Jangan Terkyetjut! List Biaya Sekolah Tangsel 2019-2020

Mencari sekolahan saat pandemi itu semacam cari kerjaan di waktu luang 😁 Iya.. biar pikiran gak kemana – mana, ya lebih baik aku coba kasih info biaya sekolah aja ya. Karena aku melihat udah jaranh banget ni yang kasih info tentang biaya sekolah via blog.

Sebetulnya banyak hal / cara / metode yang bisa dilakukan dalam hal mendidik anak. Ada yang dengan cara homeschool atau memasukan ke sebuah lembaga (sekolah). Aku sempat ikut beberapa workshop tentang homeschool pro dan kontra , dan juga sempat juga cari info mengenai pro dan kontra memasukan anak ke sebuah lembaga. Apapun caranya, tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan anak dan keluarga. Ingat! Semua di dunia ini ga ada yang sempurna..

Sekedar tips (tapi pasti ibu2 diluar sana lebih jago lah ya dari aku) mencari sekolah untuk anak , ini adalah caraku untuk mengkelompokannya. Biar ga pusing semua Sekolah di survei 😁. Here we go, a few tips to make your life easier :
1. Jarak menentukan prestasi , belanja online aja kita nyari yang bebas ongkir begitu pula dengan cari sekolah. Buat aku jarak maksimal 5 km atau kurang lebih 30 menit dari rumah udah paling pas. Sorry ni, menjaga mood biar sampe sekolah happy adalah syarat wajib.
2. Agama sebagai fondasi utama. Aku cari sekolah yang memang berbasis agama Islam , umum (tapi yang mayoritas islam). Aku besar di sekolah agama. 6 tahun di sekolah islam dan 6 tahun di sekolah katolik. Banyak hal yang aku pelajari tentang agama sebagai fondasi utama kehidupan. Apalagi dimasa -masa saat ini.. iman itu sangat diperlukan untuk menjalin relasi dengan Tuhan biar tetap waras.
3. (Kebutuhan anak) Dual language, kebetulan karena mas mentri kecil di Bali dia biasa ikut sekolah yang mayoritas bahasanya Inggris. Jadi untuk mempemudah berkomunikasi aku pilih yang berbahasa Inggris dan Indonesia.
4. Mencari honest review! Walau sekarang agak sulit ya. Sekolah aja endorse seleb2 😬tapi tetap buat aku blog masih salah satu cara mencari honest review yang sejelas2nya. Forum2 seperti femaledaily pun masih bisa jadi pegangan .
5.Set goals, cari yg paling mahal biaya masuknya. Lah kok gitu? Iyes, jadi kita bisa nabung dari yg mahal.. jadi sewaktu2 terpenuhi kita bisa bebas memilih sekolah. Yes money does matter buat memilih sebuah lembaga. Ada duit , ada kualitas , ada fasilitas! Welcome to Indonesia 😁

Dan inilah list biaya sekolah seputar Tangsel tapi lebih tepatnya seputar rumah gw sih 😬 yang mungkin bisa jadi informasi membantu buat para moms , berikut dan jangan terkejut :

1. Insan Cendikia Madani
Salah satu sekolah Islam favorito di wilayah tangsel. Masuk kesini kaya ga berasa di Serpong tapi rasanya udah seperti Serpong International School. Adem.. Asri.. Ijo..royo – royo. Fasilitasnya cakep banget. Definisi kejarlah akhirat maka dunia akan mengikutimu. Tentu pula semua bercita – cita masuk kesini , dan uang yang harus dikocek ortupun lebih berkali – kali lipat. ICM salah satu sekolah yang cukup senior. Dulu terkenal dengan boarding schoolnya. Banyak dari teman – teman angkatan ku (eboo dan bap) yang lulusan boarding school ICM dan berhasil lanjut ke Inggris. Sekarang mereka sudah lengkap ada TK -SD – SMA.

