Early Learning Centre ++ Day Care in Bali

Tentunya jauh dari sanak saudara membuat kepala ini pucing bagai barbie (ya si ngarep mirip barbie πŸ˜‚), pusing ga ada eyang ga ada siapa2 yg bisa dititipin anak. Tapi untunglah (orang jawa banget), di Bali ini banyak day care berbasis early learning centre. Jadi sayapun ga rempong atau worry kalau ada urusan urgent yang gak bisa bawa Sagara bisa titip sebentar di daycare.

Jadi postingan kali ini tentang Early Learning Centre ++ Day care yang ada di Bali.

Awalnya saya memang cari sekolah bayi2 (biar ikutan kaya ibu2 jakarta πŸ˜‚ #laluditabok.. gak deng biar Sagara energinya keluar aja , dan Ibunya ikutan keluar rumah dan bahagia *brb ke indomaret*) berujunglah nemu beberapa early learning center (disingkat ELC) plus daycare. Harganya pun beragam, tergantung mau pilih yang punya orang bule atau orang lokal fasilitas bule. Yuk mari kita bahas satu persatu

Skoe-bi-do early learning centre
Jadi udah browsing tempat ini dari pas di Jakarta . Programnya lucu2. Tempatnya pun menarik. Ada ruangan joglo untuk belajar, ruang kelas bayi – bayi dan ruang kakak – kakak toddler dan halaman yang luas untuk main di outdoor.
Skoebido ini punya dua cabang. Satu di Sanur, Satu lagi di canggu. Nah, kebetulan kemarin kami sempat tinggal di Sanur 10 hari dan sekarang di daerah dekat canggu jadi yaaa di cobain lah dua2nya sama Sagara. Waktu kami di Sanur kebetulan kami titipkan Sagara di Skoebido dalam rangka, eboo dan bap mau beli isi rumah (yang which is harus memerlukan konsentrasi tinggi tanpa grecokan bocah) . Trial pertama alhamdulillah si bocah cuek aja , liat sepedah ibu dan bapaknya ditinggal tapi pas di jemput inget “kok aku ditinggal” dan mewek πŸ˜‚ . Kedua kalinya, Sagara mencoba Skoebido Canggu dan semua berjalan lancarr di tinggal ga nangis, di jemput ga mau pulang #fine .. dan kegiatan titip2 di TPA ini masih berlanjut ketika gw ada side job yang memerlukan konsentrasi tinggi.

Skoebido punya dua sistem. Sistem drop in dan sistem member. Harga Sanur sama harga canggu agak beda dikit ya. Sanur lebir murah sekitar 20rb di banding canggu , karena di Skoebi Sanur lebih banyak lokalnya. Untuk harga Skoebi canggu Half Day IDR 150,000 (incl. snack) from 08.00 – 13.00 , Full Day IDR 200,000 from 08.00 -17.00. Tambahan lunch IDR 20,000 . No overtime, harus di jemput on time di jam 17.00. Gw sempat ngobrol dan ketemu langsung sama principal dan ownernya yg membuat hati tenang hahahaha. Ownernya lokal, tempat ini sudah berdiri selama 11 tahun. Kegiatan disini tersusun dengan rapih. Dari keegiatan motorik, fine skills , gym , sampe bobok siang . Tempatnya sih ga se spektakuler beberapa ELC lainnya yang ada disini (di canggu) tapi decent untuk anak2 belajar bersosialisasi dan bermain.. yaelah anak bayi mau disuruh ngapain si?! Yakan.. Karena konsepnya Daycare jadi no mama allowed, anaknya disuruh mandiri dan kita juga serahkan aja sama miss teacher disini. Untuk harga member ada special price tapi harus bayar uang gedung dan uang registrasi dulu sebesar IDR 5 jokut.
Barang2 disini semua juga ga murah , gw liat gelas2nya Ikea , mainannya juga ber merk. That’s why uang gedung nya agak pricey. Untuk toddler mereka ada jam pipis looh lucu banget.. jadj mereka antri dan harus pee.. hahahaa! Skoebido menerima bayi dari 13 bulan (atau yang sudah bisa jalan ) sampai anak berusia 5 tahun. Solusi banget buat ibu2 no mbak tapi mau me time atau ada kerjaan dadakan di Bali.So far inj yg masih favorite gw buat Sagara sekolah main2 .. gak ambisius, sans , dan gak bikin kantong ibu jebol. What I love from this place, setiap jumat itu bahasa day jadiiii si bule bule harus belajar bahasa indonesiaa pun… luv #nasionalis

