Welcoming Last Tri Semester – Child Birth Education Class

Inilah momen yang banyak ditunggu – tunggu oleh kebanyakan Ibu hamil…. Biasanya di Last Tri Semester buibu buntiangg kebanyakan hunting untuk keperluan bayi , tapi terkadang lupa untuk mempersiapkan mental dan fisik menghadapi momen “marathon” penyambutan kehidupan baru..

Alhamdulillah , #cimen buanyak banget dapet lungsuran dari kakak – kakaknya .. jadi nampaknya papak bahagia karena kantongnya tidak terlalu terbebani oleh rong – rong an eboo dari online shop. Ntahlah, gw pun juga tidak terlalu ber – euphoria untuk belanja ina – itu karena kebanyakan memang lingkungan sekitar gw yang lebih pengalaman lebih mendukung untuk mempersiapkan fisik dan mental menyambut kedatangan #cimen ke dunia yang baru. Iya banyak banget saran dari beberapa teman dan saudara yang menyarankan “gak usah lapar mata untuk belanja2 new born , kita juga gak bakal banyak keluar rumah .. paling cuma kontrol ke rumah sakit.. kalau ada yang bisa di sewa / dipinjam atau dapat dari kado dimaksimalkan aja.. mending uangnya untuk beli popok” Nah, dapat brainwash kaya gini kan ogut jadi sloww aja … ketambah semua keperluan sudah di dapat dari lungsuran turun – temurun dari kakak dan adik…. Yaudah eboo belanja tas buat eboo aja ya nakk…wkwkwkw!

Jadi dalam last tri semester ini , gw lebih banyak mempersiapkan mental dan fisik untuk menghadapi “marathon” dalam kurun waktu kurang lebih enam – delapan minggu kedepan. Cerita melahirkan dan setelah melahirkan itu banyak banget versinya… sampai bingung gw harus nyaring pengalaman yang sakit banget sampe teriak – teriak , atau yang dua jam juga udah kelar dan ada yang bisa tenang dengan hypnobirthing dan sampai ada yang menceritakan pengalamannya tentang baby blues… huft! Dari banyaknya informasi pengalaman orang – orang sampai akhirnya gw dan ibu – ibu komplek yang kompak banget (baca : hamil aja barengan) akhirnya kita bersepakat memanggil doula untuk memberikan pelatihan tentang persiapan pra dan paska melahirkan ke dalam kegiatan Child Birth Education. 

Nah, apa itu Child Birth Education… Kalau di luar – luar negri CBE (disingkat aja ya bowk) sudah banyak sekali fasilitatornya , bahkan sering diselenggarakan oleh pihak rumah sakit untuk mempersiapkan mental calon ayah dan ibu. Sedangkan rumah sakit di Indonesia kebanyakan cuma kasih senam hamil, itupun cuma ala kadarnya sedangkan kita butuh banyak informasi tentang “kehidupan yang baru” ini.Di luar negri pun banyak yang bersedia untuk membantu para ibu menjadi doula atau midwife … alias fasilitator pendukung pra dan paska melahirkan. Awalnya gw juga bingung dengan istilah – istilah tersebut, tapi karena banyak baca jadinya ngerti juga bahwa si CBE ini penting untuk kami – kami yang clueless (apalagi baru pertama kalinya) tentang menyambut kehadiran “kehidupan” yang baru…..

Banyak banget yang cuman ngemeng tanpa kasih solusi (layaknya cuma kasih cerita parno) bahwa lahirnya bayi akan membuat hidup lo berubah 100% .. Ya pastinya dong, namanya ada manusia baru di dunia keluar dari alam rahim , yang tadinya 9 bulan hidup di perut sekarang dia harus survive dan menyesuaikan diri dengan manusia yang disebut sebagai “keluarga”.. hal ini menjadi penting untuk gw dan prass belajar di kelas CBE.

Memasuki minggu ke – 30 akhirnya di mulailah kelas CBE ini di komplek kami (enak kan , gak mesti mandi untuk datang ke kelas wkwkwkw) dengan jumlah peserta 3 pasang..hahaha! CBE kami dibimbing oleh AMANI Birth dan doula kami bernama Mbak Windy , based nya sendiri berasal dari Middle East , Riyadh jadi beberapa bimbingan pelajaran ini di kaitkan dengan hadist – hadist islamiah. AMANI sendiri singkatan dari Assiting Mothers for Active Natural , Instictive Birth. Jadi dalam kelas CBE lebih diajarkan bagaimana melatih insting ibu dan support ayah untuk melahirkan secara alami yang menghasilkan bayi / anak dan keluarga yang bahagia. Kelas kami di bagi kedalam beberapa sesi, karena kita semua udah masuk last trisemester jadilah kita ambil 5 kali sesi yang selalu diselenggarakan di setiap weekend..

