Second TriSemester , Werrk Out!

Masuk ke week 15 , dr. aryando sudah memberikan izin kepada eboo untuk berolahraga kembali. Super udah pegel banget gak olah raga hampir selama 3 bulan. Sebenarnya boleh saja berolahraga , tapi gak boleh yang berat – berat. Jadi selama trisemester pertama , olahraga yang gw lakukan hanya jalan kaki sambil bawa kakak doci dan olahraga ibu rumah tangga (baca : nyapu dan beres – beres rumah). Boseeennn banget … gmana gak bosen ? sebelum hamil selalu olahraga hardcore macam bootcamp dan yoga militer , sekarang disuruh olahraga yang down tempo..hahahaha! Demi cimendut , eboo memang harus lebih down tempo…

Akhirnya setelah dokter sudah memberikan lampu hijau, boleh berenang , boleh yoga .. langsung lah semangat. Semangat juga mencari info tentang prenatal yoga .. yoga khusus ibu hamil. Tadinya, sotoy karena menganggap prenatal yoga pasti gak akan berkeringat dan super laid back.. tapi ternyata ….. (cerita lebih lanjut di paragraph berikutnya…hahaha)

Cari – cari info , akhirnya salah satu tetangga gw yang kebetulan ikut hamil berjamaah setelah ikutan yoga komplek memberikan info prenatal yoga di daerah bintaro. Wah, deket banget sih sama rumah… Akhirnya mulailah menilik dan mencari info tentang prenatal yoga di Nujuh Bulan Studio. Setelah mampir ke instagram dan websitenya ternyata tempat ini tidak hanya fokus kepada kelas yoga tetapi juga memberikan beberapa pelatihan tentang melahirkan.. Jadi setiap bulannya mereka akan mengaadakan workshop tentang hypnobirthing , child birth education , couple yoga , baby positioning (membantu buat yang posisi janinnya sungsang) dan masih banyak beberapa program lainnya. Wah, pastinya eboo super tertarik. Masuk ke #week20 , eboo mulai mendaftar untuk prenatal yoga .. Sebelum masuk kelas praktek yang 1,5 jam full .. peserta awal wajib untuk mengikuti kelas introduction prenatal workshop terlebih dahulu.

Lagi – lagi tadinya mau skip aja (eboo kebanyakan sok taunya deh) ,Β tapi ternyata kelas workshop ini penting banget untuk diikuti karena kita akan diberikan informasi – informasi yang mungkin beberapa dari dokter belum tentu memberikan informasi tersebut. Salah satunya ya tentang persiapan mental menghadapi lahiran. Yang gw akan ingat selalu adalah kata – kata dari mbak Tia (founder sekaligus instruktor kelas prenatal ini) mengenai energi kita pada saat melahirkan. ” Persiapan melahirkan itu bagaikan persiapan mau naik gunung , atau lari marathon.. kalau kamu gak punya latian fisik yang kuat di hari – hari sebelumnya maka kamu akan drop duluan.. oleh karena itu kamu perlu latian fisik dan mental untuk mempersiapkan lahiran. Jangan beranggap hanya 2-3 jam kamu sudah bisa lahiran, normalnya perempuan butuh 12 – 30 jam atau bahkan lebih untuk melahirkan normal. Jadi kamu butuh based yang kuat secara fisik dan mental. Kalau mental kamu sudah Percaya Diri , kedepannya fisik kamu akan mengikutinya” …. Wah iya juga, jadi kalau liat orang lahiran atau si arteis itu bisa cuma 3 jam melalui prosesnya itu ya namanya hoki, kalau lebih dari itu ??? Kebetulan memang eboo sudah nawaitu untuk lahiran normal . Jadi memang sekarang memperbanyak aktifitas baik olahraga atau aktifitas pekerjaan dan sehari – hari. Tapi tidak memaksakan juga apabila akhirnya kondisi tidak memungkinkan untuk lahiran normal. Ibaratnya, gw lagi mau ke everest… ya kalo ditengah jalan Β ada badai dan harus balik naik helikopter ya kita naik helikopter. Tapi latian fisik dan mental tetap harus dipersiapkan. Setelah mendapatkan informasi – informasi dari Mbak Tia di workshop akhirnya eboo putuskan untuk lanjooot pre-natal yoga disini. Meski belum rajin karena waktunya bentrok terus, paling tidak seminggu 2 kali hadir disini πŸ™‚ Nah, setelah melakukan workshop prenatal , kita sudah diperbolehkan untuk masuk kelas prenatal nya yang ternyata bikin keringetan juga lohhh.. Kelas ini isinya mostly gerakan – gerakan yoga yang aman untuk bumil dan belajar pernapasan2 pada saat kontraksi datang.. sangat berguna kan!

