Kami Yang Terlahir Kembali melalui Sagara Kelana Putraka

Alhamdulillah , akhirnya setelah sembilan bulan enam hari , janin atau bayi dalam perut yang sering saya panggil #cimen terlahir ke dunia dengan proses normal , lancar dan sehat sentausa….

Memasuki minggu – minggu hamil tua (tepatnya kalau saya sih masuk ke week-34) rasanya badan udah mulai gak enak.. Semua serba salah! Posisi tidur salah terus, Udah mulai capek-an sampai akhirnya di Week – 35 adalah jadwal kontrol ke dr. Nando. Ntah mengapa hari itu ruameee banget (pas banget hari sabtu dan tanggal baru gajian).. Dari makan di sate house , ngopi di shophouse tetep aja sampe BIC masih harus antri. Masuk week – 35 , kaki eboo udah mulai bengkak (yang kanan doang) , sementara cimen mencari jalan lahir dan usek selalu pasti kaki eboo kram, pokoknya nikmat banget deh minggu itu. Lalu masuk ke ruangan dr. Nando eboo dan bapak pun cek kondisi #cimen.. Cimen selalu sehat, aktif (bangeutt *kaya ibunya*) dan sudah masuk ke Jalur lahir (pantes ulekan di bagian pelvic makin asoy masuk di week -35). Saya pun bertanya, “dok kira2 lahiran kapan yah? minggu depan kali yah …? ” .. Pak dok nando pun menjawab “Eh jangan, ditahan dulu ya sampai minggu ke 38.. Nanti kita kontrol 2 minggu lagi pas kamu masuk week 38” … Celetuk ku kembali ke dokter, “duh dok udah engap banget ini aku pikir bisa lahiran pas long weekend tanggal 11 – 14 may minggu depan.. hehehehe!”

Memasuki Week – 36 , akupun sudah mulai ngungsi ke rumah mama. Memang aku dan suami niatkan untuk menunggu lahiran dan menjalani 40 hari setelah lahiran dirumah ibunda ratu. Kegiatan pekerjaan pun sudah terhenti dari minggu terakhir di Week – 35, kegiatan terakhir yaitu nyanyi di tunangan salah satu Sahabat ku.. Jadi masuk week – 36 aku hanya fokus untuk lahiran (beres – beres kamar , doing pre-natal yoga sendiri dirumah , latian nafas, naik turun tangga karena kebetulan kamar aku di atas) pokoknya kaya udah ready banget deh menyambut cimen.

Kamis siang aku masih energic banget buat beres – beres kamar  (padahal ya sebenernya udah beres, tapi selalu ada aja yang di OCD -in) terus lanjut main gym ball karena rasanya udah gak enak banget duduk di kursi , dan lanjut yoga , squat, latian napas , meditasi  dan plank..hahaha! Jumat subuh, rasanya perut gak enak.. aku mules kaya mau pup tapi kok gak bisa pup yah… Gak kaya biasanya.. tapi tetap masih selaw karena aku selalu ingat pelajaran di kelas Child Birth Education (CBE) bersama mbak Windy dari Amani Birth Centre untuk selalu relaks , gak panik , serta melatih napas kalau interval mulesnya masih gak beraturan. Jadi hari Jumat tanggal 12 Mei 2017 aku masih santai melakukan gym ball relaxation bahkan jalan2 dirumah karena si pantat udah gak santai kalau di ajak duduk..hahahaha! Sorenya, aku jemput pak cumamih ke kantor dan memang jadwal kami kembali ke rumah BSD untuk beberes (agaiiiin… si eboo ini emang hobi banget beres – beres) . Kebetulan kantor cumamih sebelahnya ada mall, jadi sembari nunggu bapak pulang , eboo tawaf keliling mall walau udah selalu nyari WC bolak – balik ke kamar mandi … hahaha! Selesai ngantor, si bapak masih sempet ngajakin nonton bioskop  tapi ntah kenapa eboo mager , dan pengen tidur ajaah.. Selama perjalanan dari blok M ke Bsd eboo udah mulai warning ke bapak untuk ngitungin interval mules.. Jadi setiap di jalan laporann “Pak,, eboo mules…” dan intervalnya masih 30 menit sekali… tapi tetep kita masih santai pulang aja ke BSD.