Cek instagramnya ya seus
@skoebido

The Garden Learning Centre
Tempat 100% kece , isinya bule semua se teacher-teachernya. Kami bagaikan di negeri kangoroo cabang canggu πŸ˜‚. Jadi ikut kelasParents and baby class, berharap banyak kegiatan montessori. Ternyata ya kegiatan sensory aja dan yang ikut kebanyakan bayi2 usia 6-9 bulan. Sagara BETEK eboooo.. kenapa isinya londo kabeh? hehehee.. namanya juga skull internesyeneell beb *konversesiong ibu dan anak*. Tapi Sagara jatub cintrong dengan tamannya. Ikut kelas ini biaya nya IDR 150k / visit (masih lebih muraj di banding kelas bayi2 di Jakarta *i love being orang daerah*) kegiatannya Singing, Role Play,Story telling (indoor claass).. Sensory play (di garden yang kece beerat) . Selama indoor class.sagara nangis bosen mau main keran , tapi pas di garden happy bgt sampe mainin bebek #fine2.
The Garden ELC ini bisa sistem drop in juga tapi baru bisa start di usia 18 mo sampai 5 tahun dan cost nya IDR 60k/jam . Kalau anak kalia memang biasa konversasiong dengan englaisshh dan bule style cocok banget di tempat ini. Pasti betah. Teachernya ada juga yang lokal untuk yang usianya 4 tahun keatas.
Check IG nya :
@thegardenbali

Alam Atelir
Kalau tempat ini konsepnya sekolah ya beb. Jadi bayarannya ya kaya sekulahan .. Awalnya tau tempat ini karena scroll instagram. Ada jadwal baby playdate eh tnyata ga tiap minggu ada schedulenya, nanya2 malah disuruh free trial..jadi yaudah coba aja.
Wah sungguh jatuh cinta dengan semuanya. Programnya, alat2 sensory class nya, kelas outdoornya.. Kurang lebih sama dengan Skoebido, pagi anak2 diajak untuk bermain di Gym untuk usia Sagara main jump2 di trampolin, push2 bolla gym , sliding , dan jalan segaris (balancing body). Setelah di Gym , Sagara ke kelas untuk singing , sensory pake buah2an . Sagara di ajak mencium dan merasakan dengan lidah (alias makan) ada dragon fruit, star fruit, pineapple yg si pilih nanas bowkk dan suka πŸ˜… . Setelah kegiatan di dalam kelas , sagara ikut kelas di taman main sensory lagi sambil jemuran .Gurunya pun penggunaan bahasa nya inggris dan indonesia. Muridnya pun rata banyak yang lokal , banyak juga yang bule.Sayangnya karena tergolong baru 3 tahun dan memang agak pricey. Kelas untuk seumur Sagara masih dikit banget. Yang baru enroll hanya 3 anak . Jadi kalo dua anak ga masuk ya Sagara sendirian.. udah kaya private les ngaji.. padahal goal ibu adalah sagara biar main sama teman2nya πŸ˜‚ tapi selain alasan itu pastinya eboo belun sanggup sama bayaran per-term nya yang ngabisin setengah gaji bapak sendiri πŸ˜‚πŸ˜‚ Jadi kita ikut baby class yang per visit aja dulu
Check Ig nya :
@alamatelirschool

S

ebetulnya di sini, khususnya di canggu banyak sekali early learning centre dan daycare.. Saking banyaknya ibu sampe bingung mau cobain yang mana lagi. Well, semoga info ketiga ELC inipub berguna yaa untuk para ibu – ibu yang tinggal di Bali ataupun mau ke Bali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s