Pentingnya Screening USG

Mungkin untuk sebagian orang “lebay amat sih tik dokter lo tik, 4d aja mesti tiga kali”.. Iya sempat kepikiran gitu juga , kok si dr.nando ini lebay amat yah SOP selama dia yang handle harus screening  dan USG 4d kehamilan sebanyak tiga kali atau setiap semester. Yap, di week 15 .. week 23 dan week 35! Tapi setelah banyak dapat penjelesan plus cari informasi memang screening dan USG 4d itu penting. Bukan hanya untuk melihat muka sang bayi tapi lebih kepada melihat perkembangan janin.

Alhamdulillah, dapet dokter yang super posesif dan setiti (kalo kata orang jawir) alias detail. Jadilah, banyak serangkaian test yang harus dijalankan. Salah satunya selama kehamilan yaitu screening dan USG 4d. Memang berat awalnya untuk mengeluarkan biayanya (karena gak di cover sama provider asuransi cumamih yang baru hffftt!) tapi demi melihat dan mengetahui perkembangan #cimen .. biaya berapapun dikeluarkan untuk nya…

Pentingnya Screening dan USG 4d pada saat kehamilan adalah untuk mengetahui sedini mungkin kelainan yang terdapat pada janin. Screening sendiri tujuannya bukan hanya sekedar melihat muka sang bayi, lebih kepada mengetahui hal – hal apa saja yang berkembang atau pun tidak pada janin. Siapa yang bisa mengoperasikan screening ini ? Dokter Obgyn specialis Fetomaternal. Jadi dia udah Obgyn ambil sub specialis lagi…loh dokter kandungan biasa gak bisa? Ya, kalau ilmunya cuma mau liat yang standar ya bisa – bisa saja (melihat panjang janin, berat janin , letak janin)  tapi kalau melihat lebih detail seperti otak , lambung , paru , jantung …memang harus ke ahlinya yaitu fetomaternal. Sekilas mengenai fetomaternal .   Sub-spesialisasi fetomaternal merupakan salah satu cabang dari bagian kandungan dan kebidanan (obstetri dan ginekologi). Sub-spesialisasi ini mampu mendiagnosa atau mendeteksi kelainan pada janin (fetus), atau ibu (materna). Pemeriksaan fetomaternal meliputi deteksi dini fetal abnormalities (kelainan genetik, gangguan pembentukan organ), deteksi keguguran dan stillbirth (bayi lahir dalam keadaan meninggal), pre-term delivery (kelahiran prematur) dan screening untuk kelainan kromosom.

Selama screening #cimen , gw selalu datang ke sub-spesialis ini. Walau harganya sangat jauh dibanding dengan klinik – klinik USG 4d yang bertebaran yang operatornya hanya dokter umum, tapi sungguh puas datang langsung ke para ahli fetomaternal. Memang , tidak semua diharuskan untuk melakukan screening pada ahli fetomaternal, tapi kalau saran dari saya lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena banyak sekali kasus kelainan janin yang ditemukan pada saat ibu baru memeriksakan kandungan screening pada saat usia kehamilan diatas 30 minggu , dan banyak sekali ahli fetomaternal yang menyayangkan kejadian sehingga beberapa janin harus tumbuh dengan kelainannya. Biasanya yang wajib melakukan screening ini adalah ibu hamil dengan kasus jantung, diabetes, keguguran berulang yang tidak diketahui sebabnya, penyakit asma, paru, lupus, thalasemia dan lain-lain.

Waktu #cimen berusia 15 minggu, eboo melakukan screening di BIC department visi scan dengan dr. Reino . Disitu dilakukan screening plus usg 4d untuk mengetahui ketebalan leher dan tulang belakang, jari – jari , tulang hidung , bentuk bibir. Semua di cek untuk mengetahui apakah ada kelainan Down Syndrome / Hydrocepalus , dan bibir sumbing. Alhamduillah pada saat itu #cimen tumbuh normal seperti d dan tidak nampak ada kelainan janin. Jujur, eboo dan bapak sungguh deg2an pada saat itu …

Screening Fetomaternal week 13 – 15 

Sepuluh minggu kemudian , dr. nando menyuruh eboo kembali untuk screening. Walau sempat wassapan “duh dok, crucial gak sih screening di week 23?” dan si padok langsung bales “crucial dong… biar kita bisa antisipasi kalau ada apa2” … Yaudah , itung2 ketemu sama #cimen  dan lihat mukanya . Kira – kira itu yang cuma ada dibenak gw.

Berhubung ntah bagaimana dr. Reino udah gak ada di bagian Visi Scan BIC  ,  eboo tanya2 dokter nando , boleh gak sih di fetomaternal lainnya dan ternyata boleh .. berujunglan “belanja” sub-spesialis fetomaternal. Kebetulan salah satu ahli fetomaternal praktek di RS deket rumah. Langsunglah booking sembari tanya – tanya biaya untuk screening dan 4d di RS. Eka Hospital dengan dr. Wiku (yang gelarnya panjang beutzzzz..hahaha). Sampai pada harinya , gw dan cumamih bertemu dengan dr. Wiku dan mulailah dr. Wiku melakukan keahliannya.

