Buat Tempe Sendiri Yuk!

#Garagaracorona #garagaralockdown Aku bener – bener mengasah skill ke – arifan – lokalku 😁. Dari mulai bikin skincare rumahan , berkebun sampai yang terakhir adalah bikin tempe 😅

Sebetulnya udah dari dulu sih, aku penasaran banget bikin tempe. Karena kebetulan Sagara itu doyan banget sama tempe .. tiap hari dirumah selalu harus sedia tempe (sebelum ngamuk). Makanan superfood ini juga punya sejarah tersendiri buat keluargaku. Pokoknya, aku pernah menyaksikan sendiri bagaimana makanan superfood ini membantu metabolisme tubuh bekerja dengan baik. And how to make the Tempeh?

Kedelai ini aku dapat dari petani lokal di Malang. Ceritanya, memang aku sedang cari2 tau kelas untuk membuat tempe. Lah kok malah ketemu sama petani kedelainya…hahahaha! Ngobrol2, kedelai yang dia tanam adalah kedelai organik , tanpa adanya tambahan apa2 alias non GMO yaudahlah aku beli 1 kilo (dulu) buat praktek uji coba.

Bahan yang diperlukan :
1. Kedelai yang sudah di kupas , kalo belom dikupas pegel cynnnn kupasin kulitnya satu2.                                                             2. Ragi tempe .                                            3. Kesabaran.. ya penting nih. Karena biat tempe ga boleh buru2,harus santai , harus ga ambisius. Slow but sure.

Day 1 , khusus hari pertama adalah hari siap2 ,hari membilas2 kedelai dan merebusnya                                     

1. Cuci 250 gram kedelai dengan air keran yang mengalir. Ambil sisaan2 kulit yang masih ada. Ulangi kurang lebih sampai lima kali pencucian.             
2. Setelah sudah lumayan bersih siapkan air sekitar 2 liter untuk merebus kedelai sebanyak 250gram.        
3. Rebus selama 90 menit. Kalau ada buih2 busa saat merebus, coba diambil pakai saringan ya buibu                       
4. Setelah selesai merebus selama 90 menit, buang air rebusannya (kalau aku ku taro di botol buat bakal pupuk nyiram taneman hihihi #nowaste).          5. Rendam kedelai dengan rebusan air mineral selama satu malam (overnight).

Day2 , hari ini mulai dengan membersihkan , merebusnya lagi , Sangrai (menggoreng tanpa minyak).

1. Buang air rendaman kedelai yang semalaman.
2. Siapkan air 2 liter air mineral .
3. Rebus kembali kedelai dengan 2 liter air mineral selama 30 menit.
4. Tiriskan.
5. (Step ini bisa di skip bisa enggak). Jemur saat ada matahari panas selama 1 jam .
6. Sangrai sampai benar2 kering


Setelah sekiranya sudah benar -benar kering saatnya kita…

Final Step :
1. Campur ragi dengan kedelai. Dikit2 aja ya biar gak overcooked. Untuk 250 gram kedelai ini aku cuma pakai raginya 1/2 sendok teh.
2. Campur sampai rata.
3. Masukan ke daun pisang
4. Bungkusss
5. Setelah di bungkus , tusuk2 kecil beberapa bagian di daun pisangnya guna supaya ada udara yang masuk.
6. Simpan di ruangan yang gelap dan lembap.
7. Diamkan selama 2 – 3 hari.





Day 4 – 5

FINALLY I CAN MAKE A TEMPEH! 🤣
So good to know, the process of making tempe. Dimana bener2 harus less expectation , sabar dan gak ambisius. Itulah pelajaran yang bisa kita ambil gaes..

Tertarik buat bikin tempe sendiri? Jangan lupa tag aku di instagram ya kalau berhasil..

2 thoughts on “Buat Tempe Sendiri Yuk!

  1. Hai mbak 🙂 wah keren banget deh bisa bikin tempe sendiri. Congrats yaa 🙂 seneng bisa baca hal2 kreatif kayak mbak 🙂

Comments are closed.