Di sesi pertama , Mbak Windy memberikan pelajaran basic tentang kehamilan … baik dari makan nutrisi ibu hamil sampai membahas  masalah emosi (nah, penting kan tuh buat kita dan pasangan supaya bisa saling ngerti) …Di kelas ini yang wajib hadir adalah Ibu yang akan melahirkan plus dengan pendamping ibu  (kebetulan gw memilih cumamih untuk mendampingi gw.. ) sehingga informasi – informasi yang diberikan tidak hanya untuk ibu , tetapi juga untuk orang yang akan support kita pada saat dan sesudah melahirkan.. biar mereka juga tau gambarannya seperti apa. Yang terpenting juga melatih bonding  antara Ibu – Ayah dan Bayi. Karena sebuah keluarga bukan hanya dibebani oleh Ibu, tapi ada peran Ayah untuk membangun semuanya bersama – sama. Selain itu beberapa ayat al-quran juga dimasukan ke dalam modul pembelajaran kelas ini, sehingga kita tahu bahwa Allah memberikan fungsi tubuh ini sedemikian rupa sempurnanya sehingga berfungsi untuk setiap makhluknya , terutama untuk setiap Ibu yang melahirkan.

IMG_20170328_191433_704 (3)

Sesi 1 : Latihan rilekasasi, Ibu bersandar ke ayah berlatih napas bersama – sama untuk menghadapi kontraksi. Ya semoga pada kenyataannya masih bisa cengengesan gini ya pas kontraksi beneran…heeheheh! 


IMG-20170328-WA0002

Sesi 1 : Another latihan relaksasi , bagaimana calon bapak melakukan rileksasi massage pada saat ibu menghadapi kontraksi

Nah di CBE ini kita banyak diajarkan bagaimana caranya untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi saat – saat melahirkan. Jadi yang diharapkan dari tujuan kelas ini “gak ada lagi lahiran yang menakutkan dengan berteriak – teriak” , dan tugas para suami adalah memberikan support untuk menghadapi lahiran yang nyaman.

IMG-20170408-WA0019

Sesi 2 : Simulasi melahirkan. Ini kami lagi disuruh tiup balon , di dalam balon ini ada bola pingpong. Balon ibarat rahim ibu dan bola pingpong ibarat bayi.


IMG-20170408-WA0016

Sesi 2 : Nah, setelahnya Ibu dan Bapak disuruh melahirkan si bola pingpong dengan mengempit nya di antara paha.. Nah tuhhh cobain deh, baru 3 menit udah keringetan (kayanya kringetan karena kebanyakan ketawa sih) gimana nanti berjam – jam melahirkan? 

Masih ada kurang lebih 3 sesi yang akan kami ikuti… So far, gw dan pras sangat terbantu dengan adanya CBE ini. Selain membuka wawasan kami berdua , dan juga membangun kekuatan batin antara eboo , papak dan cimen….

Nah, ada yang tanya sama gw “Rajin amat sih lo ikut yoga , ikut kelas CBE , kalau ujung – ujung nya sesar gmana ? “..  Mengikuti kelas Yoga ataupun CBE bukan semata hanya untuk mengharapkan lahiran normal tetapi lebih ke persiapan mental & fisik.. Melahirkan mau normal , mau sesar  adalah hal yang melelahkan secara fisik dan mental (itu yang gw liat dengan mata kepala gw sendiri)  Goals gw adalah apapun yang nantinya gw hadapi , gw gak mau efek negatifnya ke suami dan anak gw (begitupun dengan suami gw). Jadi, gw dan cumamih mau kehidupan yang baru ini adalah awal yang indah , bukan dengan diawali dengan Ibu yang Cranky, bapak yang careless (karena stress istrinya cranky) dan jadinya timbul efek domino ke bayi nya… Kalau kita sudah mempersiapkan mental dengan baik, insya allah fisik akan mendukung.. karena gw percaya semua itu terwujud karena kepercayaan diri yang kuat baik itu buat lahiran maupun kesehatan. Jadi sekarang , gw dan pras sedangkan mempersiapkan mental dan fisik untuk “maraton” di kurang lebih 6 – 8 minggu kedepan.

Coba banyak cari informasi tentang CBE , selain memang membuka wawasan juga membuat hati calon Ibu dan Ayah tenang.. jujur menghadapi last tri semester ini agak berat, selain berat bayi yang semakin nambah dan usek , udah gak bisa tidur nyenyak juga pastinya deg2an karena sebentar lagi akan bertemu dengan si bayi yang sudah kita tunggu2. Disinilah peran doula serta suami yang menenangkan kita untuk tetap kalem dan tidak panik.

CBE yang gw tau so far di selenggarakan oleh AMANI dan NUJUH BULAN STUDIO. Cobalah untuk cari informasi mengenai kelas CBE yang sudah bersertifikat .. intinya gak ada salahnya mempersiapkan semuanya dari awal meski hasilnya tetap Tuhanlah yang menentukan.. yang penting semua Bahagia.

IMG_20170328_114749_221

Buku Modul Amani khusus peserta / murid CBE Amani

Hari Senin ini eboo dan cimen sudah memasuki minggu ke -32 , 6 – 8 weeks more to go……… Semangat!

Happy monday πŸ™‚

 

 

Advertisements

7 thoughts on “Welcoming Last Tri Semester – Child Birth Education Class

  1. Halo, boleh tau contact dari AMANI yang bisa dihubungi? Saya tertarik ikutan CBE seperti ini kebetulan usia kandungan juga sudah memasuki last semester. Thank you πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s