Untuk kelas introduction prenatal workshop biayanya adalah IDR 225,000 plus goodie bag yang isinya super berguna (baca : banyak vouchernya yuhuuuwww…) , tempatnya pun juga homey banget.. sehingga super nyaman melakukan kegiatan disini.

5daf275a48905c5f84636725635d48e5

img_20170121_152459

img_20170205_120239_hdr

Image result for nujuh bulan studio

Untuk kelas – kelas yang lain bisa langsung di cek di instagramnya @nujuhbulanstudio atau bisa langsung ke websitenya aja untuk nanya – nanya http://www.nujuhbulan.com Β atau bisa mampir ke sini :

Address: Ruko Kebayoran Arcade 2 Blok B1 No. 10, Jalan Boulevard Raya, Bintaro Jaya Sektor 7, Pd. Jaya, Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15524

Selain Yoga, gw juga mulai melatih fisik dengan berenang .. walau ya cuaca bulan februari ini ujan terooos , setiap matahari muncul dikit gw langsung melakukan kegiatan ini. Lumayan looh ternyata , walau bukan gerakan renang yang heboh.. beneran bikin capek dan tidur langsung pulassssss….

img_20170215_152421_hdr

Ditemani papak berenang sambil di supervise.. oh iya ini club house Perumahan Puri Bintaro, enak banget bersih dan nyaman , weekend price 40rb , weekday price 20rb ..

Sebetulnya olahraga itu amat sangat diperlukan. Ntah lagi hamil ataupun tidak.. mungkin karena gw dan cumamih (terutama si bapak bolang ini) sudah membiasakan diri dengan olahraga sebelumnya, jadi ketika gak olahraga ya badan kaku kaya kanebo.. Apalagi usia kandungan gw sekarang masuk ke #24week, dimana si cimendut sudah bertambah besar terakhir 4d beratnya sudah 500 gram mungkin sekarang udah nambah lagi yah nak beratmu.. mulailah badan ini kalau bangun tidur terasa berat dan encok.. Jadi sudah wajib hukumnya untuk berolahraga menyeimbangkan keadaan badan ini. Yang berbeda dari olahraga pada saat hamil adalah ketika hamil adalah you learn to understand your body and baby inside the womb rather than push your limit.Β Jadi bisa dibilang kalau dulu bisa yoga sampai kemeringet gembroyos jungkir balik, sekarang lebih ke kepekaan kita kepada tubuh dan janin yang kita kandung..

Keep active, say no to mager… *brb ambil jemuran*

Ini penampakan cimen di #22week, beratnya sudah 500 gram – sekian Β .. Hasil screening 4d dengan dr. Wiku di Eka Hospital. Mbahe’ fetomaternal, detail dan jago banget.. Cimen gak hanya foto 4d yang cuma mau liat muka aja . Tapi fungsi screening ini adalah mengetahui segala isi di dalam janin .Β Saking luar biasanya dr. Wiku ini , dia bisa screening dari otak , batang hidung , lambung (bowkk lambung janin kan kecil banget) , tali pusar eboo, saluran kencing , ahhhh…. detail dan banyak deh pokoknya. Jadi buat buibu jangan asal ya datang ke tempat 4D , harus sama ahlinya untuk screening yaitu ahli fetomaternal. Lebih baik mencegah daripada mengobati… Mengenai penting atau tidaknya screening insya allah akan gw bahas di post berikutnya.

 

Dan ini bentukan eboo Β , saat isinya bayi 500 gram, berat eboo sudah naik 4 kilo selama 6 bulan ini. Semoga masih bisa di jaga semua kesehatan dan pola makan..

img_20170121_161416

Keep active, say no to mager …. *brb ngepel*

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s