Resep DIY #bikinbikinanibuk dari Play dough sampai Bath Steamer

Dikarenakan anaknya belum sekolah beneran jadi terkadang jadi Ibu ituh perlu banyak – banyak ide untuk membuat kegiatan gak melulu nonton youtube atau ke mall atau pergi – pergi buang uang (walau sejujurnya 3 hal ini sering eboo lakukan kalo tanggalan muda wehehehe). Nah, apa yang terjadi kalau tanggal tua? Dan anak bosen dikasih youtube , emaknya juga uring2an karena jelas pasti juga limit jajan Go Food berkurang.

Kegiatan EKSPERIMEN! Iya , gw itu paling suka DIY. Yang tau blog gw dari jaman preparetheweds pasti tau banget betapa gw ini Mrs.Life hacks, Mrs. NGIRIT semua pake tehnik DIY hahaha. Selama satu tahun belakangan ini gw itu lagi doyan banget DIY home made skin care sampai house hold product  #bikinbikinanibuk . Awalnya emang pingin irit jadi seneng belajar ngulik resep DIY. Pertama gw belajar bikin lip balm sendiri , bikin deodorant sendiri (yang alhamdulillah sampai sekarang bisa jadi produk jualan dan bisa nambah2 duit kalo tanggal tua begini), bikin sabun cuci piring, deterjen sampai ngulik bikin kapur barus sampai bikin serum muka sendiri whoaaaaa ketagihann lah kegiatan DIY pengiritan inih hahaha..

Nah, Sagara itu selalu banget pengen ikutan kalo gw lagi berkegiatan #bikinbikinanibuk. Untungnya semua bahan yang gw pakai itu bahan alami jadi ya no worries kalo sampe kena ke Sagara. Pokoknya memang kegiatan eboo adalah kegiatan Sagara juga. Selama dia masih belom sekolah, apapun yang dia pelajari ya berawal dari Ibunya (hmm dan mungkin teman komplek ,dan spupunya dan…. loh kok jadi banyak).

Kali ini kami berdua berkesempatan merekam kegiatan DIY kami berdua di dalam VLOG #bikinbikinanibu. Kami berdua buat resep multi fungsi sensory play. Satu bahan bisa buat apapun. Jadi Play dough , jadi pasir sensory play sampai jadi Bath Steamer. Apa itu bath steamer? Tau bath bomb kan? Nah ini gak beda sama bath bomb ,bedanya kalo bath bomb butuh bath up atau ember .. kalau bath steamer kamu hanya butuh shower air pancuran dan air  panas agar dapat memanfaatkan fungsinya.

Biasanya aku gunakan Bath Steamer ini kalau aku lagi flu atau kalau lagi capekk .. beuh enak banget.. Serasa punya ruangan sauna sendiri. Kok bisa? Ya bisa dong ,kan di dalam bath steamer itu aku kasih Young Living Essential Oil .

Resepnya guampangg banget loh.

Kamu hanya butuh :
5 sdt baking soda
5 sdt Citrun / Citric Acid
5 sdt cornstratch atau arrowroot powder
Mineral water secukupnya
Pewarna buatan alami (aku pakai kunyit yg selalu ada dirumah)
Bowl
Whisk

Gimana caranya?

Silahkan liat di link Vlog kami ya..

Semua bahan – bahan diatas adalah bahan yang sangat mudah ditemukan di rumah. Sangat sederhana dalam persiapan dan juga eksekusinya. Pastinya sangat berguna , bisa untuk melatih sensory anak – anak , berfungsi untuk kesehatan dan juga bisa sebagai alat kebersihan alami kebutuhan rumah tangga. Oiya salah satu kegiatan DIY ku ini juga dalam rangka mencintai bumi lebih baik , mengurangi penggunaan bahan kimia baik untuk tubuh dan untuk bumi pastinya. Kalau mau anak – anak kita masih merasakan indahnya alam semesta , baiknya memang mengurangi hal – hal yang merusak bumi.

Selamat bereksperimen dan bersenang – senang ya moms…

Untuk beberapa eksperimen home made skincare buatanku bisa kalian lihat ya di Instagram @theislandmama_id šŸ™‚