.. cumamih juga gak tega. Untuk tahun ini CDC Executive di bunda sudah tidak ada jadi pilihan untuk satu kamar satu orang hanya kelas utama (sekelas VIP) , perdana (sekelas VVIP)  dan CDC (sekelas dengan super VIP) .

Untuk kelas utama dan perdana itu sendiri gak beda jauh , cuma beda di size nya aja.

Kelas Utama  , source from : google 

Kelas Perdana , source : google 

Berhubung eboo dan papak belum sempat tour the rumah sakit jadi kemarin sempat nanya ke CS nya tentang foto2 kamarnya.. Ternyata mereka belum update foto2 nya, jadi terkesan so jadul, jadi ya ambil aja dari google (sama kaya yang diliatin CS nya) . Cuman menurut beberapa reviewer yang sudah pernah melahirkan disini. Untuk bed pasien sudah di upgrade ke tempat tidur elektrik serta beberapa ruangannya pun juga sudah sedikit di renov modern. Biaya diatas belum termaksud dengan biaya diluar obat – obatan , sehingga semuanya hanya perkiraan saja.

RSIA ASIH 

Eboo tadinya sempat kepikiran untuk melahirkan disini, pertimbangannya adalah sama seperti bunda .. rumah sakit ini khusus ibu dan anak, sehingga bisa dipastikan semua sudah siap tersedia untuk keperluan Ibu dan Anak .. namun akan tetapi gak ada dokter yang eboo sreg disini. Sempat browsing untuk harga lahirannya adalah sebagai berikut:

Harga Update 2016 (mungkin sekarang ada yang lebih update lagi kali ya guys dan bisa ditambahkan sekitar IDR 2jt, karena setiap tahun ada inflasi sekitar 2jt rupiah)

Biaya Persalinan Normal (spontan 3 hari) :

VIP start from IDR 16,200,000

Super VIP start from IDR 17,000,000

Suit start from IDR 18,000,0000

Biaya Persalinan Caesar (5 hari)

VIP start from IDR 31,000,000

Super VIP start from IDR 33,000,000

Suit start from IDR 34,000,000

RS Pondok Indah 

Rumah Sakit favorite, karena kantinnya enak…hahahaha! Selain itu memang udah modern banget, banyak dokter senior disini yang juga konsulen di RSCM (dedengkot dokter – dokter) dan ada private deliverynya. Tadinya eboo juga tertartik di RSPI karena memang ada private delivery dimana dari pembukaan awal observasi kam u akan di taruh di tempat ini , gak beramai – ramai dengan orang – orang lain.. Harga dibawah harga update 2016 ..

Biaya Persalinan Normal  (3 hari) :

Kelas I                   : Rp18.200.000
Kelas VIP             : Rp23.400.000
Kelas VVIP B       : Rp27.100.000
Kelas VVIP A      : Rp28.600.000
Kelas Suite          : Rp38.400.000

Biaya persalinan Sectio Caesaria (4 hari)
Kelas I                   : Rp35.100.000
Kelas VIP             : Rp42.300.000
Kelas VVIP B       : Rp47.300.000
Kelas VVIP A      : Rp49.300.000
Kelas Suite          : Rp62.000.000

Saatnya menuju Tangerang Selatan. Eboo mencoba untuk ke RS. Eka Hospital BSD , karena memang lokasinya deket banget sama rumah jadi menjadi salah satu kandidat pun sewaktu – waktu ada urgensi bisa langsung kesini …

Berikut adalah biaya persalinan dengan dokter konsulen, mungkin kalau yang obgyn biasa agak lebih murah. Kebetulan waktu itu gw tanya biaya melahirkan dengan dr.Wiku sang spesialis fetomaternal.

img_20170216_133213

 

Nah, berikut untuk kamar – kamarnya. Untuk bersalin sendiri di pisah dengan pasien umum. Pasien bersalin dan kamar bayi ada di lantai 7. Oh iya ini harga per – April 2016, kemungkinan harga April 2017 akan naikpun.. Dsinipun private delivery , jadi gak ada ruang observasi bersama pasien jamaah lain ..hehehe!

Related image

Kamar std plus , mohon maaf yang vip dan super suite gak ada di mbah google wkwkwkwk 

Nah, sebetulnya kurang lebih perkiraan harga persalinan baik di Jakarta dan Tangsel untuk rumah sakit – rumah sakit besar gak beda jauh yah ?! Sekarang tinggal dimana kita nyaman dan sama siapa kita bisa nyaman untuk melahirkan saja. Kalau gw dan cumamih memilih Rumah Sakit besar adalah dengan pertimbangan kelengkapannya yaitu ruang oprasi, ruang NICU / ICU (apabila  nauudzubilla minzalik ada apa – apa tetap harus dipersiapkan di awal ), ruang bayi yang steril serta kamar yang nyaman .

Jadi masih galau harga biaya persalinan? semoga dapat membantu buibu yang sedang mempersiapkan lahiran di tahun 2017 ini yah ….

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “(Info) : Biaya Melahirkan di Jakarta & Tangsel

  1. Lahiran 3th yg lalu harga gak semahal ini, duhhh kepikiran tar klu anak hamil lagi kudu nabung kenceng krn dulu masih krja n dibiayain full sm kantor.. Sehat2 sampe lahiran ya, thanks bgt infonya bermanfaat bgt.. Iya kalau lahiran mending cari yg dkt rumah aja, kalau jauh terlalu risk..

    • Iya setiap tahunnya selalu ada kenaikan sekitar 2 juta rupiah. Walaupun sekarang banyak beberapa pilihan untuk home birth atau lahiran di klinik kecil yang harganya affordable. But for my first experience , kayanya better di RS dulu sih..hahaha! Belum ada nyali main sama nyawa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s