Biaya masuk TK :
Biaya pendaftaran : IDR 500k
Uang pangkal : IDR 29 jt
SPP / Bulanan : IDR 2,9 jt
Biaya kegiatan setahun : IDR 3jt

Aku belum banyak bertanya lagi apakah uang ini sudah termaksud uang jemputan (yang pake HiAce itu, uang katering..atau uang2 kaget lainnya) 😁

Lokasi :
Jl. Gg. H. AMAT, Ciater, Serpong


2. Cikal Serpong
Sekolah Cikal asuhan keluarga Shihab juga salah satu favorit warga tangsel. Bahkan beberapa warga diluar tangsel banyak yang memilih sekolah ini untuk menitipkan anak2nya. Cikal ini punya kurikulum yang cocok buat anak – anak yang serba out of the box. Ya cocok lah untuk generasi2 gen Z , yang semuanya langsung serba project , kritis. Fasilitasnya pun lengkap , walau tak se- spektakuler ICM. Basisnya umum , setiap agama bisa bersekolah disini. Nanti belajar agamanya disesuaikan dengan agama masing2 aja. Minus-nya, jalan masuk ke sekolah kecil banget. Walau tak masalah buat kami karena mas mentri masih bisa pake sepeda. Mereka punya shuttle bus, setau saya antar-jemput dilakukan tidak langsung di depan gerbang sekolah tapi di gedung perkantoran area sekitar cikal serpong (maap aku lupa namanya padahal bolak balik lewat situ). Interview are needed here, tapi kursi yang tersedia cukup banyak.

Berikut rincian biaya masuk TK hingga SD Sekolah Cikal Serpong

Rumah main cikal , kelas toddler hingga pre kindergarten (play group).

Lokasi:
Jl. Ciater, Rw. Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, BantenΒ 


3. Kawakibi
Sekolah ini masih tergolong baru, ya baru sekitar 3 tahun. Tapi pengalaman founder yang sayapun ketemu sendiri luar biasa. Beliau yang langsung menyambut saya di whatssapp dan sekolah saat survei. Pengalaman mengajar di beberapa sekolah international dan salah satunya di ICM. Senang sekali rasanya ketemu Ms. Dina saat pertama kali bermain di kawakibi. Ms. Dina juga salah satu jolly phoenic certified instructor. Tentunya kalau mau anak membaca tanpa mengeja disini tempatnya. Serunya lagi! Kegiatan disini didekatkan kepada hadist dan adab. Mereka benar2 membungkus masa anak2 dengan cara tauhid , islam yang lebih fun. Keren banget ya.

Plus minusnya , sekolah ini masih tergolong sekolah baru dibanding 2 sekolah diatas. Jadi fasilitasnya ya sekedar fasilitas sekolah rumahan. Tapi karena masih berbentuk sekolah rumah jadi masih homey banget gak kepaku sama tembok2 gedung , belum area sekitar ciater masih banyak rimbun pepohonan jadi masih bagus lah untuk anak2 bermain diluar, masih nyaman! Plus lainnya tidak ada waiting list, tidak ada interview2an. Monggo disesuaikan kebutuhan anak dan keluarga. Review detailsnya akan aku bahas di next post ya.

Berikut rincian harga kawakibi :

Untuk kawakibi ini kita ga ada uang pangkal , jadi setiap tahun bayar annual fee dan bayaran uang sekolah bulanannya dari kelas PG -TK dan SD sama rata 😁 . Untuk pandemi ini ada diskon di tuition fee per month nya jadi IDR 1,2 jt. Uang uniform flexible selama pandemi bisa tidak dibayarkan terlebih dahulu , sampai nanti kelas offlinenya akan dimulai. Biaya tsb belum termaksud uang jemputan dan field trip.

Lokasi :
Jl. Masjid Ciater – gg. Haji jamat No. 45 JB (seberang dikit warung bambu) , serpong. Tangsel.

3 sekolah diatas menjadi kandidat pertama dalam pengelompokan sekolah sagara. Karena semua point ada dari tips-tips diatas (begini kira2 ya contohnya).