Home sweet home, sampai di rumah BSD tapi belum sempet beberes karena udah kemaleman … akhirnya eboo coba tidur cepet sedangkan pak cumamih masih sempet main PS sampai jam 3 pagi.. Oh iya, sebelum bobok .. eboo lapor ke dr. Nando by whatsapp “Dok, saya sudah mulai mules2 tapi intervalnya masih 30 menit.. masih bisa jalan – jalan sih” (tetep ada embel2 masih bisa jalan2). Whatssapp jam 10 itu masih di bales dokter dengan “Ok, kalau Flek langsung ke Kamar Bersalin RSIA BUNDA ya” .. Memasuki Sabtu dini hari , ya sekitar jam 2 pagi kok mulesnya makin maju ya (ini juga diitungin sama pak cumamih.. eboo cuma lapor aja kalo mules) semakin bertambah jam mulesnya pun makin 10 menit sekali dan udah gak bisa tidur.. Tetep masih santai aja eboo pun melanjutkan tidur di jam 4.30 (mumpung mulesnya lagi ilang). Tiba – tiba lagi enak tidur…  Jam 05.20 Blassttt Byarrr.. Loh kok basah.. dan reflek ku langsung “wah ketuban ku pecah nihh”, langsung sigap bangunin pak cumamih.. dan kamipun langsung menuju RS.BUNDA Menteng dari BSD.. hahaha! Karena aku udah selalu siap tas siaga (tas isi perlengkapan lahiran baik untuk aku , pras dan si bayi) jadi lagi2 gak terlalu panik untuk siapin ina itu.. Aku bahkan masih sempat ganti baju (walau agak percuma karena basah2 juga sama ketuban) , gosok gigi dan ISI BENSIN hahahaha..

Semesta mendukung hari itu, si anak pintar ini tau kapan waktu yang tepat dia lahir. Karena masih pagi jadi perjalanan lancar banget. Kami sampai di RSIA Bunda jam 06.30 dan eboo langsung masuk ruang observasi. Pas saya sampai Bunda pun, saya juga WA dengan dokter nando memberikan kabar.. Sembari di CTG , dan menunggu dokter .. bidan pun datang dan mulai mengecek bukaan. Ternyata eboo udah bukaan 4 …hahahaha (ketawa lagi nih si eboo).

Nah foto diatas itu , ekspresi udah masuk bukaan 6 … Abaikan baju eboo yang kaya gombal disamping udah basah total kena ketuban.. hahaha! Dari bukaan 6 , eboo langsung di bopong ke Kamar Bersalin.

Lumayan bikin panik para bidan disana.. semuanya bilang “ibuu.. kalau anak kedua jangan mepet2 yaahh.. ini cepet banget naik pembukaannya, bisa brojol di jalan nih bu..” Ya kali deh sus, bisa diatur… Alhamdulillah , dokter nando pun sigap gerak cepat .. Pembukaan 6 doi udah nongkrong di kamar bersalin dan absen ke kami berdua .. “Haloo “Haloo.. udah ready belum?” Ya sampai pembukaan 6 gak ready , kebangetan juga sih dok… “Kita tunggu yaahh.. sampai pembukaanya lengkap.. Semangatt!”…

Bisa dibilang cimen ini adalah janin pendengar yang baik.. Selama hamil saya selalu berkomunikasi dengan dia minta ke #cimen dan pastinya ke Allah untuk lahiran lancar , di long weekend , kalau bisa pas dini hari atau subuh , dan gak pake lama.. Subhanallah semua dikabulkan ….

Akhirnya, pada tanggal 13 Mei 2017 pukul 09.13 cimen yang kusebut dulu lahir kedunia dan kami beri nama SAGARA KELANA PUTRAKA. Lahir dengan sehat walafiat, berat 2990 gram dan panjang 49 cm. Sebuah pengalaman yang luar biasa melahirkan seorang manusia dengan normal , tanpa banyak rasa sakit (tanpa induksi dan epidural) , dan percaya kekuatan yang Allah berikan sebagai perempuan. Ya, akhirnya kelana kami selama 4 tahun 9 bulan terlahir kedunia. Titipan yang sangat beharga dari Allah SWT.