Secara jam terbangnya lebih tinggi yah, beliau sangat detail memeriksa sang janin #cimen di dalam perut eboo sambil bercanda karena #cimen ini mirip banget sama bapaknya gak mau ngeliatin mukanya.

Dimulai dari screening muka :

img_20170204_105902_hdr

Yang jelas idungnya mirip banget kaya eboonya

Lalu masuk ke detail – detail organ tubuh

img_20170220_123446

Disini terlihat ada 4 bilik jantung , arteri , pembuluh darah dalam keadaan normal.. Sungguh Luar biasa ya dokter wiku ini…

img_20170220_123456

Ini adalah hasil screening Umbilical eboo, which means tali pusar.. pusat segala macam makanan yang eboo makan untuk #cimen dan alhamdulillah normal..

img_20170220_123540

Nah, kalo ini screening ginjal , bladder tempat pipisnya #cimen beserta batang hidung dimana crucial untuk dicek sebagai penentuan Down Syndrome atau normal.

Wahh.. super detail yahh… dan pemeriksaan juga terlihat lebih lama dengan dr.Wiku saking detailnya ketambah juga kaya ikutan jadi muridnya ditanyain fungsi ina – itu.. berasa lagi kelas biologi…hahahaha!

Tips dari saya supaya gak dua kali keluarin ongkos hahahaha.. better kalau memang mau aman pilihlan dokter kandungan yang ahli fetomaternal.. biar sekalian kontrol bulanan plus screening juga. Kebetulan kalau dr. aryando lebih ke ahli fertilitas dan laparascopy sehingga beliau agak kurang PD kalau disuruh screening..hahaha!

Apabila dokter kandungan sudah menemukan adanya kejanggalan pada perkembangan janin langsung minta rujukan ke sub – spesialis fetomaternal ini. Dipastikan untuk melakukan screening ini sedini mungkin, sehingga apabila terjadi sesuatu pada janin bisa langsung di obati. Walau memang tidak dapat 100% di cegah, namun kita masih bisa meminimalisasinya. SOP di rumah sakit di luar negri apabila terjadi kelainan kromosom dan janin maka janin harus di gugurkan. Tapi kalau di Indonesia kita masih bisa diberikan pilihan oleh dokter untuk meneruskan kehamilan atau mengugurkannya.

Oiya untuk biaya screening di Rs. Eka Hospital sendiri dengan dr.wiku adalah 1,4jt. Biaya dokter 500 rb, biaya Screening USG 900rb sudah termaksud dengan CD dan report.

Berikut info ahli fetomaternal yang berada di Jakarta & Tangsel :

1. dr Bambang Karsono, SpOG(K)
     – Rs. YPK Mandiri
     – Klinik Fetomaternal JL. Kimia (PETA),RSCM TLP. +62 21 31924404
     – Klinik  Spesialis Moegni 

2. dr Noroyono Wibowo, SpOG
     – Rs. Bunda Menteng
     – Klinik Fetomaternal JL. Kimia, RSCM

3. dr. Azen Salim, Jakarta
     – Rs. Pondok Indah 

4. dr. Wiku Andonotopo

– Rs. Eka Hospital BSD

Semoga info postingan hari ini membantu yah.. bisa membedakan antara Screening dengan Sub Specialis fetomaternal dan USG dengan dokter kandungan biasa. Pastikan bahwa anda ditangani dengan ahlinya , bukan yang sekedar klinik bertitle USG 4d tapi  operatornya tetap dr.umum .Yang kamu cari bukan sekedar melihat muka sang bayi tapi lebih kepada informasi perkembangan sang janin. Maka dari itu yukk lebih cerdass cari informasi ….

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Pentingnya Screening USG

  1. Assalamu’alaikum mba, Alhamdulillah skrg saya sedang hamil anak ke 2, tulisan mba informatif sekali, btw feto jarang yg perempuan ya, klinik feto di jl. kimia itu rekomen ga mba? mhn do’anya utk kehamilan saya dan semoga segara selalu sehat ya, aamiin aamiin

    • Halo Mbak Kiki.. Selamat atas kehamilan ke2 nya semoga lancar dan sehat sampai hari H ya mbak.. Coba mbak di gugling, sempat saya baca sepertinya di harapan kita ada fetomaternal perempuan.. Tapi maaf kalau saya salah baca.. hehehe.. cari saja yang memang ada sub spesialis di predikat belakangnya biasanya Sp,Og, Feto …. hehehehe … itu pasti sudah terjamin bahwa dia ahli fetomaternal atau belajar fetomaternal 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s