Selain itu ada juga beberapa sekolah yang bisa dijadikan pertimbangan para moms yah:

4. Global Islamic School Serpong




5. Al- Fath serpong
Sekolah favorit sejuta umat warga serpong. Harganya cukup affordable dan fasilitasnya memadai. Minusnya, duh antrian kursinyaaaaa panjang banget. Apalagi anak2 yang yang PG / TK nya diluar Al-Fath ya harap gercep2an rebutan kursi atau ya sabar2 waiting list. Interview are needed here.

Range price sekitar uang pangkal IDR 10-15 juta . Monthly fee : IDR 800rb / bulan

6.Highscope Bintaro (harga untuk SD. Untuk harga TK bisa dilihat langsung di website).


8. Berbagai macam sekolah di area Bintaro sumber : Theurbanmama

Sumber : theurbanmama IG story

Jangan terkejut ya buibu pakbapak. Sebetulnya banyak sekali pilihan sekolah yang tersedia di muka bumi ini. Bahkan saya juga percaya bahwa hidup ini adalah bagian dari belajar. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan individu anak dan keluarga masing2. Alternatif yang lain seperti home school pun sekarang banyak yangtersedia, masalahnya cuma di kita PD atau gak aja mengajarkan anak2 😁

7 thoughts on “Jangan Terkyetjut! List Biaya Sekolah Tangsel 2019-2020

  1. Dari semua yg mbak list ini, aku tertarik sama Kawakibi. Mungkin karena sekolahnya kayak rumahan ya. Jadi serasa belajar di rumah gitu. πŸ™‚ Dan biayanya keknya yg paling β€˜masuk akal’ dari semua sekolah yg di list di atas. 😁😁😁😁 Trus Sagara dimasukkan ke sekolah mana jadinya mbak? πŸ™‚

      1. Waaahh… aku jadi penasaran ingin lihat langsung sekolahnya lho 😁😁 kalo gitu selamat menempuh hidup persekolahan buat Saga ya mbak πŸ™‚

  2. Ada uang, ada kualitas, ada facilities…welcome to Indonesia!
    Hihihi nyengir bacanya, mungkin itulah yang terjadi hampir disemua belahan bumi ini.
    Balasan tahun yang lalu mungkin hampir 20 thn yang lalu pernah menemani kakak mencari sekolah dasar buat anaknya, pilihan jatuh ke sekolah boarding school yang kala itu belum terkenal di Bandung, mirip mirip Kawakibi kayak rumahan gitu, ponakanku dulu ga pake seragam disana ke sekolah aja kadang pake sandal. Dan waktu aku tau biayanya bikin aku sesak napas hahaha. Duh apalagi liat daftar sekolah yang aku baca disini…
    Duh jadi bersyukur aku tak menghadapi situasi seperti ini disini….Dulu aku tinggal searching sekolah buat si kembar yang dekat dengan rumah, dengan jarak yang bisa ditempuh dengan kaki, dari rencana akan mendatangi 3 sekolah akhirnya pilihan langsung jatuh ke sekolah yang didatangi pertama kali, langsung daftar dan membatalkan melihat sekolah lainnya. Duh….😁

    1. Iya banget mbak yayang! Tapi selama pandemi ini aku jadi makin berpikir bahwa fasilitas itu ternyata jadi nomor sekian. Sekarang sekolah2 itu malah di challenge gimana caranya bikin online semenarik anak sedemikian rupa .. supaya mereka bisa ngerjainnya kegiatan2 dirumah sefun mungkin , plus ortunya ga pressure. Lagi2 yg paling mahal yg hanya bisa melakukan hal2 demikian 😬😣 yaudah bersyukur aja disini apa aja ditanem tumbuh.. penyelamat kewarasan saat pandemi 😁😁 (ga nyambung yak ama sekolah). Ini baru tangsel ya. Harga jaksel tentu 2 kali lipetnya 😁😁

  3. Mbaa salam kenal 😊. Terima kasih banyak yaa informasinya. Kebetulan saya jg lg cari2 info ttg sekolah anak yg mgkn baru 2 atau 3 tahun lg masuknya πŸ˜… ditunggu postingan review ttg sekolah kawakibinya mba πŸ™

Comments are closed.