IMG-20170520-WA0003 (1)

SAGARA KELANA PUTRAKA . Sagara yang beraarti lautan . memiliki kedalaman dan keluasan yang tiada tara. Laut adalah air sumber kehidupan. Kelana kami untuk mendapatkan kehadiranmu sampai akhirnya Tuhan Titipkan engkau sebagai Putra Pras dan Tika.

Saya sangat bersyukur mendapatkan proses bersalin yang hanya 2 jam. Dokter dan bidan serta para susternya pun super kooperatif. Dari sigap menangani ibu gercep lahiran sampai menangani bayinya.

Tidak salah pilih dokter! mungkin itu salah satu kalimat yang bisa men-describe dr. Aryando Pradana. Dari trisemester awal treat yang dia berikan emang selalu dirasa lebay (bisa dilihat cerita #cimenpreggostory) , selalu ingetin buat keep active dan olahraga , sampai harus diet karbo demi lahiran normal. Tapi dengan kelebayan itu, alhamdulillah semua bisa terwujud. Eboo bisa IMD selama 4 jam, beserta Delay Cord Clamp (oh ya, di bukaan 8 saya masih ingetin pakdok untuk delay cord clamp atau penundaan tali pusar) *baca manfaatnya disini* . Semua rikues eboo dan bapak pokoknya di wujudkan , alhamdulillah. Selain itu dr. Nando pun super informative dalam memberikan segala rupa obat – obatan.. Pokoknya setiap di tindak , dia selalu menjelaskan terlebih dahulu.. walau ya ogut udah gak konsen.. secara udah bukaan 8 ..

IMG_20170515_154558_030

bersama pak dokter sigap , dr. aryando pradana

IMG-20170520-WA0000

Proses IMD bersama Sagara. Alhamdulillah , begitu lahir langsung bisa latch on ke nen ebooo 🙂

Gak banyak foto2 dokumentasi (apalagi video) lahiran.. karena memang prosesnya yang super cepat dan lancar. Saya dan Pras pun sangat bersyukur bahwa Allah mengabulkan segala doa kami 🙂

Nah, banyak yang tanya sama saya Kenapa Saya dan Suami tidak panik bahkan begitu santai menjelang persalinan ?! Pernah saya bercerita tentang kelas Child Birth Education dari Amani Birth bersama Mbak Windy yang selama satu bulan saya ikuti , ceritanya bisa di baca disini . Alhamdulillah apa yang saya pelajari disana , saya praktekan pada saat  lahiran, sebelum dan sesudahnya. Selain itu kelas pre-natal yoga di nujuh bulan studio juga membuat saya fisik saya kuat untuk menghadapi kontraksi – kontraksi serta bukaan2 pada lahiran. Dokter dan bidan amaze karena lahiran normal saya gak berteriak sama sekali.. karena prinsip saya cuma mau saving energy rather than screaming alot. Menahan rasa sakit dengan tehnik pernapasan yang sudah di ajarkan di kelas CBE Amani dan pre-natal Yoga. Jadi investasi selama sembilan bulan saya ini terbayarkan dengan melahirkan secara normal , tanpa penuh deraan (rasa sakit dan triak2 ala sinetron) 🙂

Selalu aktif pada saat hamil sangat membantu untuk bisa lahiran normal. Kebetulan hamil Sagara ini , saya sama sekali gak dikasih kerempongan dari trisemester awal. Masih bisa kerja dan olahraga.. dan banyak sekali orang – orang di sekeliling saya yang memberikan banyak energi positif sehingga bisa lahiran dengan normal dan damai 🙂

IMG_20170517_142115_327

Terimakasih teruntuk suamiku , yang sudah selalu setia menemani setiap perjalanan hidup eboo.. Saga tau siapa yang dia pilih untuk menjadi ibu dan bapaknya. Dia tau kapan waktu terbaik untuk terlahir kedunia. Akhirnya perjuangan 4  tahun ini terwujud 🙂

IMG_20170514_062853_050

little bolang is here.. Sagara 🙂

 

 

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Kami Yang Terlahir Kembali melalui Sagara Kelana Putraka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s